Bacaterus / Resep Masakan Indonesia / Resep Sayur Bobor Kacang Panjang Khas Purwokerto

Resep Sayur Bobor Kacang Panjang Khas Purwokerto

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Pernahkah Anda mencicipi Sayur Bobor? Jika belum maka silahkan datang ke Purwokerto mengingat di sana merupakan pusat dan awal mula munculnya kuliner lezat satu ini. Sayur ini menggunakan kuah yang berasal dari santan, sehingga menghasilkan sebuah rasa segar dan gurih di lidah.

Di tempat asalnya sana Sayur Bobor biasanya disajikan bersama dengan gorengan, seperti tempe dan tahu. Untuk menemui kuliner ini sangatlah mudah sekali di Purwokerto, karena hampir setiap warung pasti menyediakannya. Mulai dari warung makan kecil sampai dengan warung makan yang sudah besar dan terkenal.

Namun Anda tidak perlu datang jauh-jauh kesana hanya sekedar untuk membeli kuliner satu ini, karena pada kesempatan kali ini bacaterus.com akan mencoba berbagi resep Sayur Bobor kacang panjang yang sangat nikmat dan bergizi tinggi. Penasaran? Yuk! Simak informasinya berikut ini.

Bahan-Bahan Sayur Bobor

Cara membuat Sayur Bobor sebenarnya sangatlah mudah sekali, tanpa harus Anda memiliki skill memasak yang tinggi pun bisa. Selain mudah membuatnya, bahan yang dibutuhkan juga tidaklah terlalu sulit kita dapatkan. Berikut bahan yang harus Anda persiapkan terlebih dahulu:

  • Santan kelapa sebanyak 2 gelas, bisa mengambilnya dari ¼ butir kelapa.
  • Daun salam segar cukup dengan 2 lembar
  • Tempe yang sudah setengah buruk (busuk) 50 gram, potong dadu
  • Kacang panjang sebanyak 2 ikat, potong ukuran 3 cm.

Bahan Bumbu Halusan Sayur Bobor:

  • Bawang putih cukup dengan 2 siung saja, haluskan
  • Bawang merah sebanyak 4 butir, haluskan
  • Kencur berukuran 2 cm cukup 1 buah saja
  • Garam sekiranya 1/2 sendok teh.

Cara Membuat Sayur Bobor

resep sayur bobor

Jika semua bahan sudah terkumpul, sekarang kita dapat mulai mengolah resep sayur bobor ini. Langkah pertama silahkan panaskan sebuah wajan kecil dengan minyak secukupnya. Kemudian tumis bumbu-bumbu halusan tadi sampai mengeluarkan aroma yang harum atau wangi, diamkan sejenak.

Dalam panci yang berbeda, rebuslah santan sampai mendidih. Selagi merebus usahakan aduk-aduk dengan lembut agar tekstur santan tidak menjadi pecah-pecah. Setelan santan mendidih sempurna, masukan bahan-bahan utama seperti kacang panjang, tempe, daun salam, dan bumbu halusan yang telah kita tumis tadi ke dalam rebusan santan tersebut.

Sekarang kita tinggal memasak bahan-bahan tadi sampai matang secara sempurna. Usahakan kacang panjang yang Anda masukan sudah matang, caranya bisa diambil satu dan cicipi apakah sudah empuk atau belum.

Pastikan pula bumbu yang digunakan sudah pas, jika masih kurang gurih silahkan tambahkan santan dan garam. Setelah matang sempurna tuang sayur tersebut ke dalam sebuah mangkuk dan sajikan selagi masih hangat.

Sayur bobor ini sangat nikmat apabila disajikan dengan sepiring nasi hangat untuk makan siang Anda. Anda juga dapat menyajikannya bersama dengan tempe mendoan yang sedap dan pernah kami ulas cara membuatnya di artikel ini.

Sayur bobor ini juga sangat lezat sekali apabila Anda santap ketika musim hujan tiba. Sebab kuahnya yang hangat akan membuat tubuh semakin berstamina dan bersemangat untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Selain menggunakan kacang panjang, Anda juga dapat mengganti atau menambahkan sayuran lainnya ke dalam sayur tersebut seperti bayam, labu, kangkung, sawi hijau, sawi putih, singkong, jagung, dan lembayung. Silahkan sesuaikan bahannya dengan selera Anda.

Manfaat Kacang Panjang Dalam Sayur Bobor

Selain nikmat disantap, ternyata sayur bobor kacang panjang juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Manfaat tersebut dapat muncul berasal dari bahan kacang panjang yang digunakan. Apa sajakah manfaat kuliner khas Purwokerto satu ini?

  • Mencegah penyakit diabetes

Semua jenis kacang-kacangan, termasuk kacang panjang pada pada dasarnya mengandung kalori yang cukup rendah. Kandungan rendah kalori inilah yang cukup berkhasiat untuk mengontrol kadar gula dalam darah, sehingga cukup baik untuk mencegah munculnya penyakit gula (diabetes).

  • Menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung

Kacang panjang mengandung nutrisi vitamin K yang cukup tinggi. Menurut para ahli kandungan tersebut sangatlah baik untuk menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung. Mengingat vitamin K bermanfaat melebarkan pembuluh darah dan mencegah penyumbatan saluran menuju jantung.

  • Sumber antioksidan baik untuk tubuh

cara membuat sayur bobor

Antioksidan berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh, sebab antioksidan mampu menangkal berbagai macam serangan penyakit. Konsumsilah kacang panjang secara rutin untuk mendapatkan kandungan nutrisi vitamin C dan beta karoten yang bersifat seperti antioksidan.

  • Mencegah osteoporosis

Bagi Anda yang sudah memasuki usia 40 tahun, konsumsi sayur bobor sangatlah bermanfaat. Sebab sayur ini mengandung mineral alami berupa kalsium, zat besi, fosfor, magnesium yang terbukti sangat baik untuk mencegah keropos atau osteoporosis tulang. Nutrisi tersebut banyak terdapat pada bahan santan dan kacang panjang.

  • Menjaga sistem pencernaan

Kacang panjang cukup terkenal dengan kandungan serat atau fibernya. Menurut para ahli, kandungan serat tersebut sangatlah baik untuk menjaga sistem pencernaan agar berjalan lancar tanpa adanya gangguan.

  • Meningkatkan kecerdasan otak

Jika Anda memilih si kecil, berikanlah ia konsumsi sayur bobor. Sebab asam folat pada santan dan vitamin B1 pada kacang panjang sangatlah bermanfaat untuk meningkatkan kinerja saraf pusat. Sehingga otak si kecil akan lebih pandai dan cerdas dalam memecahkan sebuah masalah.

  • Sumber energi dan keperkasaan

Manfaat sayur bobor kacang panjang yang terakhir adalah sumber energi. Konsumsilah sayur ini dalam keadaan hangat ketika Anda sedang letih, lesu, dan capek. Dengan konsumsi secara rutin, keperkasaan Anda pun juga akan meningkat.

Itulah sajian informasi seputar cara membuat Sayur Bobor yang dapat kami sampaikan. Resep Sayur Bobor tersebut kami ambil dari Purwokerto secara langsung, sehingga Anda tidak perlu cemas dengan rasa yang dihasilkan nantinya. Cukup ikuti langkah di atas dengan baik dan benar, Anda akan mendapatkan Sayur Bobor lezat khas Puwokerto. Selamat mencoba!

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *