Bacaterus / Resep Masakan Tahu / Resep Tahu Gimbal Udang Spesial Khas Semarang

Resep Tahu Gimbal Udang Spesial Khas Semarang

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Tahu merupakan salah satu jenis bahan masakan yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Karena selain murah, tahu juga sangat mudah diolah menjadi sebuah sajian kuliner lezat dan juga memiliki kandungan gizi yang tinggi.

Ada banyak sekali olahan tahu yang bisa Anda coba, mulai dari tahu goreng, tahu gejrot, tahu penyet, tahu bacem, tahu manis, tahu brontak, dan masih banyak lagi. Terkadang nama-nama olahan tahu tersebut terdengar cukup unik dan aneh di telinga kita.

Salah satu resep olahan tahu yang populer di daerah Jawa Tengah adalah tahu gimbal. Namanya yang unik membuat menu kuliner satu ini menyita banyak perhatian publik. Tidak hanya unik dalam hal penamaan, tetapi menu satu ini juga memiliki rasa nikmat yang wajib Anda coba ketika ke Jawa Tengah, khususnya di daerah Semarang.

Sekilas Tentang Tahu Gimbal

Tahu gimbal merupakan sajian olahan tahu yang berasal asli dari kota Semarang. Sebagai ibukota Jawa Tengah, Semarang memiliki banyak sekali warung-warung yang menjajakan menu tersebut. Anda dapat mencicipi tahu gimbal dengan harga cukup murah di sana, hanya sekitar Rp 10 ribuan saja Anda sudah bisa menikmati satu porsi tahu gimbal.

Untuk menemukan penjual tahu gimbal di Semarang sangatlah mudah sekali. Anda bisa langsung datang ke Jalan Pahlawan, sekitar Taman KB, dan depan Masjid Baiturrahman Semarang. Biasanya para penjual tahu gimbal banyak terdapat di kawasan-kawasan tersebut, terutama ketika malam hari tiba.

resep tahu gimbal udang

Menurut warga di Semarang, penamaan tahu gimbal ini sendiri didasarkan pada bakwan yang digoreng dengan campuran udang. Bakwan tersebut terlihat seperti ada gimbalan-gimbalan mirip rambut. Setelah digoreng, kemudian bakwan tersebut dipotong kecil-kecil dan disajikan bersama tahu.

Tahu gimbal tidak hanya terdiri dari udang tepung dan tahu saja,tetapi kuliner satu ini juga terdiri dari bahan lain, yakni seperti taoge, kol, lontong, telur, dan masih banyak lagi. Bahan-bahan tersebut disiram dengan menggunakan sambal pecel atau petis khas Semarang. Berbeda dengan sambal pecel di Madiun, sambal yang digunakan pada tahu gimbal ini tergolong lebih encer.

Maka dari itu jika Anda sedang berwisata ke Kota Semarang, jangan sampai terlewat untuk mencicipi makanan yang satu ini. Selain di Semarang, tahu gimbal juga bisa Anda temukan di daerah lainnya di Jawa Tengah seperti Blora, Kudus, dan lainnya.

Bahan-Bahan Tahu Gimbal Semarang

cara membuat tahu gimbal semarang

Tidak puas rasanya apabila kita hanya membeli kuliner tersebut tanpa menjajal membuatnya sendiri di rumah. Sebenarnya cara membuat tahu gimbal sangatlah mudah, namun agar hasilnya maksimal Anda harus memperhatikan langkah-langkahnya dengan baik dan benar.

Nah sebelum kita mengulas resep tahu gimbal ini, mari kita persiapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang dibutuhkan, baik itu bahan utama, bahan gimbal, dan bahan bumbu petisnya. Adapun bahan-bahannya tersebut antara lain:

  • Garam cukup dengan ½ sdm
  • Bawang goreng sekiranya 2 sdm
  • Minyak goreng secukupnya saja
  • Tauge panjang diseduh menggunakan air hangat sebanyak 100 gram
  • Tahu pong cukup dengan 8 buah
  • Telur ayam sebanyak 4 btr, direbus dikupas

Bahan gimbal udangnya:

  • Garam secukupnya
  • Udang dibuang kepala dan kulitnya sebanyak 100 gram
  • Tepung terigu dengan protein sedang sebanyak 125 gram
  • Bawang putih cukup 2 siung, dihaluskan
  • Air putih matang sebanyak 200 ml
  • Merica bubuk sekitar ½ sdt

Bumbu petisnya:

  • Kecap manis sebanyak 2 sdm
  • Bawang putih cukup dengan 2 siung
  • Petis udang sebanyak 4 sdm
  • Air putih matang sebanyak 300 ml
  • Minyak goreng sekitar 2 sdm
  • Garam sesuai kebutuhan
  • Cabe rawit hijau cukup sekitar 10 buah (sesuai selera)
  • Gula merah sekitar 1 sdm

Cara Membuat Tahu Gimbal Khas Semarang

Setelah semuanya siap, sekarang mari kita mengolah resep tahu gimbal ini. Pertama kalinya panaskan minyak secukupnya dalam wajan. Kemudian goreng tahu yang telah dibumbui dengan bumbu bawang sampai matang semua, angkat dan tiriskan.

Jangan matikan api terlebih dahulu, tapi gunakan lagi minyak yang tadi untuk menggoreng telur. Apabila sudah matang, silahkan potong tahu menjadi bentuk dadu dan telur menjadi 2 bagian. Sisihkan terlebih dahulu.

Setelah selesai menggoreng tahu dan telur, sekarang kita dapat membuat gimbal udangnya. Campurkan terlebih dahulu bawang putih, tepung, garam, dan merica dalam sebuah wadah. Tuang sedikit demi sedikit air yang telah dipersiapkan, sambil menuang air Anda aduk-aduk sampai semua bahan tercampur secara merata.

Selanjutnya ambil 1 sendok makan adonan tersebut dan tuang dalam sebuah wadah. Letakan udang pada bagian atasnya, lalu biarkan sejenak. Setelah itu, goreng adonan yang telah ada udangnya tadi sampai matang dan berubah warna menjadi kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan, sisihkan dulu.

Sekarang kita akan membuat bumbu petisnya. Pertama panaskan minyak sedikit dalam wajan, kemudian tumis bawang putih sampai mengeluarkan aroma yang harum. Setelah itu, masukan udang petis, cabe rawit, gula merah, kecap manis, dan bahan-bahan lainnya. Masak sampai matang dan mengeluarkan aroma harum.

Terakhir, kita masuk ke dalam proses penyajian. Siapkan terlebih dahulu mangkuk saji kemudian tata tahu, gimbal, telur, dan taoge ke dalamnya. Siram semua bahan-bahan tersebut dengan bumbu petis secara merata. Agar semakin nikmat, jangan lupa taburi bawang goreng pada bagian atasnya sesuai selera.

Bagi Anda yang menyukai rasa pedas, maka silahkan tambahkan takaran cabe rawit hijau yang digunakan. Sebab takaran di atas memiliki tingkat kepedasan standar. Namun jika tidak suka pedas, maka Anda juga boleh tidak menggunakannya.

Agar lebih mengenyangkan di perut, Anda dapat menambahkan potongan lontong atau ketupat ke dalam sajian tahu gimbal ini. Jika tidak ada lontong, maka sepiring nasi putih juga bisa melengkapi nikmatnya tahu gimbal ini.

Nah itulah resep tahu gimbal khas Semarang yang dapat kami sajikan. Langsung saja coba resep di atas sekarang juga dan rasakan nikmatnya tahu gimbal tersebut. Sekian informasi seputar resep masakan pada kesempatan kali ini. Selamat mencoba!

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *