Bacaterus / Resep Masakan Indonesia / Resep Sayur Oyong Soun Bening yang Lezat

Resep Sayur Oyong Soun Bening yang Lezat

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Berbicara mengenai kuliner-kuliner yang ada di Indonesia tidak akan pernah ada habis-habisnya. Dari Sabang sampai Merauke, negara kita tercinta ini memiliki banyak varian kuliner yang cukup lezat. Termasuk salah satunya adalah kuliner sayur oyong yang berasal dari daerah Jawa.

Apa itu Oyong?

Oyong atau sering disebut orang Jawa sebagai Gambas, merupakan komoditi sayuran minor yang tergolong ke dalam family labu-labuan. Penanaman oyong biasanya dilakukan di pekarangan rumah atau ladang yang tidak digunakan. Bisa dibilang, oyong atau gambas masih berkerabat dengan belustru.

Habitat Oyong atau Gambas

Oyong termasuk ke dalam tanaman yang mudah hidup di mana saja. Termasuk ke dalam jenis tanaman merambat, oyong membutuhkan suhu panas dengan ketersediaan air yang cukup sepenjang tahun. Lingkungan yang sangat cocok untuk pertumbuhan tanaman oyong harus bersuhu sekitar 18-24 derajat celcius dan kelembaban mencapai 50 – 60 %.

Untuk mendapatkan hasil panen yang optimal, tanaman satu ini memerlukan tanah yang cukup subur, gembur, banyak mengandung humus, beraerasi serta berdrainase baik, mempunyai pH sekitar 5,5 – 6,8. Jenis tanah yang cukup ideal untuk menanam sayur oyong adalah tanah liat yang sedikit berpasir seperti tanah latosol, tanah aluvial, dan podsolik merah kuning.

Akan tetapi sekarang ini banyak sekali masalah yang membuat para petani kesulitan menanam sayur oyong. Biasanya masalah yang dihadapi berasal dari hama tanaman. Mulai dari ulat grayak, kumbang daun, lalat buah, layu bakteri, virus mosaik, dan masih banyak lagi. Hama-hama tersebut bisa mengakibatkan para petani sulit panen dengan hasil yang maksimal.

cara membuat sayur oyong

Meskipun tidak bisa panen secara optimal, biasanya ketika oyong masih dalam keadaan muda dipetik kemudian diolah menjadi sup atau sayur yang cukup lezat. Resep sayur oyong telah ada sejak jaman dahulu kala dan terpelihara sampai sekarang dengan cukup baik.

Nah bagi Anda yang ingin merasakan kelezatan olahan tanaman ini, kali ini bacaterus.com akan mengulas resep sayur oyong plus soun yang sangat lezat. Mari simak resep lengkapnya berikut ini.

Bahan-Bahan Sayur Gambas/Oyong

resep sayur oyong

Untuk membuat sayur oyong atau gambas sangatlah mudah sekali, yang perlu diperhatikan adalah oyongnya. Pilihlah oyong yang masih benar-benar muda, karena apabila terlalu tua biasanya akan menyebabkan rasa menjadi plain atau membosankan. Berikut beberapa bahan yang harus dipersiapkan antara lain:

  • Oyong ukuran sedang sebanyak 4 buah, dipotong-potong
  • Soun cukup dengan 50 gr, rendam air panas hingga mekar lalu tiriskan
  • Daun bawang cukup 1 batang, potong 1 cm
  • Bawang merah goreng untuk taburan sebanyak 1 sdm
  • Air sekiranya 700 ml
  • Minyak goreng sekitar 1 sendok makan

Bumbu halus:

  • Bawang putih ukuran besar sebanyak 2 butir
  • Merica bubuk cukup kiranya ½ sdt
  • Garam sekitar ½ sdm

Cara Membuat Sayur Oyong

Langkah pertama, panaskan terlebih dahulu minyak goreng di atas wajan. Tumislah bumbu-bumbu yang telah dipersiapkan tadi sampai mengeluarkan aroma harum, setelah itu masukan air dan tunggu hingga mendidih. Dalam memasak bumbunya, cukup gunakan api kecil sampai sedang saja agar bisa matang secara sempurna.

Apabila telah mendidih, masukan sayur oyong yang telah dipotong-potong. Masaklah sayur oyong tersebut sampai matang. Agar lebih empuk, sebelum memasukan sayur Anda juga bisa mengupas bagian lekukan kulit oyongnya.

Jika oyong sudah masak dan empuk, masukan soun dan daun bawang yang telah dipotong. Masak dengan menggunakan api sedang sampai matang sekiranya 10 menitan saja. Sekarang tuang masakan tadi ke dalam mangkuk, lalu taburi dengan bawang goreng yang telah dipersiapkan. Sajikan selagi masih hangat.

Agar lebih nikmat lagi, Anda juga dapat menambahkan berbagai macam bahan lainnya ke dalam sayur oyong ini, mulai dari bakso, tahu, misoa, wortel, kembang kol, hingga bihun. Beberapa macam seafood seperti udang dan teri juga bisa Anda campurkan ke dalamnya.

Sebenarnya bahan apa saja bisa Anda masukan sebagai pelengkap sayur oyong. Sesuaikan bahan-bahan tersebut dengan selera Anda masing-masing. Dengan begitu, rasa sayur oyong yang dihasilkan tidak akan hambar.

Manfaat Konsumsi Sayur Oyong Bagi Kesehatan

Sayur oyong ternyata tidak hanya lezat dan segar dikonsumsi, kuliner satu ini juga memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan. Adapun manfaat konsumsi sayur oyong bagi kesehatan antara lain seperti:

  • Menurunkan kadar gula darah tinggi dan mencegah diabetes
  • Menyembuhkan penyakit radang usus
  • Mengobati penyakit asma
  • Meningkatkan air susu ibu (ASI)
  • Mencegah penyakit pilek
  • Mencegah dan mengatasi peradangan
  • Menormalkan siklus menstruasi bagi wanita
  • Mengatasi nyeri otot berlebihan

Selain bermanfaat untuk dunia kesehatan, sayur oyong ternyata juga baik untuk kecantikan. Menurut Wikipedia, sayur oyong apabila digosokan ke seluruh bagian wajah akan membantu pengangkatan sel-sel kulit mati. Sehingga sangatlah baik untuk mencerahkan kulit dan mengatasi flek hitam.

Kandungan Gizi Sayur Oyong

Semua manfaat baik di atas didapatkan dari kandungan nutrisi yang ada di dalam sayur oyong. Adapun kandungan nutrisi yang ada di setiap 100 gram sayur oyong antara lain adalah:

  • 09 gram protein
  • Kalsium sebanyak 17 mg
  • Zat besi sebanyak 1.6 mg
  • Vitamin A sebanyak 5.6 IU
  • Vitamin C sebanyak 7 mg.

Bagaimana, tertarik mencoba sayur asli Indonesia ini? Seperti itulah ulasan informasi mengenai resep sayur oyong yang dapat kami sajikan. Apabila penasaran, langsung saja simak dan coba resep diatas sendiri di rumah. Selamat mencoba!

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *