Bacaterus / Makanan Jawa / Resep Sup Kimlo Solo yang Istimewa dan Spesial

Resep Sup Kimlo Solo yang Istimewa dan Spesial

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Pernahkah Anda mencicipi sup kimlo? Jika belum pernah, maka Anda sudah datang pada tempat yang tepat. Karena pada kesempatan kali ini kami akan berbagi sajian informasi mengenai resep sup kimlo istimewa yang lezat.

Kimlo merupakan kuliner khas Indonesia yang sudah populer sejak jaman dahulu, sekilas makanan satu ini memiliki penampilan yang hampir mirip dengan soto, baik dari segi kuah ataupun bahan-bahan yang lain. Akan tetapi untuk rasa, sup kimlo ini jelas jauh berbeda dengan soto.

Menikmati sup kimlo bisa kita lakukan dengan cara membelinya di warung-warung tepian jalan. Di Solo, banyak sekali warung yang menawarkan kuliner satu ini. Ya, sup kimlo memang kuliner yang sangat identik dengan kota asal Presiden Jokowi tersebut.

Namun meskipun identik dengan solo, makanan yang satu ini sebenarnya diperkenalkan oleh orang-orang Tiongkok yang datang ke Indonesia pada jaman dahulu. Bumbu serta bahan-bahannya kemudian mengalami perubahan untuk menyesuaikan dengan selera orang Indonesia.

cara membuat sup kimlo istimewa

Sup kimlo ini merupakan salah satu sup yang kaya akan sayuran. Ya, berbagai macam sayuran biasanya menghiasi sop ini, mulai dari wortel, jamur kuping, hingga sedap malam. Dengan banyaknya isian yang digunakan, maka tidak diragukan lagi gizi serta nutrisi yang dikandungnya.

Selain rasanya, sup ini juga memiliki aroma khas yang tidak bisa dibandingkan dengan jenis sup yang lainnya. Aroma khas-nya tersebut bersumber dari sedap malam yang digunakan. Oleh karena itu, sedap malam merupakan bahan yang wajib ada dalam setiap sup kimlo.

Anda tidak perlu datang jauh-jauh ke Solo untuk mencicipi kuliner satu ini, karena sebenarnya untuk membuat makanan satu ini sangatlah mudah sekali. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Untuk menjawab rasa penasaran Anda tersebut, silahkan langsung saja simak panduan cara membuat sup kimlo spesial berikut ini.

Bahan-Bahan Sup Kimlo

resep sup kimlo istimewa

Sebelum membuatnya, mari kita persiapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang dibutuhkan dalam pembuatannya. Bahan-bahan di bawah ini dapat Anda tambah sayurannya sesuai dengan keinginan. Berikut adalah bahan-bahan yang harus Anda siapkan:

  • Paha ayam sebanyak 2 buah, direbus dan dipotong kotak
  • Kaldu ayam sebanyak 1.500 ml
  • Bakso ikan sekitar 5 buah, diiris
  • Wortel cukup dengan 2 buah, dipotong-potong
  • Jamur kuping sekiranya 3 buah, diseduh dan dipotong-potong
  • Sedap malam sekitar 30 gram, diikat
  • Soun sebanyak 75 gram, diseduh dan ditiriskan
  • Bawang putih sebanyak 3 siung, diiris
  • Jahe cukup ukuran 2 cm, memarkan
  • Kecap ikan sekitar 1 sendok makan
  • Kecap asin sekiranya 2 sendok teh
  • Garam cukup sebanyak 1/2 sendok makan
  • Gula pasir sekitar 1/2 sendok teh
  • Merica sebanyak 1/4 sendok teh
  • Seledri cukup 2 batang, diikat
  • Minyak (untuk menumis) cukup 1/2 sendok makan

Catatan:

Salah satu bahan khas dalam resep sup kimlo ini adalah sedap malam. Namun, sedap malam di sini bukanlah bunga sedap malam yang biasa digunakan untuk hiasan atau dekorasi ruangan. Sedap malam yang digunakan si sini adalah bunga pisang yang sudah kering.

Dalam bahasa Jawa, bunga pisang ini sering disebut sebagai kembang gedang. Bunga ini memang salah satu bahan yang cukup populer dalam berbagai masakan Cina. Sedap malam ini banyak dijual di pasar tradisional ataupun di supermarket.

Sebelum menggunakannya pastikan Anda mencucinya terlebih dahulu hingga bersih. Caranya, rendam bunga sedap malam kering tersebut hingga menjadi mekar. Setelah itu, buang air rendamannya lalu ulangi proses tersebut sebanyak tiga kali dengan air yang baru.

Setelah proses pencucian selesai, aroma asam dari bunga tersebut akan hilang. Selanjutnya silahkan ikat simpul bunga sedap malam tersebut agar terlihat cantik dan juga agar tidak menjadi berantakan ketika dimasak nanti.

Untuk daging ayam yang digunakan, Anda juga dapat menggantinya dengan daging sapi jika suka. Baso yang digunakan juga tidak terpaku pada baso ikan saja, namun bisa diganti dengan baso udang atau baso yang lainnya.

Cara Membuat Sup Kimlo

Jika semua bahan yang dibutuhkan sudah terkumpul, hal pertama yang harus dilakukan adalah menumis. Untuk menumis terlebih dahulu siapkan sebuah wajan dan beri minyak secukupnya (1/2 sendok makan) lalu tumislah jahe dan bawang putih hingga mengeluarkan bau yang harum atau wangi.

Setelah itu, rebus kaldu ayam hingga mendekati titik didih. Sebelum mendidih masukan bumbu tumisan tersebut dan aduk-aduk hingga tercampur secara merata. Susul dengan menambahkan seledri dan aduk-aduk kembali.

Setelah tercampur secara merata, tambahkan daging ayam, bakso ikan, dan potongan wortel ke dalamnya. Masak bahan-bahan tersebut hingga mendidih secara sempurna. Lalu masukan jamur kuping dan sedap malam, aduk hingga merata.

Kini masukan bahan-bahan seperti kecap asin, kecap ikan, garam, merica, dan gula pasir. Aduk-aduk bahan tersebut sampai tercampur secara merata dan masak lagi hingga matang. Sebelum diangkat, masukan soun terlebih dahulu dan aduk lagi agar tercampur merata. Masak hingga mendidih kembali.

Setelah matang silahkan tuang sup tersebut ke dalam sebuah mangkuk dan sajikan selagi masih hangat. Kuliner lezat yang satu ini sangat cocok apabila dijadikan sebagai lauk bersama dengan nasi putih hangat untuk menu makan anda.

Sup kimlo ini juga sangat cocok dimakan saat malam hari atau ketika cuaca dingin bersama dengan wedang jahe. Karena kaya akan kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh, maka sop kimlo juga dapat dijadikan sebagai menu utama ketika badan terasa tidak enak atau meriang.

Demikianlah pembahasan resep sup kimlo istimewa khas Solo yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga informasi tersebut bisa menjadi sumber referensi yang bermanfaat bagi Anda. Selamat mencoba!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *