Bacaterus / Resep Masakan Tahu / Resep Tahu Jeletot Super Pedas Khas Bandung yang Enak

Resep Tahu Jeletot Super Pedas Khas Bandung yang Enak

Ditulis oleh - Diperbaharui 3 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bandung merupakan salah satu kota tujuan wisata favorit di Indonesia. Kota tersebut tidak hanya menawarkan destinasi-destinasi wisata yang menarik saja, tetapi juga menyajikan beragam keunikan, termasuk salah satunya pada sajian kuliner.

Terkadang nama-nama kuliner khas Bandung terdengar cukup aneh dan unik di telinga kita, seperti cireng, cilok, colenak, seblak, dan masih banyak lagi. Salah satunya makanan yang cukup populer belakangan ini dan juga memiliki nama yang unik adalah tahu jeletot.

Apa Itu Tahu Jeletot?

resep tahu jeletot super pedas

Tahu jeletot merupakan sejenis tahu isi yang sangat pedas. Karena saking pedasnya akhirnya tahu tersebut diberi julukan jeletot. Jeletot sendiri merupakan istilah dalam bahasa Sunda yang merujuk kepada rasa yang sangat pedas dan menyengat di lidah.

Di Bandung, kita dapat dengan mudah menemukan menu satu ini. Karena banyak pedagang kaki lima dan pedagang di dekat destinasi wisata pasti menyediakannya. Harganya pun juga cukup murah sekali, Anda hanya perlu merogoh seribu hingga dua ribu rupiah saja untuk mendapatkan 1 buah tahu jelotot.

Sekilas tampilan tahu jeletot ini biasa saja, malahan tidak menarik sama sekali. Bentuknya mirip dengan tahu isi alias gehu yang banyak dijual pedagang gorengan. Namun ketika digigit, rasa gurih dan pedas akan lumer di lidah Anda.

Penggemar tahu jelotot sendiri sangatlah banyak, mulai dari orang dewasa sampai anak-anak sekalipun menyukai menu satu ini. Biasanya para orang dewasa lebih suka dengan tahu jelotot rasa pedas yang cukup menusuk.

Di Bandung, biasanya masyarakat mengonsumsi tahu jelotot ketika sore hari tiba. Ditemani dengan secangkir teh sambil menikmati terbenamnya matahari merupakan cara terbaik untuk mengonsumsi makanan satu ini. Satu porsi tahu jelotot umumnya berukuran cukup besar, sehingga cukup satu tahu jelotot saja Anda sudah kenyang.

Nah bagi Anda yang ingin mencicipi menu olahan tahu jelotot ini, Anda tidak perlu lagi datang jauh-jauh ke Bandung, karena pada kesempatan kali ini bacaterus.com akan membagikan resep tahu jeletot tersebut untuk Anda. Meskipun rasanya tidak se-original di Bandung, tetapi yang jelas Anda bisa mencicipinya.

Bahan-Bahan Tahu Jelotot

Sebelum membuatnya, mari kita siapkan terlebih dahulu bahan-bahannya. Bahan pembuatannya ini tidak jauh berbeda dengan bahan untuk membuat tahu isi. Berikut bahan-bahan yang harus Anda persiapkan:

Bahan kulit tahu:

  • Tepung terigu sebanyak 100 gr
  • Tepung beras cukup sekiranya 1 sendok makan
  • Tepung sagu sebanyak 20 gr
  • Tahu sebanyak 10 buah
  • Daun bawang cukup dengan 1 batang, iris tipis
  • Merica bubuk sekitar 1/4 sendok teh
  • Garam sekiranya 1/2 sendok teh
  • Air putih matang sebanyak 175 ml

Bahan isian tahu jeletot:

  • Udang giling cukup dengan 5 gr, tumis
  • Ayam giling sebanyak 10 gr, tumis
  • Wortel sekitar 100 gr, iris seperti korek api, seduh air panas
  • Kol cukup dengan 75 gr, iris tipis, seduh air panas
  • Cabai rawit merah sebanyak 6 buah atau sesuai dengan selera, ulek kasar
  • Toge sekiranya 100 gr, seduh
  • Merica bubuk cukup sekitar 1/4 sendok teh
  • Garam sekiranya 1 1/4 sendok teh
  • Gula pasir sebanyak 1/2 sendok teh

Cara Membuat Tahu Jeletot

Setelah semua bahan yang dibutuhkan terkumpul, sekarang mari kita mulai mengolah resep tahu jeletot khas Bandung ini. Pertama kalinya panaskan terlebih dahulu minyak secukupnya di atas wajan untuk menggoreng.

Setelah panas, goreng tahu yang telah dibumbui sampai matang, dalam penggorengan ini gunakan api sedang saja agar bisa matang secara merata. Setelah tahu matang, belah sedikit pada bagian samping untuk memasukan isian nantinya. Sisihkan terlebih dahulu.

Selanjutnya, kita bisa membuat adonan kulit luar untuk tahu tersebut. Caranya cukup campur semua bahan kulit menjadi satu, apabila sudah terbentuk adonan masukan semua tahu yang telah digoreng tadi dan campur sampai merata. Usahakan adonan yang Anda buat agak encer agar bisa melapisi tahu goreng hingga ke bagian terdalamnya. Diamkan sejenak.

Sekarang kita dapat membuat adonan untuk isi tahu tersebut. Caranya campurkan semua bahan isian menjadi satu dalam sebuah wadah. Aduk-aduk sampai semua bahan dapat tercampur secara merata. Setelah itu sisihkan.

Ambilah tahu yang telah digoreng tadi, kemudian masukan isian yang kita buat. Lakukan pengisian sampai tahu dan bahan isiannya habis. Sebelum menggoreng, celupkan lagi tahu tersebut ke dalam adonan kulit tadi hingga semua bagiannya terlumuri secara merata.

Kini kita masuk pada proses penggorengan. Panaskan terlebih dahulu sedikit minyak dalam sebuah wajan. Setelah panas, gorenglah tahu-tahu tadi dengan menggunakan api sedang sampai matang. Tanda bahwa tahu sudah matang adalah berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

Langsung saja sajikan tahu jeletot buatan Anda sendiri untuk camilan keluarga tercinta. Jangan lupa nikmati bersama secangkir teh manis sebagai penawar rasa pedas di lidah Anda.

Manfaat Tahu Bagi Kesehatan Tubuh Kita

cara membuat tahu jeletot taisi

Tahu tidak hanya populer karena rasanya yang gurih dan nikmat saja, tetapi dibalik itu tahu ternyata mengandung segudang manfaat besar bagi kesehatan tubuh. Manfaat tersebut bisa kita dapatkan dari kedelai yang merupakan bahan dasar pembuatan tahu. Adapun manfaat tahu antara lain:

  • Sumber protein nabati

Protein merupakan salah satu jenis nutrisi yang cukup penting dalam tubuh. Dengan adanya protein, maka sel-sel tubuh dapat melakukan regerenasi secara optimal. Protein berupa asam amino sangatlah baik bagi Anda yang sedang melakukan pembentukan otot-otot tubuh, khususnya bagi para binaragawan.

  • Sumber serat

Tahu terbuat dari bahan dasar sari kedelai. Menurut para ahli, kandungan serat dalam sari kedelai tersebut sangatlah tinggi. Konsumsi serat secara rutin akan sangat baik untuk membantu proses pencernaan tubuh kita, mencegah kanker usus, usus buntu, dan lain sebagainya.

  • Sumber asam folat

Nah bagi Anda yang ingin buah hatinya cerdas, berikan tahu secara rutin. Sebab dalam kedelai mengandung asam folat yang cukup besar. Menurut ahli, kandungan tersebut dapat mengoptimalkan perkembangan sistem saraf pusat (otak) kita.

Bagaimana, tertarik mencobanya? Nah seperti itulah resep tahu jeletot khas Bandung yang dapat kami sajikan. Kini Anda dapat menikmatinya di rumah tanpa perlu jauh-jauh pergi ke Bandung. Selamat mencoba!

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *