Bacaterus / Masakan Cina / Resep Siomay Dimsum Ayam Spesial yang Lezat

Resep Siomay Dimsum Ayam Spesial yang Lezat

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dimsum merupakan salah satu makanan Tiongkok yang cukup populer di Indonesia. Banyak orang menyebut dimsum mirip dengan siomay. Padahal sebenarnya siomay sendiri merupakan salah satu jenis dimsum, namun di Indonesia sudah banyak mengalami penyesuaian dengan kultur lokal.

Makanan yang satu ini mengandung banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. manfaat tersebut ada dikarenakan bahan-bahan yang digunakan berasal dari bahan bernutrisi tinggi, seperti tepung sagu dan bahan-bahan yang dijadikan sebagai isian atau campurannya.

Hingga sekarang ini dimsum sudah berkembang sangat pesat. Ada banyak sekali varian olahan dimsum yang dapat Anda temukan di pasaran. Varian olahan tersebut di antaranya adalah dimsum leng hong kien, dimsum udang, dimsum ceker, dimsum goreng, dimsum hakau, dan masih banyak lagi.

Nah pada kesempatan yang baik kali ini, bacaterus.com akan mencoba berbagi resep siomay dimsum ayam spesial yang empuk dan lezat. Namun sebelum mengulas cara membuatnya, mari kita simak terlebih dahulu sejarah mengenai dimsum.

Sejarah Dimsum

Dimsum merupakan makanan yang berasal dari daerah Tiongkok dan sekitarnya. Dalam bahasa Tiongkok, dimsum disebut sebagai dianxin yang memiliki arti makanan kecil. Dimsum sendiri merupakan istilah yang yang digunakan oleh orang-orang Kanton (Hong Kong) untuk menyebut dianxin.

Dimsum mulai dikenalkan ke orang-orang di luar Cina oleh orang Hong Kong. Oleh karena itu, masyarakat asing termasuk Indonesia lebih sering menyebutnya sebagai dimsum dibandingkan dengan dianxin.

Dimsum ini merupakan sebutan untuk makanan-makanan kecil yang biasanya dijadikan sebagai sarapan ataupun cemilan. Dimsum juga menjadi salah satu makanan wajib dalam acara minum teh khas Hong Kong yang disebut yamcha. Bahan yang dijadikan isian dimsum cukup bervariasi, mulai dari udang, ikan, daging ayam, daging babi, dan lainnya.

Salah satu jenis dimsum yang cukup terkenal di Indonesia adalah siomay. Makanan ini berasal dari kawasan Mongolia dalam dan dalam bahasa Mandarin disebut sebagai shaomai. Di Indonesia sendiri siomay sudah banyak dikreasikan menjadi berbagai jenis makanan, salah satunya adalah batagor khas Bandung.

Bahan-Bahan Siomay Dimsum Ayam

resep siomay dimsum ayam

Setelah mengetahui asal usulnya, mari sekarang kita persiapkan bahan-bahan yang akan digunakan dalam resep siomay dimsum ayam ini. Bahan-bahan pembuatannya ini sangat mudah didapatkan karena sudah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia.

  • Fillet paha ayam sebanyak 225 gram yang dicuci bersih dan dicincang halus
  • Bawang putih sekiranya 2-3 siung, haluskan
  • Kecap ikan cukup 1 ½ sdm
  • Daun bawang sebanyak 2 lembar, dicuci bersih dan iris halus
  • Garam halus sebanyak 1 ½ sdt
  • Gula pasir sekitar 1 sdt, haluskan
  • Minyak wijen cukup dengan 3 sdt
  • Air dingin sebanyak 50 ml
  • Kulit siomay sebanyak 24-27 pcs
  • Merica bubuk sekitar ¾ sdt
  • Tepung sagu sebanyak 150 gr
  • Wortel segar cukup dengan 80 gram, bersihkan dan parut

Cara Membuat Siomay Dimsum Ayam

Apabila semua bahan-bahan di atas sudah siap, sekarang mari kita mula proses pembuatan siomay dimsum ayam ini. Pertama-tama, siapkan wadah terlebih dahulu untuk mencampur semua bahan-bahan di atas. Selanjutnya silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Masukan bahan-bahan seperti halusan daging ayam, merica, gula, garam, dan bawang putih halus ke dalam wadah tersebut. Aduk-aduk semua bahan hingga tercampur secara merata.
  2. Kemudian setelah itu masukan kecap ikan dan minyak wijen. Aduk-aduk kembali hingga bahan-bahan tercampur secara merata semua.
  3. Selanjutnya masukan sedikit demi sedikit air sambil tetap diaduk, pastikan air yang dimasukan cukup. Tetap aduk campuran tersebut hingga kalis.
  4. Ambil satu lembar kulit siomay, kemudian beri adonan dimsum yang telah dibuat tadi di atasnya sesuai dengan selera masing-masing.
  5. Jika adonan sudah berada di kulit siomay, rekatkan bagian ujung-ujung kulit siomay tersebut dengan menggunakan bantuan sedikit air.
  6. Berikan pula parutan wortel halus di atas dimsum tersebut. lakukan hingga semua dimsum habis.
  7. Setelah itu siapkan panci kukusan dan beri daun pisang yang telah diberi olesan minyak pada bagian atasnya.
  8. Masukan semua dimsum yang telah dibuat kedalam panci kukus tersebut, kemudian kukuslah dengan menggunakan api sedang hingga matang sekitar 15 menit.
  9. Apabila sekiranya sudah matang, sajikan dimsum tersebut selagi masih hangat di atas piring.

Nah itulah resep siomay dimsum spesial yang sangat lezat. Memang cara membuat dimsum di atas tergolong mudah, akan tetapi apabila Anda tidak mengikuti langkah demi langkah dengan baik, rasa dimsum yang telah Anda buat tidak akan bisa selezat hidangan siomay dimsum semestinya.

Maka dari itu selalu perhatikan langkah demi langkah di atas dengan baik dan teliti. Jika tidak suka dengan daging ayam, maka Anda juga dapat menggantinya dengan daging sapi. Silahkan sesuaikan isinya dengan selera Anda masing-masing.

Selain lezat, kandungan nutrisi daging ayam pada resep ini juga sangat baik untuk tubuh. tidak hanya bermanfaat bagi anak-anak sebagai pemacu pertumbuhan saja, akan tetapi kandungan nutrisi daging ayam tersebut juga sangat baik untuk orang dewasa dan bahkan lansia. Selamat mencoba dan menikmati dimsum yang sangat lezat tersebut.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *