Bacaterus / Food and Recipe / Resep Masakan Asia / Resep Sapo Tahu Seafood Oriental Yang Enak

Resep Sapo Tahu Seafood Oriental Yang Enak

Musim hujan memang sangat pas apabila kita menyantap makanan-makanan yang hangat. Karena dengan menyantap makanan hangat, kita tidak akan merasa kedinginan lagi. Ada banyak sekali makanan hangat yang bisa kita coba, salah satunya adalah sup sapo tahu.

Sapo tahu dijamin akan membuat badan Anda lebih hangat ketika musim dingin atau musim penghujan tiba. Dengan kuah kental dan gurih, sapo tahu sangat nikmat dimakan bersama keluarga tercinta ataupun teman-teman.

Apa Itu Sapo Tahu?

Mungkin banyak di antara kita yang bertanya-tanya apa itu sapo tahu. Sebenarnya makanan satu ini sudah cukup populer di Indonesia. Bagi Anda yang sering mengunjung restoran Chinese pasti kenal dengan sapo tahu. Sebab makanan Cina ini sering disajikan di restoran-restoran Chinese.

Sapo tahu merupakan sejenis kuliner dalam bentuk sup. Nama “sapo” sendiri berasal dari panci yang digunakan untuk memasak makanan ini, yakni panci sapo alias claypot. Panci ini berbeda dengan panci pada umumnya, sebab claypot terbuat dari bahan keramik sehingga panci ini dapat menahan panas sup sampai tetes terakhir.

Seiring dengan perkembangannya, sapo tidak hanya menggunakan bahan dasar tahu saja tetapi sekarang ini telah ada banyak sekali varian resep sapo, mulai dari sapo seafood, sapo daging sapi, sapo daging ayam, sapo tahu seafood, sapo seafood spesial ayam, dan masih banyak lagi. Dengan berbagai macam variasi sapo tersebut, sup satu ini memiliki rasa yang menggoda.

resep sapo tahu seafood

Sapo semakin nikmat dikonsumsi dengan tambahan bahan-bahan pelengkap seperti sayur wortel, jamur, sawi, brokoli, dan masih banyak lagi. Sementara itu bahan pelengkap sapo tahu biasanya juga ditambahkan daging cumi, udang, salmon, dan lain sebagainya.

Kuah yang kental dan gurih memang menjadi ciri khas dari kuliner Cina satu ini.  Untuk bisa mencicipi kuliner lezat tersebut, Anda dapat menuju beberapa alamat rumah makan berikut ini:

1. Sapo Oriental
– Alamat: Mal Taman Anggrek Lt. 3 (Jl. Letjen S. Parman No.21 Jakarta Barat)
– No. Telp: 021-5639342

2. Ta Wan Restaurant
-Alamat: Setiabudi One Lt. 1 Unit 202-203 (Jl. HR Rasuna Said Kav 62 Jakarta Selatan)
-No. Telp: 021-5215118

3. Sapo Sapo Restaurant
– Alamat: Plaza Bapindo Menara I Lantai Basem (Jl. Jend. Sudirman Kav 54-55 Jakarta Selatan)
– No. Telp: 021-5275464

4. Olive Family Resto
– Alamat: Jl. Cikajang No.44 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.
– Telp: 021-7233352

Selain menikmati sapo di restoran-restoran di atas, Anda sebenarnya juga bisa membuat kuliner satu ini sendiri di rumah. Karena cara membuat sapo tahu seafood sebenarnya sangatlah mudah sekali. Nah bagi Anda yang ingin memasak sendiri di rumah, silahkan simak sajian informasi mengenai resep sapo tahu seafood yang akan kami sajikan pada kesempatan kali ini.

Bahan-Bahan Sapo Tahu Seafood

Sebelum kita memulai membuat kuliner khas Cina ini, lebih baik Anda persiapkan bahan-bahan yang diperlukan terlebih dahulu. Bahan-bahan untuk membuat sapo tahu seafood ini memang cukup banyak sehingga Anda harus teliti agar jangan sampai ada yang terlewat. Bahan-bahannya tersebut antara lain:

  • Minyak goreng cukup 25 ml
  • Kulit udang sebanyak 200 gr
  • Bawang putih cukup 2 siung, geprek
  • Kaldu ayam sebanyak 500 ml
  • Wortel sebanyak 3 batang, iris tipis dan rebus
  • Jamur shitake sebanyak 5 buah, iris tipis
  • Daun pokchoy sebanyak 2 batang, di kukus sebentar
  • Tahu sutra cukup 300 gr, potong bundar dan goreng hingga coklat keemasan
  • Bawang bombay cukup 1/2 siung
  • Udang sebanyak 7 ekor
  • Daging ikan dory (bisa ikan jenis lain) sebanyak 7 potong
  • Jamur shimeji cukup 100 gr
  • Saus tiram sekiranya 2 sdm
  • Minyak wijen sebanyak 1 sdm
  • Minyak ikan sebanyak 2 sdm
  • Cumi sebanyak 100 gr, ambil badannya bersihkan dalamnya
  • Tepung maizena sebanyak 3 sdm yang dilarutkan

Cara Membuat Sapo Tahu Seafood

Sekarang mari kita mulai mengolah resep sapo tahu seafood ini. Pertama kalinya siapkan sebuah panci terlebih dahulu, lalu isi dengan minyak secukupnya saja. Masukan kulit udang ke dalam panci tersebut dan rebuslah sampai berubah warna menjadi kemerah-merahan. Anda bisa menumis dengan menggunakan api kecil agar matang secara merata.

Selanjutnya masukan bawang putih yang telah digeprek ke dalam tumisan tersebut. Tumislah lagi sambil mengaduk-aduk sampai mengeluarkan aroma yang harum/wangi.

Sekarang ambil kaldu ayam yang telah disiapkan tadi, lalu tuang kaldu tersebut ke dalam tumisan. Masak dan tunggu sekitar 10 menitan. Setelah itu saring kaldu ayam tadi dan pisahkan dengan kulit udangnya. Sisihkan terlebih dahulu.

Di wajan yang berbeda, silahkan tumis bawang bombai dengan minyak secukupnya sampai mengeluarkan aroma yang harum atau wangi. Lalu campurkan tumisan bawang bombay tadi bersama dengan kaldu ayam yang telah kita buat tadi.

Selanjutnya masukan semua bahan-bahan yang lain ke dalam masakan tersebut. Pastikan api yang Anda gunakan kecil sampai sedang. Berikan garam dan lada, rasakan apakah sudah pas. Jika kaldu terlalu kental silahkan tambahkan sedikit air sesuai selera Anda masing-masing.

Jika sudah matang, silahkan angkat dan pindahkan sapo tahu ini ke dalam mangkuk. Sajikan sapo tahu seafood bersama dengan nasi hangat untuk keluarga tercinta di kala cuaca sedang dingin ataupun saat bersantai.

Bagaimana, mudah bukan? itulah tadi informasi resep sapo tahu seafood lezat yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga dapat bermanfaat dan menjadi sumber referensi masakan bagi Anda. Selamat mencoba!

Topik Terkait: ,

Artikel Terkait

About the Author:

Bacaterus.com

Leave A Comment