bacaterus web banner retina
Bacaterus / Dapur / Resep Masakan / Resep Selai Srikaya Pandan yang Manis dan Juga Lezat

Resep Selai Srikaya Pandan yang Manis dan Juga Lezat

Ditulis oleh Bacaterus.com - Diperbaharui 29 Mei 2020

Selai merupakan salah satu bahan olesan yang sering kita manfaatkan ketika hendak mengonsumsi roti tawar ataupun makanan lainnya. Biasanya selai terbuat dari buah-buahan segar, meskipun tidak semua demikian. Pasalnya, ada pula selai yang tidak terbuat dari buah-buahan, yakni salah satunya adalah selai srikaya.

Mendengar nama “selai srikaya” pasti kita akan langsung membayangkan bahwa selai satu ini terbuat dari buah srikaya yang manis itu. Padahal anggapan tersebut adalah salah besar, karena selai satu ini tidak terbuat dari buah srikaya sedikit pun. Selai satu ini terbuat dari bahan dasar gula, telur, dan juga santan.

Bisa dibilang, sekarang ini selai srikaya sudah cukup populer sekali di Indonesia. Entah dari mana selai satu ini berasal, yang jelas kini selai tersebut banyak dijual di swalayan, supermarket, ataupun minimarket terdekat.

Tidak diketahui juga mengapa selai ini bisa dinamakan srikaya, padahal di dalamnya sama sekali tidak ada unsur buah srikaya. Jika boleh menebak, mungkin nama tersebut diberikan karena rasanya yang manis seperti buah srikaya. Penamaan tersebut mirip dengan kue biji ketapang, yang dinamai biji ketapang karena bentuknya yang mirip, bukan karena terbuat dari biji ketapang asli.

Penggemar selai srikaya sendiri juga sangat bervariasi, mulai dari kalangan anak-anak sampai orang dewasa menyukai selai satu ini. Selain ini biasanya dijual dalam bentuk jar di minimarket, supermarket, atau toko roti dan kue.

Sama halnya dengan selai pada umumnya, selai srikaya juga berguna sebagai bahan olesan sebelum mengonsumsi roti tawar ataupun jenis makanan lain. Rasanya yang manis dan nikmat, membuat semua kalangan menyukai selai satu ini. Terlebih apabila Anda membeli selai srikaya yang berkualitas bagus.

Kriteria Selai Srikaya Berkualitas Baik

resep selai srikaya pandan

Tidaklah semua selai srikaya yang dijual di supermarket, swalayan, ataupun minimarket itu berkualuitas tinggi. Nah agar Anda tidak tertipu dengan selai srikaya murahan, berikut ada beberapa ciri dan kriteria yang bisa Anda jadikan sebagai patokan sebelum membeli, di antaranya:

  • Pilih warna kuning kecoklatan dan kental
  • Perhatikan tekstur selai, pilihlah tekstur yang licin
  • Usahakan memilih selai srikaya yang memiliki aroma wangi

Tambahan: beberapa merek selai Sumatera Utara cukup terkenal akan kualitasnya, sebab selai dari sana dibuat dengan cara tradisional.

Memang cukup mudah sekarang ini untuk mendapatkan selai srikaya di swalayan ataupun toko lain, akan tetapi Anda juga harus mempertimbangkan mengenai higienitas dan keamanan bahan yang terkandung di dalamnya.

Pasalnya terdapat beberapa produk selai yang mengandung bahan pengawet tinggi. Di mana kandungan bahan pengawet tersebut sudah jelas cukup berbahaya bagi kesehatan Anda dan keluarga tercinta.

Jika Anda ingin menghemat pengeluaran, tidak perlu Anda membeli selai srikaya di supermarket ataupun swalayan. Sebab Anda pun bisa membuat selai lezat satu ini sendiri di rumah. Nah, berikut bacaterus.com akan mengulas resep selai srikaya tersebut untuk Anda.

Bahan-Bahan Selai Srikaya

Cara membuat selai srikaya sebenarnya cukup mudah, namun meskipun begitu Anda juga harus memperhatikan cara pembuatan yang benar agar hasilnya maksimal. Sebelum mengolah resep selai srikaya tersebut, siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu antara lain:

  • Santan kental yang masih segar sebanyak 200 cc
  • Gula jawa cukup sebanyak 50 gram
  • Kuning telur sebanyak 4 butir saja
  • Daun pandan sebanyak 3-4 lembar, potong-potong (bisa menggunakan essens pandan secukupnya)
  • Gula pasir sebanyak 4 sendok makan, haluskan.

Cara Membuat Selai Srikaya

Langkah pertama siapkan terlebih dahulu panci untuk merebus. Isi panci tersebut dengan air santan segar, daun pandan yang telah dipotong, dan gula yang telah kita persiapkan tadi. Panaskan sebuah bahan-bahan tadi sampai mendidih secara sempurna.

Usahakan ketika merebus bahan tersebut, Anda menggunakan api kecil dan sedang. Hal ini bertujuan agar tekstur santan tidak pecah-pecah. Sambil merebus aduk-aduk terus air santan tersebut. Apabila sudah mendidih matikan api dan sisihkan.

Selanjutnya kocok kuning telur yang telah dipersiapkan tadi dalam sebuah wadah. Kemudian ambil sedikit campuran santan tersebut dan masukan ke dalam kocokan telur tadi. Jika sudah tercampur dengan telur, masukan lagi ke dalam adonan santan. Jangan lupa aduk-aduk sampai semua bahan dapat tercampur secara merata.

Setelah tercampur secara merata, panaskan campuran tadi kembali dengan menggunakan api kecil. Sama seperti merebus langkah pertama tadi, berikan adukan secara perlahan agar tekstur santan tidak mudah pecah. Biasanya pemasakan ini memerlukan waktu sekitar 5 menitan, namun jika ingin lebih kental Anda dapat menambah waktu pemasakan sampai 10-15 menit (sesuai selera).

Apabila selai sudah mengental dan licin, silahkan angkat dan dinginkan. Selai srikaya ini sudah dapat digunakan, namun jika Anda ingin menyimpannya, silahkan tuangkan ke dalam toples dan tutup rapat sampai nanti digunakan sebagai olesan roti tawar.

Kesalahan Saat Membuat Selai Srikaya

cara membuat selai srikaya kalimantan

Memang resep selai srikaya dan cara membuatnya di atas terlihat cukup mudah, tetapi banyak pula yang masih gagal ketika membuat selai satu ini. Kegagalan dapat muncul disebabkan karena adanya kesalahan ketika proses memasaknya.

Biasanya memasak adonan dengan menggunakan api terlalu besar akan membuat tekstur selai srikaya bergumpal, kurang mulus, dan kurang licin. Hal ini tentu harus dihindari karena akan membuatnya terasa kasar ketika dikonsumsi.

Oleh sebab itu, ketika memasak lebih baik Anda perhatikan api yang digunakan. Usahakan menggunakan api yang kecil sampai sedang saja. Selain itu, perhatikan pula lama pemasakan. Sebab semakin lama Anda memasak, maka kekentalan selai akan semakin tinggi. Hal ini nantinya akan membuat selai susah menempel di roti tawar.

Membuat selai srikaya sendiri di rumah memiliki banyak sekali keuntungan. Mulai dari hemat/ekonomis, lebih higienis, terhindar dari pengawet, dan masih banyak lagi. Dengan mengikuti langkah-langkah pembuatan dia tas secara teliti dan benar, maka Anda akan mendapatkan selai srikaya yang memiliki rasa nikmat tiada duanya.

Demikian sajian informasi singkat seputar resep selai srikaya yang dapat kami berikan pada kesempatan kali ini. Semoga dapat bermanfaat dan menjadi sumber referensi masakan bagi Anda. Selamat mencoba!

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram