Bacaterus / Food and Recipe / Resep Masakan Asia / Resep Shabu-Shabu Sederhana Khas Jepang

Resep Shabu-Shabu Sederhana Khas Jepang

Berbicara mengenai negara Jepang, seakan tidak pernah ada habis-habisnya. Negara satu ini memiliki banyak sekali keunikan. Mulai dari budayanya yang sangat unik sampai kulinernya yang menguggah selera makan kita.

Ada banyak sekali kuliner khas Jepang yang sudah mendunia, termasuk salah satunya adalah shabu-shabu. Eiitts.. Shabu-shabu di sini tentu saja makanan, dan bukan sejenis obat-obatan terlarang yang memiliki nama serupa.

Apa itu Shabu-Shabu?

Shabu-shabu merupakan makanan khas Jepang yang termasuk kedalam jenis Nabemono berupa irisan daging sapi tipis dan dicelupkan ke sebuah wadah berisi air panas. Dalam panci berisi air panas tersebut juga terdapat sayur-sayuran seperti tofu/tahu, kuzukiri, wortel, dan masih banyak lagi.

Di Jepang, shabu-shabu dari irisan daging sapi disebut dengan Gyushabu. Sebenarnya tidak hanya sebatas daging sapi, tetapi sekarang ini shabu-shabu sudah bisa menggunakan varian daging lain sesuai selera, mulai dari daging ayam, daging ikan, daging domba, daging babi, ikan fugu, ikan kakap, gurita, dan aneka seafood lainnya.

Shabu-shabu mulai muncul Jepang pada tahun 1952, hanya perlu 3 tahun saja makanan ini sudah menjadi populer di seluruh negara Jepang. Pada awalnya shabu-shabu di masak diatas kompor arang, orang Jepang memberi nama kompor ini dengan huo gou zi. Dengan memasak menggunakan kompor arang, rasa irisan daging sapi akan semakin nikmat di lidah.

cara membuat shabu-shabu seafood

Shabu-shabu sendiri pada awalnya terinspirasi dari makanan khas Tiongkok bernama shuan yang rou. Makanan tersebut dibuat dari irisan daging domba yang dimasak di atas panci. Biasanya, orang-orang menyantap makanan ini ketika musim dingin tiba.

Para tentara Jepang yang sedang bertugas di Manchuria, Tiongkok, kemudian membawa makanan ini ke negeri asalnya. Di Jepang, bahan utama daging domba kemudian diganti dengan daging sapi dan bumbu-bumbunya juga disesuaikan dengan bumbu khas Jepang.

Untuk mendapatkan shabu-shabu Anda tidak perlu datang jauh-jauh ke Jepang, sebab di Indonesia sendiri telah ada banyak sekali resto yang menyajikan kuliner lezat satu ini seperti Hanamasa dan lainnya. Namun apabila Anda ingin memasak sendiri, silahkan simak resep shabu-shabu sederhana khas Jepang berikut ini.

Bahan-Bahan Shabu Shabu

resep shabu-shabu sederhana

Sebenarnya cara membuat shabu-shabu Jepang itu cukup praktis, hanya saja langkah pembuatan nanti agak sedikit panjang, oleh karenanya simak sajian resep pada kesempatan kali ini dengan seksama. Sebelum membuat, siapkan bahan-bahan seperti:

  • Rumput laut “kombu” cukup sepanjang kira-kira 8 cm.
  • Kubis cukup 1/2 bagian, dicuci dan dipotong.
  • “Shungiku” 1/2 bagian saja
  • ”Udon” sebanyak 1 bungkus
  • Jamur “enoki” sebanyak 1 bungkus
  • Jamur “shiitake.” Sebanyak 8 buah
  • Wortel sepanjang 5 cm sebanyak 2 buah, dipotong tipis-tipis.
  • Jamur “shimeji” cukup 1 bungkus
  • Tahu sebanyak 1 balok, dipotong kecil-kecil.
  • Bawang perai sebanyak 1 butir, dicuci dan dipotong kecil-kecil.
  • Daging sapi sirloin sebanyak 1kg, dipotong dengan sangat tipis.
  • Saus wijen secukupnya
  • Saus “Ponzu” sesuai selera masing-masing
  • Lobak parut secukupnya
  • Shichimi Togarashi (Cabai Jepang) sesuai kebutuhan

Cara Membuat Shabu-Shabu

Sekarang mari kita mulai mengolah resep shabu-shabu ini. Langkah pertama siapkan terlebih dahulu belanga atau pot tanah liat besar, lalu isi pot tersebut dengan menggunakan air sampai 2/3 bagian. Masukan rumput laut kering ke dalam pot berisi air tersebut, dan rendam juga “kombu” ke dalam pot tadi selama lebih kurang 30 menit.

Sambil menunggu, silahkan Anda potong sayur-sayuran yang telah dipersiapkan tadi dan cuci sampai bersih. Potong juga “enoki” lalu cuci bersih. Agar terlihat lebih cantik, Anda dapat mendekorasi jamur “shiitake” dan wortel jika mau.

Siapkan sebuah piring saji, atur semua bahan yang telah terpotong tadi masing-masing di atas piring tersebut. Siapkan juga mangkuk kecil untuk saus ponzu dan wijen. Selain itu jangan lupa, semangkuk nasi hangat untuk setiap orang yang ingin menyantap makanan ini.

Setelah “kombu” direndam selama 30 menit, ambil bahan tersebut dan rebus menggunakan api sedang sampai mendidih. Lalu tambahkan bahan kubis, wortel, jamur, dan tahu ke dalam air rebusan tersebut.

Apabila sudah terbentuk kaldu, letakan kompor tersebut di atas meja makan. Setiap orang yang ingin menikmati bisa merebus daging sapi irisannya sendiri. Caranya cukup dengan memasukan daging tersebut dengan menggunakan bantuan sumpit ke dalam kaldu mendidih.

Nah setelah semua daging matang, Anda dapat menikmati shabu-shabu tadi bersama dengan saus wijen. Cara menikmatinya adalah dengan mencelupkan daging sapi ke dalam suas menggunakan bantuan sumpit.

Manfaat Konsumsi Shabu-Shabu Bagi Tubuh Kita

Shabu-shabu tidak hanya nikmat dan lezat dikonsumsi, namun makanan satu ini juga mengandung beragam nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh kita mulai dari nutrisi di dalam daging sapi sampai sayur-sayuran yang digunakan. Beberapa di antaranya yakni:

  • Sumber protein yang cukup baik

Bagi Anda yang sedang membentuk tubuh six pack atau sedang melakukan diet, konsumsi shabu-shabu akan memberikan asupan protein ke dalam tubuh Anda. Kandungan protein sangat baik untuk membangun sel-sel otot yang baru sehingga tubuh Anda akan lebih langsing dan kencang secara alami.

  • Sumber nutrisi sayur yang lengkap

Shabu-shabu merupakan makanan khas Jepang yang terbuat dari sayuran. Bahan-bahan sayur inilah yang menjadi sumber nutrisi cukup baik. Mulai dari wortel (vitamin A dan C), kubis (mineral alami), dan rumput laut (lemak omega 3). Nutrisi tersebut juga sangat baik untuk mendukung tumbuh kembang si kecil.

  • Memberikan energi dan kalori yang cukup

Konsumsilah shabu-shabu ketika sarapan pagi, karena menurut orang-orang di Jepang kuliner satu ini mampu memberikan tenaga ekstra di pagi hari. Energi tersebut bisa kita dapatkan dari kalori dalam daging sapi, jamur, sayuran, dan bahan-bahan lainnya.

Bagaimana, tertarik untuk mencoba? Tunggu apalagi segera siapkan bahan dan masak sendiri di rumah. Selain praktis dalam memasaknya, resep di atas juga pastinya cocok untuk lidah orang indonesia. Itulah sajian informasi mengenai resep shabu-shabu khas Jepang yang dapat kami sampaikan. Selamat mencoba!

About the Author:

Bacaterus.com

Leave A Comment