Bacaterus / Makanan Barat / Resep Tortilla Kentang dan Gandum Khas Amerika

Resep Tortilla Kentang dan Gandum Khas Amerika

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sekarang ini memang Indonesia tengah dibanjiri dengan datangnya kuliner-kuliner asing. Berbagai negara di belahan dunia, mempersembahkan kuliner terbaik mereka kepada masyarakat Nusantara, mulai dari Korea, Jepang, China, dan bahkan sampai benua Amerika.

Ada banyak sekali kuliner khas Amerika yang telah populer di Indonesia. Biasanya mula-mula kuliner tersebut dipersembahkan di restoran-restoran ternama, kemudian setelah mulai dikenal masyarakat kuliner tersebut dijajakan secara bebas di warung-warung makan.

Salah satu kuliner khas asal Amerika adalah Tortilla. Mungkin mendengar nama “Tortilla” ini masih cukup asing di telinga kita, apalagi kita tidak sering menjelajah kuliner di restoran-restoran. Padahal, sebenarnya kuliner satu ini sudah cukup terkenal di Indonesia sejak beberapa tahun silam.

Apa Itu Tortilla?

Tortilla adalah sebuah roti tipis yang terbuat dari bahan jagung giling atau gandum tanpa tambahan ragi. Masing-masing kawasan di benua Amerika memiliki resep tortilla yang berbeda-beda. Khusus untuk tortilla yang terbuat dari jagung giling, ini berasal dari Amerika Utara dan banyak dianggap sebagai tortilla original atau asli.

Seiring dengan perkembangan jaman, sekarang ini tortilla tidak hanya dibuat dari bahan jagung giling saja. Beberapa kawasan di benua Amerika seperti Amerika Tengah, Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko sudah membuat kue satu ini dari bahan gandum yang merupakan sebuah inovasi baru setelah ditemukannya tepung terigu.

Asal Usul

resep tortilla

Sampai sekarang, tortilla belum diketahui dari mana asalnya. Namun yang jelas dari arti katanya sendiri, tortilla berasal dari kata torta (bahasa Spanyol) yang memiliki artian kue bundar. Kemunculan dari tortilla sendiri dipercaya sudah sejak abad ke 17 silam. Hal tersebut terbukti dengan sebuah catatan yang ditulis oleh Fransisco Martinez Montino.

Sebelum menggunakan jagung giling, tortilla dibuat dengan menggunakan bahan kentang. Saat itu ada seorang petani wanita di Navarre yang sedang menunggu suaminya pergi berjuang menjadi seorang militer. Seperti petani pada umumnya, kewajiban wanita tersebut adalah membuat makanan ketika sang suami pulang.

Karena bahan hanya terbatas, wanita tersebut memasak dengan mencampurkan kentang, telur, dan bawang. Sehingga terciptalah resep tortilla pertama kalinya. Selanjutnya di tahun 1817, Parlemen Spanyol memperkenalkan kue tersebut secara nasional sehubungan adanya krisis pertanian di Navarra.

Resep Tortilla Kentang

cara membuat tortilla kentang

Biasanya menu tortilla banyak disajikan di restoran-restoran besar. Namun akan sangat nikmat apabila Anda membuatnya sendiri di rumah. Nah, kali ini bacaterus.com akan mengulas resep tortilla kentang yang lezat tersebut. Namun sebelumnya, silahkan siapkan terlebih dahulu bahan-bahannya sebagai berikut:

  • Kentang sebanyak 200 gram
  • Bawang bombay sekiranya 1 buah
  • Telur ayam sebanyak 3 buah
  • Garam cukup sekitar ½ sendok teh
  • Olive Oil sebanyak 250 ml

Setelah semuanya bahannya siap, sekarang kita bisa langsung memulai proses pembuatan tortilla kentang ini. Pertama kupas kentang terlebih dahulu dan cuci bersih. Setelah itu potong tipis dengan ketebalan mencapai sekitar 2 mm.

Selanjutnya potong bawang bombay dengan ketebalan yang sama seperti kentang, kurang lebih 2 mm. Panaskan sekiranya 250 ml minyak zaitun atau olive oil. Kemudian masak irisan kentang dan bawang bombay hingga kecoklatan. Pastikan pula kentang sudah benar-benar empuk. Biarkan dingin.

Dalam mangkuk atau wadah lain, campurkan 3 butir telur dan garam sampai merata. Apabila sudah merata, masukan irisan bawang bombay dan kentang yang sudah dimasak tadi, jangan lupa aduk-aduk sampai merata.

Panaskan kembali olive oil di dalam wajan anti lengket, lalu tuang adonan tortilla tadi ke dalamnya dan masak hingga berubah warna menjadi kecoklatan. Biasanya kesulitan terletak pada saat ingin membalik. Agar lebih mudah, Anda bisa membalik adonan tersebut dengan meletakan piring terlebih dahulu di atasnya.

Masak kembali bagian tadi sampai matang dan berubah warna coklat keemasan. Setelah matang, silahkan sajikan tortilla selagi masih hangat untuk camilan di waktu senggang ataupun untuk menu makan malam.

Resep Tortilla Tepung atau Gandum

Pada dasarnya tortilla tepung atau gandum, merupakan sebuah inovasi terbaru setelah kemunculan tortilla kentang dan jagung giling. Jika ingin membuat tortilla tepung, siapkan bahannya terlebih dahulu antara lain:

  • Tepung  terigu protein sedang sebanyak 500 gr
  • Baking powder cukup dengan 5 gr
  • Garam halus sebanyak 5 gr
  • Minyak kelapa atau zaitun sekiranya 40 gr
  • Air mendidih cukup dengan 200 ml

Setelah bahannya terkumpul, sekarang kita langsung menuju proses pembuatannya. Pertama-tama, campurkan tepung terigu, garam, dan baking powder menjadi satu. Aduk-aduk semua bahan tersebut hingga tercampur secara merata

Tambahkan minyak kepala atau zaitun ke dalamnya. Aduk kembali dengan kayu hingga tepung membentuk bulir-bulir kecil. Masukan air mendidih ke dalam adonan, lalu aduk hingga semua bahan menyatu dan tidak lengket dengan wadahnya

Uleni adonan tersebut kembali selama kurang lebih 5 menitan. Usahakan adonan sudah bisa dibentuk menjadi bulat. Jika sudah, tutuplah dengan plastik kemudian diamkan selama kurang lebih 30 menitan.

Ambil adonan sekiranya 25 gram. Lalu bentuk bulatan mirip bola, diamkan selama 5 menit lagi agar lembab. Setelah itu, giling adonan tadi hingga pipih dan tipis (bertujuan agar mengelembung). Panaskan sebuah pemanggang yang sudah diolesi sedikit minyak, panggang adonan pipih tadi di atasnya dengan api kecil. Apabila terbentuk gelembung, satukan agar menjadi gelembung besar.

Balik adonan pipih diatas panggangan tadi hingga mengempis dan matang. Sajikan selagi masih hangat. Supaya lebih nikmat, Anda bisa menambahkan potongan sayur, daging ayam. ataupun buah sebagai isian dari tortilla ini.

Itulah informasi singkat seputar resep tortilla kentang dan gandum yang enak serta dapat dibuat dengan mudah dan praktis. Semoga dapat bermanfaat dan menjadi sumber referensi memasak bagi Anda. Selamat mencoba!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *