Bacaterus / Resep Kue Bolu / Resep Spiku Kuno Enak dan Lembut Khas Surabaya

Resep Spiku Kuno Enak dan Lembut Khas Surabaya

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sejak jaman dahulu kala, sebenarnya Indonesia telah memiliki kekayaan dalam hal makanan ringan seperti kue dan sebagainya. Hal tersebut terlihat dari kue spiku yang merupakan perpaduan dari resep Indonesia dan juga Eropa.

Menurut catatan sejarah, kue spiku sudah ada sejak masuknya penjajah yakni Belanda di Indonesia. Mulanya, kue satu ini hanya dikonsumsi oleh bangsa Belanda di Indonesia. Namun setelah merdeka, sampai sekarang kue spiku sudah banyak dikonsumsi oleh seluruh kalangan masyarakat Indonesia.

Sekilas Tentang Kue Spiku Surabaya

cara membuat spiku surabaya

Mendengar nama “spiku” mungkin begitu asing bagi sebagian besar dari kita. Spiku sendiri berasal dari kata “spekkoek” (bahasa Belanda) yang berarti kue lapis legit. Memang sekilas tampilan kue satu ini mirip dengan kue lapis, tetapi sebenarnya untuk masalah rasa jelas sangatlah berbeda.

Kue lapis legit yang ada saat ini merupakan modifikasi dari kue spekuk asli atau sering disebut spiku kuno. Kue spiku ini lebih banyak beredar di kawasan Surabaya sehingga banyak juga yang menyebutnya sebagai lapis Surabaya atau lapsur.

Penamaan kue lapis tersebut merujuk kepada bentuknya yang berlapis-lapis. Biasanya setiap lapisan memiliki warna yang berbeda-beda. Spiku tradisional biasanya hanya menggunakan kombinasi lapisan berwarna kuning dan coklat saja.

Sedangkan untuk spiku yang lebih modern biasanya sudah dibuat dengan berbagai kombinasi warna. Variasi dari bahan dan cara pembuatan spiku juga semakin banyak, seperti contohnya spiku kenari, spiku kukus, hingga spiku gulung yang mirip dengan bolu meranti.

Pada awalnya kue ini lebih banyak menggunakan bahan-bahan ala Eropa. Namun seiring dengan perkembangan jaman, sekarang ini kue spiku telah disesuaikan dengan lidah bangsa Indonesia. Sehingga rasa tersebut akan sangat pas di lidah siapa saja.

Untuk menemukan kue spiku sangatlah mudah sekali, karena hampir disetiap toko roti dan kue pasti menyediakannya. Di Surabaya sendiri, kue satu ini sering dijadikan sebagai oleh-oleh khas yang bisa dibeli oleh para wisatawan, baik domestik ataupun mancanegara. Ada banyak sekali toko yang menjual camilan lezat ini, diantaranya:

  • Superindo, Surabaya
  • Bilka: lokasi di Ngagel Jaya Selatan No. 103
  • Hokky: terletak di jalan Panglima Sudirman 32
  • Hokky: Plaza Graha Family C 28
  • Bu Rudy: Lokasi di jalan Dharmahusadha 140
  • Panen Raya: berlokasi di jalan Raya Nginden 88
  • Sudi Mampir: Jalan Raya Genteng Besar
  • Mitra: Jalan Mojopahit 50 Sidoarjo
  • Tanjung: Jalan Mojopahit 106 Sidoarjo
  • Wilayah Jakarta di SUPEINDO.

Masing-masing toko dan pusat oleh-oleh di atas menjual kue spiku dengan harga yang cukup bervariasi. Namun jangan khawatir, karena harga kue ini cukup murah sekali. Anda hanya perlu menyiapkan kocek kurang dari 50 ribu untuk membawa pulang satu dus kue spiku siap santap sebagai oleh-oleh.

Bagi Anda yang tidak bisa berkunjung ke Surabaya untuk membeli kue satu ini, Anda tidak usah cemas. Karena kebetulan pada kesempatan kali ini bacaterus.com akan mencoba berbagi informasi seputar resep spiku lembut khas Surabaya tersebut.

Bahan-Bahan Spiku Surabaya

resep spiku kuno

Sebelum membuat resep spiku ini, mari kita siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Bahan-bahan ini biasanya bisa didapatkan dengan mudah di toko bahan kue terdekat. Bahan-bahannya antara lain seperti:

Bahan lapisan kuning:

  • Kuning telur sebanyak 8 butir
  • Putih telur cukup dari 2 butir saja
  • Gula halus sebanyak 75 gram
  • Mentega yang dicairkan sekiranya 100 gram
  • Ovalit sekitar 1 sdt
  • Tepung terigu sebanyak 50 gram
  • Susu bubuk cukup dengan 1 sdm

Bahan untuk lapisan coklat:

  • Kuning telur sebanyak 4 butir
  • Putih telur cukup dari 1 butir
  • Gula halus sebanyak 50 gram
  • Mentega yang dicairkan sekiranya 50 gram
  • Tepung terigu sebanyak 25 gram
  • Susu bubuk sekitar ½ sdm

Catatan: Ingat! Cara membuat kue lapisan kue ini pada dasarnya sama, sehingga Anda dapat melakukannya dengan mudah.

Cara Membuat Kue Spiku

https://www.youtube.com/watch?v=t1U1ROMDCOo

Setelah bahannya terkumpul, sekarang mari kita memulai proses pembuatannya. Langkah pertama kocok terlebih dahulu telur dan gula halus. Agar lebih cepat terlarut dan mengembang, Anda bisa menggunakan bantuan mixer berkecepatan sedang.

Selanjutnya setelah mengembang dan halus, turunkan kecepatan mixer menjadi kecil, sambil tetap mengaduk masukan susu bubuk dan tepung terigu ke dalamnya. Kemudian masukan mentega cair ke dalam campuran tersebut, aduk-aduk lagi dengan mixer sampai tercampur secara merata.

Silahkan ulangi langkah di atas untuk membuat adonan coklatnya. Setelah kedua adonan terbentuk, siapkan 2 buah loyang berbentuk persegi. Anda bisa menggunakan loyang berukuran berapapun sesuai dengan selera.

Setelah itu olesi kedua loyang tadi dengan menggunakan mentega atau minyak sampai merata. Hal ini berguna agar adonan nantinya tidak lengket ketika kita ambil, bila perlu lapisi loyang dengan kertas kue di dasarnya.

Bagi rata kedua adonan tersebut kedalam kedua loyang. Pastikan ketebalan dari adonan tadi sudah pas dan rata. Masukan kedua loyang tadi masing-masing kedalam oven sekitar 30 menitan. Tanda bahwa adonan tersebut sudah matang adalah berwarna kecoklatan, terutama adonan kuning.

Setelah matang, ambil adonan tadi dan dinginkan. Tumpuk adonan kuning dan coklat sampai membentuk 3 lapisan, yakni lapisan kuning, coklat, dan kuning. Agar masing-masing lapisan tadi merekat sempurna, olesi permukaan adonan tersebut dengan menggunakan selai. Anda bisa memilih selai rasa apapun, mulai dari nanas, strawberry, jambu, dan lain sebagainya.

Sekarang, potong-potong kue tersebut sesuai dengan selera masing-masing. Biasanya kue spiku disajikan dengan potongan berbentuk persegi panjang. Sajikan kue ini bersama dengan secangkir kopi ataupun susu agar semakin nikmat.

Spiku menjadi oleh-oleh khas di Surabaya. Hampir setiap para wisatawan yang datang ke Surabaya pasti membeli camilan satu ini sebagai buah tangannya, terutama bagi mereka para wisatawan domestik. Oleh karenanya, kue spiku sering dikatakan sebagai oleh-oleh wajib setelah berkunjung ke Surabaya.

Itulah sajian informasi singkat seputar resep spiku Surabaya yang dapat kami sampaikan. Ikuti langkah-langkah diatas dengan baik dan benar agar kue spiku buatan Anda memiliki rasa lezat dan empuk. Selamat mencoba!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

One Response

  1. Untuk bahan lapis coklat bahan kurang lengkap ya dstu ngk ada pake coklat apa jg ngk ada bahan pengembangnya mohon infonya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *