Bacaterus / Resep Masakan Tahu / Resep Tahu Brontak yang Enak dan Crispy

Resep Tahu Brontak yang Enak dan Crispy

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Tahu merupakan salah satu lauk yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Sama seperti tempe, tahu ini juga banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk membuat olahan lauk. Mulai dari tahu goreng, tahu bacem, tahu isi, tahu bakso, tahu gejrot, dan masih banyak lagi. Salah satu resep tahu unik di Indonesia adalah tahu berontak.

Dari namanya saja mungkin sudah membuat kita penasaran dengan olahan tahu satu ini. Konon menurut cerita masyarakat di Lumajang, olahan tahu ini merupakan simbol pemberontakan masyarakat setempat.

Sejarah Tahu Brontak di Indonesia

Mendengar nama-nama dari kuliner khas Indonesia memang membuat kita selalu penasaran. Nama “tahu berontak” sendiri diambil karena sejarah munculnya kuliner satu ini. Jaman dahulu, para kaum lelaki di Lumajang melakukan pemberontakan kepada para penjajah yang datang.

Sementara para pria berjuang, istri-istri mereka di rumah pun membuat olahan yang berasal dari bahan dasar tahu. Meskipun hanya sederhana, tetapi tahu tersebut terbukti mampu memberikan semangat yang lebih besar kepada para pejuang untuk merebut wilayah Lumajang dari tangan para penjajah.

Lama kelamaan, resep tahu brontak semakin disukai oleh masyarakat Lumajang dan sekitar. Dari sinilah kepopuleran tahu brontak mulai berkembang cukup pesat. Tidak perlu waktu yang lama, makanan khas satu ini sudah dikenal luas di beberapa provinsi besar di Indonesia.

resep tahu brontak padang

Terlepas dari sejarahnya yang melegenda tersebut, tahu berontak memang memiliki rasa yang cukup nikmat, terutama apabila kita konsumsi bersama dengan sambal. Sehingga tak heran apabila olahan tahu ini banyak digemari oleh berbagai kalangan masyarakat Indonesia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Untuk mencicipi tahu berontak, Anda dapat datang langsung ke Lumajang. Sebab, sebab di kawasan tersebut terdapat warung-warung makan yang menjual kuliner satu ini. Biasanya tahu brontak dibandrol dengan harga sekitar Rp. 10-15 ribu per porsinya. Murah kan?

Selain di Lumajang, tahu brontak juga cukup terkenal di daerah lainnya seperti Yogyakarta, Cilacap, dan Padang. Setiap daerah tersebut memiliki ciri khas tahu brontaknya masing-masing sehingga semakin memperkaya khasanah kuliner di Indonesia.

cara membuat tahu brontak enak

Resep tahu brontak juga saat ini sudah bervariasi, terutama untuk isiannya. Jika pada awalnya hanya diisi dengan aneka sayuran, maka sekarang ada juga yang menambahkan daging, telur, bihun, hingga bumbu khas yang sangat pedas.

Nah bagi Anda yang tidak sempat berkunjung ke Lumajang, pada kesempatan kali ini bacaterus.com akan berbagi cara membuat tahu brontak yang sangat mudah. Resep ini kami dapatkan langsung dari penjualnya di Lumajang, sehingga untuk masalah rasa tidak perlu diragukan lagi.

Bahan-Bahan Tahu Brontak

Resep yang akan kita ulas kali ini akan menggunakan sayuran dan daging cincang sebagai isiannya. Sebelum membuatnya, mari kita siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Bahan-bahan ini bisa Anda dapatkan melalui swalayan, supermarket, warung, ataupun pasar-pasar tradisional setempat.

  • Tahu cina cukup 1 buah (potong kotak menjadi 6 bagian)
  • Toge yang masih segar sebanyak 1 genggam
  • Bawang daun cukup 2 batang, potong dan iris halus
  • Daging cincang sebanyak 150 gr
  • Kol cukup dengan 3 lembar, potong dan iris halus
  • Garam halus secukupnya (sesuaikan dengan selera)
  • Gula pasir sesuai dengan kebutuhan
  • Penyedap rasa secukupnya saja
  • Minyak untuk menggoreng secukupnya

Bumbu yang dihaluskan:

Bahan pencelup:

  • Santan kelapa kental sebanyak 80 ml
  • Tepung sagu cukup dengan 1 sendok makan
  • Tepung beras sebanyak 60 gr
  • Ketumbar bubuk sekitar 1/2 sendok teh
  • Merica bubuk cukup sebanyak 1/4 sendok teh
  • Irisan bawang daun polong secukupnya
  • Garam seperlunya saja
  • Gula pasir sesuai kebutuhan
  • Penyedap rasa secukupnya saja

Cara Membuat Tahu Brontak

Apabila semua bahan yang dibutuhkan sudah terkumpul, sekarang mari kita mulai membuatnya. Langkah pertama silahkan lubangi semua bahan tahu yang telah dipersiapkan tadi pada bagian tengahnya. Sisihkan terlebih dahulu.

Sekarang kita akan membuat isiannya. Caranya siapkan sebuah wadah terlebih dahulu untuk nantinya kita mencampurkan bahan. Kemudian campurkan taoge, irisan kol, dan daun bawang dalam wadah tersebut. Aduk-aduk sampai ketiga bahan tersebut tercampur secara merata.

Selanjutnya tambahkan gula, garam, dan penyedap rasa ke dalam campuran taoge tersebut. Aduk-aduk lagi sampai semua bahan dapat tercampur secara merata. Kini bahan isian siap untuk digunakan.

Selanjutnya, masukan isian tadi ke dalam setiap potongan tahu yang telah dilubangi pada bagian tengahnya. Lakukan pengisian tahu tersebut sampai semua tahu dan bahan isiannya habis. Sisihkan terlebih dahulu.

Setelah itu, kita dapat membuat pencelupnya. Caranya cukup mudah, campurkan semua bahan pencelup ke dalam sebuah wadah. Aduk-aduk sampai semua bahan tercampur dan terlarut secara sempurna. Agar rasanya pas, Anda dapat mencicipi terlebih dahulu bahan pencelup tersebut.

https://www.youtube.com/watch?v=OE90bJecV6k

Kini celupkan satu per satu tahu yang telah Anda isi tadi ke dalam bahan pencelup. Pastikan semua sisi tahu sudah terlumuri oleh adonan pencelupnya secara merata. Kemudian diamkan sejenak agar bumbu meresap ke dalam tahu.

Siapkan sebuah wajan penggorengan, tuangkan minyak secukupnya, lalu panaskan minyak tersebut. Apabila sudah panas, gorenglah satu per satu tahu yang telah Anda isi. Ketika menggoreng usahakan menggunakan api kecil sampai sedang saja.

Gorenglah sampai berubah warna menjadi kuning kecoklatan. Apabila sudah matang, silahkan angkat dan sajikan tahu berontak tersebut selagi masih hangat bersama dengan cabe rawit atau sambal pedas agar semakin nikmat.

Tahu berontak sangat cocok apabila dijadikan sebagai teman bersantai bersama keluarga tercinta. Oleh sebab itu, bagi Anda yang pusing mencari resep camilan, buat saja tahu berontak ini dengan mengikuti langkah diatas.

Bagaimana, berminat untuk mencoba? tunggu apalagi, segera coba resep tahu brontak  yang enak dan crispy di atas sekarang juga. Sekian informasi pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat dan menjadi sumber referensi bagi Anda. Selamat mencoba!

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *