Bacaterus / Resep Masakan Indonesia / Resep Sayur Labu Siam Santan Khas Lebaran

Resep Sayur Labu Siam Santan Khas Lebaran

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki kekayaan cukup fantastik. Tidak hanya kaya pada sumber daya alamnya saja, tetapi Indonesia juga kata akan masakan kuliner khasnya. Salah satu kuliner khas Nusantara yang sejak dulu sampai sekarang masih tetap eksis adalah sayur labu siam.

Menurut catatan sejarahnya sendiri, sayur labu siam belum diketahui dari mana asalnya. Namun, kuliner satu ini dipercaya sudah ada sejak jaman dahulu dan populer di Sunda, Betawi, dan Jawa. Tumisan bumbu rempah yang khas, membuat sayur labu siam ini sangat cocok dijadikan lauk sarapan.

Untuk menemukan sayur labu siam di pasaran memang cukup sulit. Mengingat kuliner satu ini termasuk ke dalam lauk rumahan, di mana hanya para ibu-ibu saja yang mau membuatnya. Meskipun sulit kita temui, Anda masih bisa membuat sayur siam sendiri di rumah.

Cara membuat sayur labu siam sebenarnya sangatlah mudah sekali. Selain mudah, bahan-bahan yang diperlukan pun juga banyak tersedia di pasaran. Biasanya sayur satu ini disajikan bersama lontong, namun jika ingin membuatnya sendiri Anda dapat menyajikannya bersama nasi putih hangat saja agar lebih praktis.

Sayur labu siam juga biasanya banyak disajikan pada saat lebaran, baik itu Idul Fitri ataupun Idul Adha. Pada saat Idul Fitri, sayur ini biasanya disajikan bersama dengan makanan khas lainnya seperti ketupat, rendang, dan opor ayam.

resep sayur labu siam santan kuning

Sedangkan pada saat Idul Adha, maka sayur labu siam ini akan menemani berbagai olahan daging kambing dan sapi seperti sop iga sapi dan sop kambing bening. Sayur labu siam ini biasanya menjadi alternatif bagi orang yang tidak suka dengan daging kambing atau sapi tersebut.

Bahan-Bahan Sayur Labu Siam

Sebelum kita membahas mengenai resep sayur labu siam, Anda harus menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Bahan-bahan resep ini bisa Anda dapatkan di pasar tradisional ataupun warung terdekat, bahan-bahan tersebut antara lain seperti:

  • Labu siam cukup dengan 1 buah
  • Garam sekiranya sebanyak 1 sdt
  • Minyak goreng cukup dengan 2 sdm
  • Cabai merah sebanyak 1 buah, iris serong
  • Bawang putih cukup 2 siung, iris
  • Bawang merah sebanyak 4 butir, iris
  • Tempe sekiranya 50 gram,potong dadu
  • Daun salam cukup 1 lembar
  • Lengkuas berukuran 3 cm, memarkan
  • Santan sebanyak ½ gelas, dari ¼ butir kelapa
  • Merica bubuk sekitar ¼ sdt
  • Gula pasir sekiranya ½ sdt

Cara Membuat Sayur Labu Siam

Jika semua bahannya sudah siap, sekarang mari kita mengolah resep sayur labu siam ini. Langkah pertama kupas terlebih dahulu labu siam yang telah kita persiapkan tadi. Kemudian potong labu siam tersebut membentuk batang korek api kecil-kecil saja.

Setelah itu, campurkan potongan labu siam tersebut bersama dengan 1/2 sendok teh garam halus, remas menggunakan tangan agar merata lalu diamkan sekitar 5 menitan agar meresap. Lalu cuci bersih labu siam yang telah dipotong kecil-kecil tadi.

Selanjutnya tumislah cabai, bawang putih, dan bawang merah sampai mengeluarkan aroma yang harum. Masukan tempe, daun salam, dan lengkuas kemudian masak sampai mengeluarkan aroma wangi. Sebaiknya dalam menumis gunakan api yang kecil sampai sedang saja agar tak mudah gosong.

Sekarang masukan labu siam yang telah dicuci tadi ke dalamnya. Sambil memasukan labu siam, tuang juga santan ke dalam tumisan tersebut lalu tambahkan 1/2 sendok teh garam, merica, dan juga gula. Aduk-aduk semua bahan tersebut sampai merata sambil memasak menggunakan api sedang.

Tunggu hingga labu siam menjadi matang dan kuah santan mengental secara sempurna. Apabila sekiranya sudah matang, tuang dalam sebuah mangkuk dan sajikan. Agar lebih nikmat, Anda bisa menambahkan bahan pelengkap berupa bawang goreng sebagai taburannya.

Jika ingin sayur labu siam yang pedas, maka Anda dapat menambahkan cabe yang digunakan hingga sesuai dengan tingkat kepedasan yang diinginkan. Agar lebih bervariasi, maka Anda juga dapat menambahkan potongan tahu putih ke dalam sayur ini.

Pada saat hari lebaran, sayur labu siam ini sangat pas dinikmati bersama dengan ketupat dan juga rendang. Namun jika tidak ada ketupat, maka Anda juga dapat menyajikannya bersama lontong biasa ataupun nasi putih.

Manfaat Labu Siam Bagi Kesehatan

Sayur labu siam tidak hanya segar dan nikmat dikonsumsi, tetapi kandungan nutrisi yang terdapat dalam labu tersebut juga dipercaya memiliki manfaat cukup besar bagi kesehatan tubuh kita. Apa sajakah manfaat labu siam itu?

  • Mampu menurunkan berat badan

Sama seperti jenis labu-labu pada umumnya, labu siam ini mengandung kalori dan lemak yang cukup rendah. Menurut para ahli gizi, kandungan kalori dalam 100 gram labu siam hanya sekitar 16 kalori saja. Dengan demikian, konsumsi labu siam tidak akan membuat berat badan Anda naik. Malahan akan sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan.

cara membuat sayur labu siam lebaran

  • Mencegah bayi lahir cacat

Folat merupakan nutrisi yang cukup penting untuk memelihara pertumbuhan janin dalam kandungan. Sebab kandungan folat tersebut dapat melancarkan pembelahan sel dalam tubuh. Bagi Anda ibu hamil, konsumsilah labu siam secara rutin agar janin dalam kandungan lahir normal. Mengingat labu ini mengandung folat yang mampu mencukupi sekitar 20 % dari kebutuhan normal si janin.

  • Mencegah penyakit kanker mematikan

Labu siam termasuk kedalam sayur-sayuran yang mengandung senyawa antioksidan cukup tinggi. Kandungan antioksidan ini berperan penting dalam mencegah serangan radikal bebas penyebab kanker. Konsumsilah labu siam secara rutin agar tubuh Anda mendapatkan antioksidan apigenin dan luteolin yang membantu mencegah kanker mematikan.

  • Memberikan stamina lebih

Sayur tumis labu siam sangat cocok dikonsumsi ketika sarapan. Karena labu jenis satu ini mengandung senyawa potassium yang cukup tinggi, yakni sekitar 125 mg dalam 100 gram labu siam. Potassium sendiri merupakan senyawa yang cukup baik untuk memberikan energi/stamina ekstra bagi tubuh kita.

  • Mencegah penuaan dini

Bagi Anda yang ingin tampil awet muda, konsumsi labu siam bisa menjadi salah satu cara yang bisa ditempuh. Labu siam mengandung senyawa flavonoid yang cukup tinggi. Kandungan tersebut dipercaya mampu seperti reactive oxygen species (ROS) penyebab munculnya keriput, kerutan, dan garis-garis yang merupakan tanda awal penuaan dini.

Bagaimana, sekarang tertarik mencoba sayur labu siam? Nah seperti itulah resep sayur labu siam yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat menjadi panduan resep masakan yang lezat untuk hari lebaran Anda bersama keluarga. Selamat mencoba!

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *