Bacaterus / Resep Masakan Ikan / Resep Sup Ikan Patin yang Lezat dan Nikmat

Resep Sup Ikan Patin yang Lezat dan Nikmat

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Setiap makan, pastinya kita memerlukan yang namanya lauk pauk. Karena melalui lauk pauk inilah nafsu makan kita akan bertambah atau dengan kata lain meningkat. Salah satu lauk pauk yang bisa Anda pilih dan konsumsi adalah sup ikan patin.

Sesuai dengan namanya, sup ikan patin ini terbuat dari daging ikan patin. Ikan patin sendiri merupakan ikan yang hampir mirip dengan lele, di mana mereka berdua sama-sama memiliki kumis. Namun ikan patin tergolong lebih lezat apabila diolah menjadi sebuah lauk. Bahkan tekstur dagingnya yang empuk dan gurih, akan mampu memberikan kenikmatan tersendiri bagi para pecinta kuliner dari ikan.

Untuk membuat sop ikan patin ini sebenarnya hampir sama dengan membuat sup ikan lainnya. Namun ada beberapa tambahan yang harus diperhatikan ketika membuat sup ikan patin. Nah apabila Anda penasaran, maka langsung saja simak resep sup ikan patin lezat dan mudah berikut ini.

Bahan Sup Ikan Patin

Sebelum membuatnya, mari kita siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang dibutuhkan dalam proses pembuatan resep sup ikan patin ini. Bahan-bahannya cukup mudah untuk didapatkan di pasar atau supermarket, yakni:

  • Ikan patin sebanyak 500 gram
  • Air putih matang sekitar 800 ml
  • Bawang putih cukup 4 siung, iris tipis
  • Serai 2 batang saja, memarkan
  • Daun jeruk sebanyak 5 lembar
  • Daun salam cukup 2 lembar
  • Cabe rawit sebanyak 9 buah
  • Bawang merah sebanyak 5 buah, iris tipis
  • Tomat hijau cukup 3 buah, iris menjadi 4 bagian
  • Air jeruk nipis sekitar 2 sdm
  • Kunyit ukuran 2 cm, memarkan
  • Jahe ukuran 2 cm, memarkan
  • Gula halus sekitar 1 sdt saja
  • Garam seperlunya.

Cara Membuat Sup Ikan Patin

resep sup ikan patin

Jika semua bahannya sudah, sekarang saatnya kita mengolahnya. Pertama-tama potonglah ikan patin menjadi beberapa bagian, kemudian lumuri setiap potongan tersebut dengan menggunakan air perasan jeruk nipis agar tidak berbau amis. Diamkan selama 15 menit agar meresap.

Selanjutnya kita akan membuat kuah dari sup ikan patin tersebut. Untuk membuatnya terlebih dahulu rebus air hingga mendidih, lalu masukan bumbu-bumbu seperti cabe, bawang merah, bawang putih, kunyit, serai, daun salam, dan daun jeruk. Masaklah bahan-bahan tersebut hingga mengeluarkan aroma yang sedap atau wangi.

Apabila sudah mengeluarkan bau yang sedap dan wangi, maka masukan daging ikan patin yang telah didiamkan selama 15 menit tadi sambil tetap terus dimasak. Kemudian susul dengan memasukan garam, gula dan potongan tomat hijau.

Masak daging tersebut hingga benar-benar empuk dan semua bumbu terserap ke dalamnya. Untuk mengetahui apakah sudah matang atau belum, Anda bisa mencicipi kuah ataupun daging tersebut terlebih dahulu. apabila sudah pas, silahkan untuk diangkat.Silahkan sajikan sup patin ini di atas sebuah mangkuk sebagai sebuah lauk nasi putih hangat.

Manfaat Sup Ikan Patin

Selain nikmat untuk dikonsumsi, ternyata ikan patin juga mengandung beragam gizi yang sangat baik untuk tubuh. terutama untuk pertumbuhan anak-anak. Maka dari itu, segera coba resep diatas dan sajikan makanan lezat kaya nutrisi ini untuk keluarga tercinta. Berikut adalah beberapa manfaat yang akan Anda peroleh dari ikan patin:

  • Mencegah penyakit kardiovaskular

Ikan patin memiliki kandungan lemak tak jenuh yang sangat banyak, bahkan hingga mencapai separuh dari kandungan gizi yang dimilikinya. Seperti kita ketahui, lemak tak jenuh tersebut sangat bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit yang berkaitan dengan sistem kardiovaskular.

  • Mengurangi kolesterol

Memiliki banyak kolesterol jahat di dalam tubuh sangatlah berbahaya karena dapat memicu timbulnya berbagai penyakit kronis. Nah, mengkonsumsi ikan patin sangatlah efektif untuk mengurangi kadar kolesterol jahat tersebut sehingga tubuh Anda akan sehat dan bugar.

  • Mencegah penyakit jantung

Jantung koroner juga merupakan salah satu penyakit kronis yang dapat dicegah oleh ikan patin ini. Lemak tak jenuh pada ikan patin tidak akan mengendap di aliran darah. Dengan begitu sistem peredaran darah tetap lancar dan jantung pun selalu sehat.

  • Membantu Pertumbuhan Janin

Ikan patin juga memiliki kandungan Omega 3 dan DHA yang cukup tinggi. Kedua kandungan tersebut sangat berguna bagi ibu hamil karena akan menutrisi janin yang dikandungnya. Janin akan tumbuh secara secara sehat juga normal hingga tiba waktu persalinan.

  • Membantu pertumbuhan otot

Sama seperti kebanyakan ikan yang lainnya, ikan patin juga memiliki kandungan protein yang tinggi. Protein tersebut sangat berguna untuk tubuh terutama untuk memperkuat sistem imunitas. Bagi Anda yang sedang melakukan program pembesaran otot, maka protein ikan patin ini juga dapat membantu Anda untuk memperoleh bentuk tubuh yang diinginkan dalam waktu cepat.

  • Mencegah osteoporosis

Tidak hanya dagingnya saja, tulang dan duri ikan patin juga sangat bermanfaat bagi tubuh. Tulang ikan patin memiliki kandungan fosfor dan kalsium yang tinggi sehingga berguna untuk memperkuat tulang dan gigi serta mencegah osteoporosis bagi para manula.

Demikian informasi mengenai resep sup ikan patin yang mudah dan lezat. Anda juga bisa mengganti daging ikan patin tersebut dengan ikan lain seperti lele, gurame, nila, dan lain sebagainya. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan dan menjadi sumber referensi terpercaya bagi Anda semua. Selamat mencoba!

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *