Bacaterus / Resep Kue Bolu / Resep Sponge Cake Lembut dan Enak Rasa Pandan

Resep Sponge Cake Lembut dan Enak Rasa Pandan

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sponge cake atau sering disebut kue spons, biasanya bisa dengan mudah kita temukan saat ada acara-acara besar. Mulai dari acara khitanan sampai dengan acara-acara resepsi pernikahan. Karena rasanya yang cukup lezat dan lembut, kue sponge cake memiliki banyak sekali penggemar di Indonesia.

Sponge cake merupakan sebuah kue/cake yang terbuat dari bahan tepung (biasanya gandum dan terigu), gula, telur, baking soda, dan bahan-bahan lainnya. Untuk membuat kue ini sebenarnya gampang-gampang susah, sebab kita harus bisa membuat adonan yang nantinya bisa berongga. Jika adonan tersebut tidak berongga, maka tekstur kue ini akan menjadi keras atau bantat.

Sejarah Sponge Cake

Sponge cake muncul pertama kalinya di Amerika Serikat, awalnya ada seorang ibu yang membuat sebuah kue, namun karena ada sebuah kejadian yang tidak terduga kue tersebut menjadi berongga. Rongga ini terbentuk karena udara terjebak dalam adonan kue tersebut. Sehingga disebutlah kue tersebut sebagai sponge (berongga).

Kemudian setelah kue tersebut populer di AS, sponge cake lama kelamaan mulai berkembang hingga ke daratan Inggris. Menurut catatan sejarah kue ini mulai populer di Inggris sejak abad 18. Bahkan karena kepopulerannya tersebut, ada seorang penulis buku terkenal yang menulis tentang kue ini. Beliau adalah Gervase Markham.

Salah satu penggemar berat sponge cake di Inggris adalah Ratu Victoria. Konon, pada masa itu Ratu Victoria sangat suka menghabiskan sore bersama dengan sponge cake dan secangkir teh. Maka dari itu, di Inggris terdapat varian sponge cake yang sangat populer dengan nama Victoria Sponge atau Victoria Sandwich.

cara membuat sponge cake lembut

Setelah kue tersebut populer di Inggris pada abad 18, kue tersebut mengalami perkembangan yang pesat lagi. Hingga pada abad ke 19 sudah terkenal di Grenada, Karibia. Perkembangannya yang cukup pesat inilah, kemudian membuat sponge cake dikenal luas oleh masyarakat dunia sampai sekarang.

Di Indonesia sendiri, sponge cake sudah terkenal sejak beberapa tahun silam. Masuknya kue ini ke Indonesia dilatar belakangi karena adanya turis mancanegara yang berwisata. Mungkin sekarang setiap toko roti di seluruh Indonesia sudah menyediakan kue satu ini.

Saat ini sponge cake sudah tersedia dalam berbagai macam varian. Selain Victorian Sponge di atas, terdapat juga varian lainnya seperti Madeira cake, pound cake, butter cake, dan sponge cake kukus. Beberapa kue modern juga terinspirasi pembuatannya dari kue ini seperti chiffon cake dan Tres leches cake.

Bahan-Bahan Sponge Cake

resep sponge cake lembut rasa pandan

Meskipun cara membuat sponge cake agak sedikit sulit, Anda tidak usah khawatir karena pada kesempatan kali ini bacaterus.com akan mencoba mengulas step by step pembuatan kue ini sejak awal. Sebelum membuat resep sponge cake lembut ini, silahkan siapkan beberapa bahannya terlebih dahulu yakni:

  • Kuning telur ayam sebanyak 8 butir
  • Putih telur ayam dari 5 butir
  • Gula pasir sebanyak 175 gram
  • Tepung terigu sebanyak 150 gram
  • Margarin cukup dengan 50 gram
  • Tepung maizena sekiranya 30 gram
  • Air sebanyak 100 ml
  • Daun pandan sebanyak 15 lembar
  • Baking powder cukup sekitar 1/4 sendok teh

Cara Membuat Sponge Cake Lembut

Sekarang saatnya kita mengolah resep sponge cake lembut ini. Langkah pertama siapkan dahulu sebuah wadah untuk membuat adonan. Ambil tepung meizena, tepung terigu, dan baking powder lalu campurkan menjadi satu dalam wadah tersebut. Aduk-aduk semua bahan tadi sampai tercampur secara merata.

Dalam wadah yang berbeda, kocok putih telur dan kuning telur sampai mengembang atau mengeluarkan buih. Kemudian masukan gula pasir dan kocok kembali sampai berubah warna menjadi keputihan.

Selanjutnya masukan adonan tepung terigu tadi ke dalam wadah kocokan telur tersebut sedikit demi sedikit. Sambil memasukan, silahkan diaduk dengan tangan bersih agar dapat tercampur secara merata. Sisihkan sejenak.

Sekarang kita akan membuat air pandan. Siapkan dulu daun pandan 15 lembar, lalu haluskan semuanya. Campurkan dengan sedikit air dan ambil air perasan daun pandan tersebut. Jangan lupa disaring, agar nanti kue lebih lembut dan halus.

Selanjutnya ambil margarin yang telah dilelehkan, kemudian masukan margarin tersebut sedikit demi sedikit ke dalam adonan yang telah kita buat tadi. Begitu pun juga air pandan, masukan sedikit demi sedikit air tersebut ke dalam adonan. Aduk-aduk sampai semuanya tercampur secara merata.

Siapkan sebuah loyang berukuran diameter 22 cm, atau loyang berbentuk kotak dengan panjang dan lebar 22 cm. Olesi loyang tersebut dengan menggunakan margarin cair kemudian beri alas berupa kertas roti agar tidak lengket nantinya.

Langkah selanjutnya, tuangkan adonan kue yang telah kita buat tadi ke dalam loyang tersebut. Pastikan ketebalan antara satu sisi dengan sisi lainnya itu pas. Sebab jika tidak pas akan sangat berpengaruh sekali terhadap tekstur kue.

Masukan loyang berisi adonan tadi ke dalam oven bersuhu 170 derajat celcius. Biasanya kue akan matang dalam 35 menitan, jadi jangan sampai terlewatkan. Setelah matang, potong kue tersebut sesuai selera masing-masing.

Tips Membuat Sponge Cake Agar Lebih Lembut

Mungkin ada di antara kita yang gagal ketika membuat sponge cake tersebut. Seperti tekstur kue kasar, mudah hancur, bantat, dan lainnya. Nah jika Anda mengalami hal semacam itu, berikut ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

  • Cobalah untuk menggunakan telur ayam yang fresh dalam suhu kamar atau belum dimasukan ke dalam kulkas.
  • Gunakan gula castor atau gula yang memiliki tekstur halus, agar ketika mengaduk semua gula bisa terlarut lebih sempurna.
  • Jangan lupa lapisi loyang dengan menggunakan kertas roti setelah diolesi margarin cair atau minyak.
  • Pastikan suhu yang Anda gunakan untuk memanggang kue tersebut tidak lebih atau kurang dari 170 derajat celcius dalam waktu yang tidak kurang atau lebih dari 30-35 menitan.
  • Untuk memastikan adonan sudah matang atau belum, tusuk adonan tersebut dengan lidi kering dan bersih. Jika lidi tetap kering dan tidak ada adonan yang menempel, berarti sponge cake sudah matang.

Nah sekarang, sponge cake sudah siap untuk disajikan. Silahkan nikmati kue ini di saat-saat bersantai bersama dengan secangkir teh hangat. Agar tampilannya lebih cantik, Anda juga dapat menyajikannya bersama dengan whipped cream dan buah cherry.

Itulah sajian informasi mengenai resep sponge cake lembut rasa pandan yang dapat kami sampaikan. Selain rasa pandan, Anda juga bisa memvariasikannya dengan membuat rasa keju, cokelat, meises, pisang, ataupun lainnya. Selamat mencoba!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *