Bacaterus / Resep Masakan Ikan / Resep Sup Ikan Gurame Bening yang Nikmat

Resep Sup Ikan Gurame Bening yang Nikmat

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Ikan gurame merupakan bahan masakan favorit di kalangan para ibu rumah tangga. Selain mudah diolah, tekstur empuk pada daging ikan gurame juga membuatnya semakin nikmat dikonsumsi sebagai hidangan spesial keluarga.

Biasanya para ibu memasak ikan gurame dengan cara menggorengnya atau membalut tepung agar krispy, namun pada kesempatan kali ini bacaterus.com akan mencoba berbagi resep salah satu olahan ikan gurame yakni sup ikan gurame bening yang sangat nikmat dan segar.

Perpaduan antara kuah yang segar dengan daging gurame yang empuk, akan membuat kuliner satu ini semakin nikmat dikonsumsi. Terlebih jika Anda memasaknya dengan sepenuh hati. Penasaran? Simak informasinya berikut ini.

Bahan-Bahan Sup Gurame

Sebelum kita beranjak ke cara membuatnya, silahkan Anda siapkan bahan-bahan yang diperlukan terlebih dahulu. Bahan-bahan di bawah ini bisa Anda dapatkan dengan mudah di swalayan ataupun pasar tradisional, antara lain:

  • Ikan gurame cukup dengan 1 ekor
  • Jeruk nipis sebanyak 2 buah
  • Air putih matang sebanyak 750 ml
  • Margarin sebanyak 1 sdt
  • Cabai rawit cukup 5 buah
  • Daun kemangi cukup dengan 1 ikat
  • Garam sekiranya 1 sdt
  • Bumbu penyedap sekitar 1 sdt
  • Tomat cukup 1 buah, iris-iris

Bahan/bumbu irisan:

  • Bawang merah sebanyak 3 butir
  • Bawang putih cukup dengan 2 siung
  • Bawang bombay cukup 1 buah
  • Daun bawang sebanyak 1 batang
  • Belimbing wuluh/ sayur sebanyak 2 buah
  • Jahe berukuran 3 cm, 1 saja.
  • Lengkuas berukuran 2 cm, 1 saja.

Cara Membuat Sup Ikan Gurame

Setelah semua bumbunya tersedia, sekarang kita bisa mengolah resep sup ikan gurame tersebut. Langkah pertama siangi terlebih dahulu ikan tersebut dan cuci hingga bersih lalu potong-potong ikan menjadi beberapa bagian sesuai selera masing-masing.

https://www.youtube.com/watch?v=eMzGFcoVt7w

Agar masalah bau amis yang sering muncul bisa hilang, lumuri ikan dengan menggunakan perasan jeruk nipis dan garam. Kemudian supaya meresap, diamkan selama kurang lebih 15-20 menitan. Lalu cuci bersih dan tiriskan sebentar.

Sambil menunggu ikan tersebut, panaskan air dalam sebuah panci untuk merebus nantinya. Setelah panas rebus semua bumbu irisan ke dalam panci tersebut. Tambahkan garam dan penyedap rasa sampai airnya mendidih.

Sekarang ambil ikan yang telah kita diamkan tadi, lalu masukan bersama dengan rebusan bumbu irisan tadi. Rebus lagi bahan-bahan tersebut sampai daging ikan gurame berubah warna dan dagingnya menjadi empuk.

Apabila sudah berubah warna, masukan pula tomat, daun kemangi, dan cabe rawit ke dalam rebusan tersebut. Tunggu sampai air rebusan tadi mengeluarkan aroma harum dan khas. Cicipi sedikit air dari sup tersebut, apabila bumbu sudah pas dan bahan semua matang silahkan angkat.

Sajikanlah sup ikan gurame ini selagi masih hangat pada sebuah mangkuk. Sup ini sangat cocok untuk dihisangkan bersama dengan sepiring nasi hangat. Ketika udara sedang dingin, sup ini juga dapat menghangatkan tubuh Anda.

Manfaat Konsumsi Sup Ikan Gurame

Selain lezat dan menyegarkan, sup ikan gurame juga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat-manfaat tersebut bisa kita dapatkan dari kandungan nutrisi di dalam daging gurame. Adapun manfaat tersebut antara lain:

  • Membantu perkembangan otak

Kelebihan nutrisi dalam golongan daging pisces/ikan adalah minyak omega 3. Minyak ikan pada daging gurame memiliki khasiat yang besar untuk perkembangan otak, terutama perkembangan otak anak-anak. Hal ini sudah dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan para ahli dan ilmuwan.

  • Mencegah penyakit dageneratif

Penyakit degeneratif seperti jantung koroner, hipertensi, stroke, dan serangan jantung dapat muncul kapan saja. Munculnya peyakit tersebut dapat terjadi karena tumpukan kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh kita.

Dalam hal ini, ikan gurame mengandung kadar kolesterol baik yang cukup tinggi. Kandungan kolesterol inilah yang bisa melawan dan menurunkan kadar kolesterol jahat. Sehingga sangat baik untuk mencegah penyakit dageneratif.

  • Mencegah penyakit busung lapar

cara membuat sup ikan gurame kemangi

Kwasiokhor atau sering disebut busung lapar, merupakan penyakit yang terjadi akibat anak kekurangan asupan nutrisi. Sebelum hal tersebut terjadi pada buah hati Anda, lebih baik berikan asupan nutrisi yang cukup.

Ikan gurame mengandung beragam nutrisi yang dapat membantu mencegah busung lapar. Kandungan nutrisi tersebut mulai dari vitamin A, B1, C, mineral alami, kalsium, protein, minyak ikan, dan masih banyak lagi.

  • Membantu pertumbuhan otot

Manfaat sup ikan gurame selanjutnya adalah membantu pertumbuhan otot. Daging ikan gurame mengandung senyawa protein hewani yang cukup tinggi. Menurut para ahli gizi, kandungan tersebut akan sangat baik untuk mendukung pertumbuhan otot.

resep sup ikan gurame bening

Kandungan protein tersebut sangat cocok bagi Anda yang sedang melatih otot agar memiliki bentuk tubuh yang bagus, melangsingkan tubuh, dan bahkan memacu pertumbuhan si kecil.

  • Menghaluskan kulit secara alami

Kandungan protein bertindak sebagai alat regenerasi sel-sel kulit baru. Dengan adanya regerenasi baru, maka kulit Anda akan lebih awet muda dan halus secara alami. Bahkan sekarang ini, protein banyak digunakan sebagai bahan pembuat koesmetik-kosmetik mahal.

  • Sumber energi yang cukup tinggi

Daging ikan gurame mengandung asam amino essensial yang lumayan tinggi. Berbagai pakar kesehatan sepakat bahwa kandungan asam amino tersebut mampu memberikan energi yang lebih baik. Konsumsilah sup ikan gurame saat sarapan agar tubuh mendapatkan energi besar tersebut.

  • Mengoptimalkan tumbuh kembang janin

Bagi Anda yang sedang hamil, konsumsilah sup ikan gurame secara rutin. Dengan kandungan nutrisi cukup lengkap, maka janin dalam kandungan Anda akan tumbuh dan berkembang secara optimal. Mulai dari pertumbuhan tulang dan gigi sampai dengan perkembangan otak janin tersebut.

Itulah ulasan informasi singkat mengenai resep sup ikan gurame lezat yang dapat kami sajikan. Ikuti langkah-langkah diatas dengan baik dan benar agar hasilnya maksimal. Jika Anda ingin mencoba untuk membuat sup ikan patin yang tidak kalah lezatnya, silahkan simak resepnya di artikel ini.

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *