Bacaterus / Resep Masakan Kambing / Resep Sop Kambing Bening yang Segar dan Sehat

Resep Sop Kambing Bening yang Segar dan Sehat

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bagi penggemar daging kambing, tentunya momen spesial akan menjadi kurang apabila tidak ada kehadiran sop kambing. Sesuai dengan namanya, kuliner satu ini dibuat dengan daging kambing menggunakan tambahan kuah. Sehingga akan menjadi lebih segar dan nikmat, khususnya jika dikonsumsi masih dalam keadaan hangat.

sama seperti sop iga sapi, biasanya sop daging kambing banyak disajikan saat hari raya lebaran tiba, terutama lebaran Idul Adha. Mengingat saat hari spesial tersebut, masyarakat Indonesia biasanya berkurban kambing dan sapi, kemudian dagingnya dibagikan kepada masyarakat.

Meskipun demikian, di lain hari sebenarnya banyak juga yang menjual sop daging kambing. Biasanya sop daging kambing banyak dijual bersama dengan sate kambing Madura. Sejak awal kemunculannya, sop ini terdiri dari 2 varian, yakni sop kambing dengan santan dan tanpa santan (bening).

Diantara kedua varian sop kambing tersebut, kuah santanlah yang paling populer dan banyak diminati oleh masyarakat. Namun bukan berarti sop kambing bening tidak disukai, malahan kuah bening mampu memberikan kesegaran tersendiri bagi para penikmatnya.

Untuk membuat sop kambing tersebut, masyarakat biasanya menggunakan bagian iganya yang memiliki daging cukup banyak. Namun bagi yang menyukai tulang, maka biasanya mereka membaut sop dari bahan utama kaki kambing.

resep sop kambing bening

Sop kambing kuah bening tidak hanya segar dan gurih saja, tetapi menurut beberapa ahli kuliner satu ini cukup menyehatkan dari pada jenis kuah santan. Nah bagi Anda yang ingin mencicipi kuliner satu ini, berikut bacaterus.com akan menyajikan resep sop kambing kuah bening yang bisa dibuat sendiri di rumah.

Bahan-Bahan Sop Kambing Kuah Bening

Sebelum mengulas langkah-langkah cara pembuatannya, mari kita siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang akan digunakan. Adapun bahan-bahan yang harus dipersiapkan sebelum memasaknya antara lain:

  • Iga kambing cukup dengan 750 gr
  • Jahe berukuran 2 cm, memarkan
  • Garam sekiranya 2 sdt
  • Minyak goreng sebanyak 3 sdm
  • Kayu manis cukup dengan ukuran 4 cm
  • Cengkih sebanyak 3 butir
  • Biji pala sekiranya 1 butir, belah-belah
  • Daun bawang sebanyak 2 batang, iris 2 cm
  • Tomat cukup dengan 2 butir, iris dadu 2cm
  • Bawang goreng sebanyak 2 sdm
  • Seledri iris halus sekiranya 2 batang

Bumbu halus:

  • Bawang merah sebanyak 10 butir
  • Bawang putih cukup dengan 3 siung
  • Cabai merah sekitar 3 buah, sesuaikan selera pedasnya
  • Merica cukup dengan 1 sdt

Pelengkap:

Cara Membuat Sop Kambing

Sekarang mari kita mulai mengolah resep sop kambing ini. Pertama-tama potong terlebih dahulu iga kambing menjadi berukuran 5 cm. Kemudian masukan potongan-potongan iga tersebut ke dalam panci, lalu tuangi dengan air, beri jahe, dan garam. Masak bahan-bahan tersebut dengan menggunakan api sedang sampai mendidih.

Setelah mendidih kecilkan apinya, tutup panci tidak rapat dan masak sampai daging empuk. Apabila sudah empuk, saring kaldu sekiranya 1,2 liter. Masak kembali iga tersebut, tapi jika cairannya berkurang silahkan Anda tambah lagi dengan menggunakan air mendidih secukupnya.

Selanjutnya panaskan minyak secukupnya dalam wajan untuk menumis. Lalu tumislah bumbu halusan sampai mengeluarkan aroma wangi. Jika sudah wangi, masukan bahan-bahan seperti cengkeh, pala, dan kayu manis kedalam tumisan tersebut.

Jika tumisan tersebut sekiranya sudah matang dan harum, tuangkan ke dalam air rebusan daging iga sapi tadi. Teruskan pemasakan daging iga sapi tersebut dengan menggunakan api sedang. Apabila sudah mendidih, kecilkan api dan masukan daun bawang sekaligus tomat, masak sebentar sampai layu kemudian angkat.

Sekarang, tuang sop tersebut ke dalam mangkuk saji bersama dengan dagingnya. Kemudian taburi diatasnya dengan bawang goreng dan seledri iris. Sajikan sop lezat tersebut selagi masih hangat bersama dengan jeruk limau dan emping goreng.

Sop iga kambing kuah bening ini sangat nikmat jika dikonsumsi bersama dengan sepiring nasi putih. Namun pada momen lebaran, sop ini juga sangat pas disajikan bersama dengan ketupat yang memang banyak dibuat saat lebaran.

Manfaat Daging Kambing Untuk Tubuh


Tahukah Anda bahwa daging kambing sebenarnya memiliki segudang manfaat untuk kesehatan? Meskipun terkadang bau daging kambing kurang sedap (prengus) tetapi sebenarnya nutrisi di dalamnya sangatlah lengkap, mulai dari mineral alami sampai vitamin terkandung dalam daging kambing. Apa sajakah manfaatnya?

  • Sumber energi yang cukup besar

Manfaat yang pertama adalah sumber energi. Dalam daging kambing terkandung kalori, protein, dan lemak cukup tinggi. Kandungan-kandungan inilah yang menjadi cikal bakal pembentukan energi di dalam tubuh kita.

  • Pembentukan otot

cara membuat sop kambing betawi

Mungkin banyak yang mengira sumber protein terbesar berasal dari telur dan daging sapi. Memang hal tersebut benar, namun daging kambing ternyata juga mengandung protein yang cukup tinggi. Konsumsi protein dapat membantu meningkatkan masa otot, mengoptimalkan regerenasi sel, dan masih banyak lagi.

  • Mencegah anemia

Jika kita lihat, daging kambing sebenarnya termasuk kedalam jenis daging merah. Menurut para ahli, daging merah mengandung zat besi cukup tinggi. Kandungan inilah yang bermanfaat untuk mencegah anemia dan menambah sel darah merah dalam tubuh.

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Daging kambing mengandung berbagai macam mineral alami, mulai dari magnesium, kalsium, fosfor, kalium, selenium, dan masih banyak lagi. Kandungan tersebut dapat mencukupi kebutuhan mineral sebesar 25 % untuk konsumsi 100 gram sehari. Dengan tercukupinya mineral alami, tubuh Anda akan menjadi lebih sehat dan terbebas dari penyakit berbahaya.

  • Menjaga kesehatan tulang

Manfaat daging kambing yang terakhir adalah menjaga kesehatan tulang. Kandungan kalsium dan vitamin D pada kambing dipercaya dapat bersinergi untuk menjaga kesehatan tulang, mencegah keropos, patah, dan lain sebagainya. Untuk anak-anak, kandungan kalsium dapat mengoptimalkan pertumbuhan mereka.

Demikian sajian informasi seputar resep sop kambing kuah bening yang segar dan menyehatkan. Kini Anda dapat mencoba sendiri resep di atas di rumah. Namun ingat, jangan mengkonsumsi daging kambing secara berlebihan karena dapat meningkatkan tekanan darah, terutama bagi yang menderita darah tinggi.

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *