Bacaterus / Masakan Thailand / Resep Tom Yam Seafood Sederhana Khas Thailand

Resep Tom Yam Seafood Sederhana Khas Thailand

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Juni 2019

Sup merupakan jenis kuliner yang cukup diminati oleh masyarakat dunia, termasuk salah satunya di Indonesia. Sup dapat memberikan rasa nikmat dan kesegaran tersendiri bagi para pecintanya, terlebih apabila sup tersebut dibuat dari bahan-bahan seperti sayur, daging, dan rempah-rempah lainnya.

Salah satu varian sup yang cukup populer di kalangan masyarakat baru-baru ini adalah Tom Yam. Mungkin kuliner satu ini terdengar cukup asing bagi sebagian dari kita, namun sebenarnya Tom Yam sekarang telah banyak disajikan di banyak rumah makan di Indonesia.

Asal Mula Tom Yam di Indonesia

Tom Yam sebenarnya merupakan kuliner khas yang berasal dari Thailand dan Laos. Adanya kuliner satu ini dipercaya sudah sejak jaman dahulu kala. Di negara asalnya sana, Tom Yam sering disebut juga dengan Dom Yam. Sehingga jangan heran ketika berkunjung ke Thailand Anda jarang menemukan menu makan yang bertuliskan Tom Yam.

Dalam bahasa Thailand, kata “tom” memiliki arti merebus dan kata “yam” merujuk kepada bumbu rempah-rempah. Apabila disatukan, maka “tom yam” ini berarti sup yang dibuat dengan aneka ragam bumbu dan rempah-rempah.

cara membuat tom yam seafood thailand

Sejak awal kemunculannya, Tom Yam hanya terbatas menggunakan bahan udang saja, namun seiring dengan perkembangannya sekarang ini kita bisa menikmati berbagai varian dari sup tersebut. Mulai dari Tom Yam jamur, Tom Yam ikan (tom yam pla), Tom Yam ayam (tom yam gai), Tom Yam seafood, dan masih banyak lagi.

Dengan adanya berbagai macam varian inilah Tom Yam menjadi kuliner yang cukup terkenal di Nusantara. Untuk menemukan kuliner satu ini sebenarnya sangatlah mudah, mengingat biasanya di restoran banyak menyajikannya terutama restoran bernuansa Thailand.

Namun akan lebih nikmat rasanya apabila Anda membuat Tom Yam sendiri di rumah. Nah maka dari itu, kali ini bacaterus.com akan mengulas resep tom yam seafood sederhana khas Thailand tersebut. Bagaimanakah caranya?

Bahan-Bahan Tom Yam Seafood

TOM YAM SEAFOOD

Nah bagi Anda yang suka memasak, silahkan buat kuliner lezat satu ini di rumah. Tidak perlu cemas, cara membuat Tom Yam sebenarnya sangatlah mudah. Selain mudah, bahan-bahan yang Anda butuhkan pun juga sangat praktis dan tidak terlalu sulit didapatkan. Adapun bahan yang perlu dipersiapkan antara lain:

  • Soun (mie putih) sebanyak 100 gram, seduh dengan air panas dan tiriskan
  • Udang lobster sebanyak 150 gram, pilih ukuran sedang, kupas, dan tinggalkan ekornya
  • Air/kaldu sebanyak 1500 ml

Bahan untuk bumbu rempah:

  • Garam cukup ½ sdt + 1 sdt air jeruk nipis
  • Jahe muda sebesar 1 ruas ibu jari, iris tipis
  • Serai cukup 2 batang, ambil bagian putihnya, iris serong tipis
  • Bawang putih sebanyak 3 siung, haluskan
  • Daun jeruk sekiranya 4 lembar
  • Air jeruk nipis sekitar 2 sdm
  • Cabai rawit hijau sebanyak 10 buah
  • Saus tomat sekiranya 1 sdm
  • Jamur kancing sebanyak 5 buah, belah 2 atau iris tipis
  • Gula pasir cukup sekitar 1 sdt
  • Garam seperlunya saja
  • Daun ketumbar sesuai kebutuhan.

Cara Membuat Tom Yam Seafood

Apabila semua bahannya sudah terkumpul, sekarang mari kita menuju proses pembuatan resep tom yam seafood ini. Langkah pertama belah punggung dari udang yang telah kita persiapkan tadi, namun usahakan jangan sampai terputus. Lalu buang kotoran yang ada dalam udang tersebut sampai bersih.

Setelah itu lumuri udang dengan menggunakan jeruk nipis dan garam, diamkan udang tersebut dalam lemari es selama kurang lebih 15 menitan. Setelah itu, ambil udang tersebut dari lemari pendingin lalu didihkan air, tambahkan sedikit garam, dan rebus udang sampai berubah warna menjadi kemerah-merahan. Angkat, lalu tiriskan.

Sekarang kita akan beralih untuk membuat kuahnya. Didihkan air/kaldu, kemudian masukan jahe, serai, daun jeruk, bawang putih, dan garam. Masak semua bahan tersebut dengan menggunakan api sedang selama kurang lebih 10 menit. Pastikan juga semua bumbu sudah tercampur sempurna.

Masukan udang yang telah kita rebus tadi lalu susul dengan memasukan cabai rawit, jamur, dan saus tomat. Masak bahan-bahan tersebut sampai airnya terlihat mendidih. Tambahkan air jeruk nipis dan gula pasir, lalu aduk-aduk sampai terlarut sempurna, matikan apinya.

Kini kita siap menyajikan Tom Yam tersebut, caranya siapkan dulu sebuah mangkuk saji. Lalu masukan mie soun yang baru saja diseduh dengan air panas, siram mie tersebut dengan kuah kaldu panas-panas. Terakhir taburkan ketumbar dan sajikan selagi masih hangat-hangatnya.

Tom yam ini dapat Anda makan secara langsung tanpa menggunakan nasi. Namun jika kurang kenyang, maka Anda juga dapat memakannya bersama dengan sepiring nasi putih. Karena sifatnya yang menghangatkan, maka tom yam ini sangat cocok untuk dimakan ketika cuaca dingin.

Manfaat Konsumsi Tom Yam Bagi Tubuh

Selain sangat lezat untuk kita konsumsi, ternyata kuliner satu ini juga sangat bermanfaat bagi tubuh. Hal tersebut tidak terlepas dari rempah-rempah yang digunakannya. Apa sajakah manfaat dari sup khas Thailand ini?

  • Menghangatkan tubuh

Seperti disinggung di atas, sup yang satu ini sangat cocok apabila Anda konsumsi ketika cuaca sedang dingin. Sebab kuah hangat yang dipadukan dengan rempah tradisional seperti jahe, akan membuat tubuh Anda menjadi lebih hangat. Rasa hangat yang diberikannya tidak jauh berbeda seperti ketika Anda meminum wedang jahe.

  • Sumber nutrisi yang cukup baik

Tom Yam di atas terbuat dari udang, jamur, tomat, perasan jeruk, dan masih banyak lagi. Nah bahan-bahan seperti inilah yang mengandung nutrisi cukup baik bagi tubuh. Dengan konsumsi sup ini, Anda akan mendapatkan nutrisi dalam bentuk vitamin, mineral alami, protein, asam amino, dan masih banyak lagi.

  • Obat pilek, batuk, dan flu

Ketika hidung Anda mampet akibat dari flu atau pilek, atasi masalah tersebut dengan konsumsi Tom Yam. Aroma hangat dan sensasi pedas dari sup ini akan membuat hidung Anda kembali plong. Agar semakin berkhasiat, Anda dapat menambahkan cabai rawit dan juga rempah jahenya.

Itulah sajian informasi seputar resep Tom Yam Seafood khas Thailand yang dapat kami sampaikan. Selain nikmat, Anda juga akan mendapatkan banyak manfaat ketika mengkonsumsinya. Selamat mencoba di rumah dan selamat menikmati!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar