Bacaterus / Resep Masakan Indonesia / Resep Toge Goreng Tauco Enak Khas Kota Bogor

Resep Toge Goreng Tauco Enak Khas Kota Bogor

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Apa menu sarapan pagi Anda? pasti jawaban yang sering keluar adalah roti, nasi goreng, bubur ayam, nasi uduk, mie instan, dan lain sebagainya. Makanan-makanan tersebut memang lazim dikonsumsi setiap pagi sebagai sarapan, tapi tahukah Anda menu sarapan lain yang cocok dan menyehatkan ketika pagi hari?

Menu sarapan yang bisa Anda coba untuk mengawali hari adalah toge goreng dari Bogor. Di tempat asalnya sana, kuliner satu ini sering disebut pula dengan nama geco, toge goreng, dan tauco. Mendengar nama “toge goreng” pasti kita akan berfikir bahwa kuliner satu ini dimasak dengan menggorengnya. Padahal sebenarnya, kuliner satu ini tidak digoreng melainkan direbus.

Penyebutan toge goreng sendiri mungkin muncul dari bumbu-bumbunya yang digoreng atau ditumis. Mungkin karena bumbu gorengnya tersebut kemudian orang-orang Bogor menyebutnya “toge goreng”, meskipun bukan togenya yang digoreng.

Racikan Istimewa Serba Kedelai

Bisa dikatakan kuliner yang satu ini didominasi dengan racikan yang berasal dari bahan-bahan kedelai, mulai dari tahu sampai dengan bumbu sausnya. Untuk masalah rasa boleh diadu, toge goreng ini memiliki rasa yang cukup unik sekali.

Keunikan rasanya tersebut berasal dari asamnya bumbu tauco yang berpadu dengan kecap manis serta toge rebus yang. Sehingga akan membuat siapa saja ketagihan untuk menyantap kuliner yang juga populer di daerah Betawi alias Jakarta ini.

resep toge goreng bogor

Racikan istimewa serba kedelai tersebut di antaranya seperti tauco, oncom, dan kecap manis. Tauco dikenal sebagai bahan masakan yang terbuat dari biji kedelai rebus dan telah dihaluskan, kemudian halusan tersebut dicampur dengan tepung terigu lalu dibiarkan sampai menjamur dalam proses fermentasi.

Bahan lainnya yakni oncom merah yang terbuat dari bahan bungkil tahu yang diambil bagian proteinnya saja. Sedangkan kecap manis, terbuat dari bahan dasar kedelai hitam. Semua bahan tersebut benar-benar akan menciptakan perpaduan bumbu yang tiada duanya.

Uniknya lagi, setiap kita membeli kuliner satu ini, maka penjual akan membungkusnya dalam daun patat. Daun satu ini mirip dengan daun pisang tetapi lebih kecil dan lentur. Cara membungkusnya sendiri dilakukan dengan cara menumpuk dua lembar daun patat secara menyilang, kemudian meletakan toge goreng pada bagian tengahnya.

cara membuat toge goreng betawi

Setiap ujung daun tersebut dilipat ke atas dan diikat dengan menggunakan tali sayatan bambu tipis. Selanjutnya ujung daun tersebut dipotong dengan menggunakan pisau atau gunting agar terlihat rapi. Terkadang, aroma khas dari daun patat membuat nafsu makan kita semakin meningkat, terutama ketika toge goreng masih panas.

Untuk mendapatkan toge goreng sangatlah mudah sekali, karena banyak warung makan di Bogor pasti menyediakan menu satu ini. Salah satu rumah makan toge goreng yang sudah cukup terkenal adalah di Taoge Goreng Bu Omah.

Rumah makan Bu Omah tersebut berlokasi di Jl. Jendral Sudirman, Bogor. Dulunya rumah makan ini berjualan di depan PLN Bogor. Anda hanya perlu merogoh kocek mulai dari Rp 14 ribu untuk mencicipi kuliner satu ini di sana.

Lantas bagaimana jika rumah Anda jauh dari Kota Bogor? Tidak usah khawatir karena Anda juga dapat mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah. Nah, berikut ini bacaterus.com akan mengulas resep toge goreng khas Bogor tersebut.

Bahan-Bahan Toge Goreng

Cara membuat toge goreng sendiri sangatlah mudah, Anda pun bisa membuatnya di rumah. Namun sebelum membuat resep toge goreng ini, silahkan siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu antara lain:

Bahan Saus:

  • Minyak sayur sekitar 3 sdm
  • Daun salam cukup sebanyak 5 lembar
  • Lengkuas berukuran 2 cm, memarkan
  • Tomat merah sebanyak 2 buah, potong-potong
  • Bawang daun sebanyak 2 batang, iris 1 cm
  • Kucai sekitar 10 batang, iris 2 cm
  • Air cukup dengan 500 ml
  • Oncom sebanyak 100 gram, potong dadu kecil
  • Tauco sekiranya 4 sdm
  • Kecap manis sebanyak 3 sdm
  • Air jeruk limau sekitar 2 sdm
  • Garam kiranya ½ sdt
  • Gula pasir cukup dengan 1 sdt

Bumbu, haluskan:

Bahan Pelengkap:

  • Ketupat sebanyak 6 buah, potong-potong
  • Mie kuning cukup dengan 200 gram, cuci bersih, tiriskan
  • Toge sebanyak 300 gram, bersihkan, blansir
  • Tahu kuning goreng sebanyak 100 gram, iris

 Cara Membuat Toge Goreng Bogor

Pertama-tama kita dapat membuat sausnya terlebih dahulu. Panaskan sebuah wajan dengan minyak secukupnya untuk menumis. Lalu tumislah bumbu halusan yang telah kita persiapkan tadi sampai mengeluarkan aroma yang harum.

Selanjutnya setelah mengeluarkan aroma harum, masukanlah daun bawang dan kucai. Masaklah sebentar, lalu masukan lagi bahan tomat dan air. Masak lagi bahan-bahan tersebut dengan api kecil. Usahakan memasak sampai tomat benar-benar hancur.

Selanjutnya kita akan merebus mie kuning dan togenya. Masukanlah kedua bahan tersebut ke dalam panci lalu rebus hingga layu. Jangan terlalu lama merebus toge, cukup sekitar 3 menitan saja. Setelah matang silahkan angkat dan matikan api.

Sebenarnya toge juga bisa Anda konsumsi langsung tanpa merebusnya. Toge mentah akan memberikan rasa yang lebih segar dan nutrisinya belum banyak berkurang. Dengan begitu, Anda cukup merebus mie kuningnya saja.

Sekarang kita masuk ke dalam proses penyajian. Tata ketupat di atas piring saji bersama dengan tahu kuning goreng, toge, dan mie kuning. Jika tidak ada ketupat, maka Anda juga boleh menggantinya dengan nasi putih.

Selanjutnya, siram semua bahan tersebut dengan kuah/saus yang telah kita buat tadi secara merata. Agar lebih nikmat Anda bisa menambahkan tauco, kecap manis, ataupun sambal sesuai selera masing-masing.

Bagaimana, mudah sekali bukan? nah seperti itulah resep toge goreng khas kota Bogor yang dapat kami sampaikan. Selain cocok untuk sarapan pagi, Anda juga dapat menyajikan kuliner satu ini sebagai menu makan siang ataupun makan malam.

Setelah memakan toge goreng ini, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencuci mulut dengan asinan khas Bogor yang pernah kami ulas resepnya di artikel ini. Sekian informasi resep masakan pada kesempatan kali ini, selamat mencoba!

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *