Bacaterus / Resep Makanan Ringan / Resep Siomay Ikan Tenggiri yang Enak dan Spesial

Resep Siomay Ikan Tenggiri yang Enak dan Spesial

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Siapa yang tidak kenal dengan siomay? Semua orang pasti sudah mengenal kuliner tradisional yang mendapat pengaruh dari kuliner tiongkok ini. Biasanya siomay banyak dijual di tepian-tepian jalan yang ramai oleh para pedagang kaki lima.

Penggemar dari siomay sendiri sangatlah bervariasi, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa menyukai menu makanan yang satu ini. Dalam penyajiannya, siomay biasanya disajikan bersama dengan tahu, kol, kentang, dan paria.

Sekilas Tentang Siomay

resep siomay ikan tenggiri

Menurut catatan sejarahnya sendiri, siomay pertama kali muncul di Tiongkok dan disebut sebagai shaomai. Makanan satu ini terbuat dari daging babi cincang yang dibalut tipis dengan adonan tepung terigu kemudian dikukus sampai matang.

Adonan shaomai tersebut dibentuk menjadi silinder dengan wortel, kacang polong, atau telur kepiting di atasnya. Sedangkan untuk penyajiannya sendiri, makanan satu ini dikonsumsi bersama dengan cuka dan kecap asin.

Akan tetapi, ketika masuk ke Indonesia, daging babi tersebut kemudian diganti dengan bahan daging lain. Ada banyak sekali bahan yang bisa kita gunakan untuk membuat siomay, mulai dari daging ikan tuna, ikan tenggiri, daging udang, ayam, sapi, dan bahkan kepiting.

Selain itu, adonannya pun sekarang banyak yang tidak dibungkus dengan kulit pangsit, melainkan langsung disajikan di atas piring bersama dengan siraman saus kacang yang lezat. Meskipun begitu, banyak yang lebih menyukai siomay dengan kulit pangsit karena itu merupakan ciri khasnya.

Selain disiran dengan bumbu kacang yang sangat khas, siomay juga biasanya ditambah kecap serta suas tomat agar rasanya lebih pedas. Perasan jeruk nipis atau jeruk limau juga biasanya diberikan untuk memberikan efek asam dan segar.

Di daerah Jawa Barat, biasanya siomay sering disebut dengan nama baso tahu. Penyebutan tersebut didasarkan pada bahan baso tahu yang juga biasanya digunakan di dalam siomay. Baso tahu tersebut juga sebenarnya masuk ke dalam salah satu jenis dimsum.

Di Jawa Barat makanan satu ini dapat disajikan dalam 2 varian yang berbeda, yakni kering dan berkuah seperti halnya batagor. Masing-masing varian tersebut menawarkan kelezatan tersendiri. Di sana, siomay juga biasanya dijual bersamaan dengan batagor.

Meskipun bisa dengan mudah didapatkan di pedagang kaki lima, namun tidak ada salahnya Anda mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah agar rasanya bisa disesuiakan dengan selera. Nah, berikut bacaterus.com akan mengulas resep siomay ikan yang enak tersebut.

Bahan-Bahan Siomay Ikan

Resep Siomay

Resep siomay ikan yang akan diulas kali ini akan menggunakan bahan utama dari ikan tenggiri yang sangat lezat. Sebelum membahas mengenai cara membuatnya, siapkan terlebih dahulu bahan-bahan seperti:

  • Ikan tenggiri sebanyak 1/2 kg (haluskan)
  • Tepung terigu cukup sekiranya 400 gram
  • Tepung kanji sebanyak 250 gram
  • Daun bawang polong cukup dengan 3 buah (iris halus)
  • Bawang putih sebanyak 4 siung (haluskan)
  • Garam sesuaikan dengan kebutuhan dan selera
  • Gula pasir secukupnya saja
  • Penyedap rasa seperlunya
  • Air sesuai kebutuhan
  • Kulit pangsit untuk membungkus seperlunya

Bahan pelengkap:

  • Kentang rebus secukupnya
  • Telur rebus seperlunya saja
  • Kol rebus sesuaikan dengan selera
  • Bumbu sambal kacang siap pakai secukupnya
  • Kecap manis secukupnya

Cara Membuat Siomay Ikan Tenggiri

Setelah semua bahan yang dibutuhkan terkumpul, sekarang mari kita mulai mengolah resep siomay ikan tenggiri ini. Pertama-tama campurkan semua bahan utama yang telah kita persiapkan tadi dalam sebuah wadah.

Silahkan atur sendiri rasa dari adonan tersebut seperti dengan menambahkan garam atau mengurangi, menambahkan gula lebih banyak, memasukan penyedap rasa sesuai selera, dan lain sebagainya. Usahakan adonan yang Anda buat tidak lengket dan pas.

Setelah tercampur secara merata, ambil sedikit adonan tersebut kemudian balut dengan kulit pangsit. Lakukan pembungkusan adonan ini sampai semuanya habis. Dalam membungkus, Anda bisa menyesuikan ukuran dan bentuknya dengan selera masing-masing.

Selanjutnya siapkan pengkukus. Kukuslah adonan yang telah dibalut kulit pangsit tadi sampai matang. Biasanya pengukusan ini memerlukan waktu sekitar 30 menit. Selama mengukus usahakan jangan membuka tutup agar suhunya bisa terjaga.

Sambil menunggu kukusan matang, silahkan Anda tata bahan pelengkap yang telah direbus ke atas mangkuk saji, mulai dari telur, kol, dan kentang. Anda juga bisa menambahkan paria jika mau. Untuk sambal dan kecap manis biarkan dulu.

Setelah matang, masukan adonan-adonan tadi ke atas mangkuk saji bersama bahan pelengkap. Kemudian siram dengan sambal kacang siap saji dan susul dengan kecap manis di atasnya. Anda juga bisa menambahkan perasan jeruk limau agar rasanya lebih segar. Sajikan!

Kandungan Gizi dan Manfaat Ikan

cara membuat siomay ikan enak

Siomay tidak hanya lezat dikonsumsi saja, tetapi ternyata kandungan nutrisi dari kuliner tersebut sangatlah lengkap, terutama dari daging ikan itu sendiri. Kandungan gizi tersebut antara lain minyak ikan, omega 3, asam folat, protein, kalsium, magnesium, selenium, fosfor, dan masih banyak lagi.

Kandungan-kandungan mineral alami tersebut sangatlah baik untuk memperkuat tulang dan gigi, mencegah tulang keropos, melumasi persendian yang kaku, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan masih banyak lagi.

Sedangkan untuk ibu hamil, konsumsi ikan sangat baik untuk masa pertumbuhan dan perkembangan janin. Anak-anak juga sangat disarankan untuk mengkonsumsi ikan agar pertumbuhan otaknya berjalan dengan baik sehingga menjadi cerdas.

Oleh sebab itu, segera buat siomay ikan tongkol lezat sebagai sajian spesial dan menyehatkan untuk keluarga tercinta. Dengan membuatnya sendiri, kita juga tidak perlu khawatir dengan kebersihan serta bahan-bahan berbahaya yang ada di dalamnya.

Nah itulah informasi mengenai resep siomay ikan tenggiri yang enak dan spesial pada kesempatan kali ini. Langsung saja bagi Anda yang penasaran cobalah resep diatas sekarang juga. Jika ingin mencoba membuat siomay dari ayam, silahkan simak resepnya di sini. Selamat mencoba!

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *