Bacaterus / Makanan Jawa / Resep Sambal Tumpang Lezat Khas Kota Kediri

Resep Sambal Tumpang Lezat Khas Kota Kediri

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Berbicara mengenai kuliner pedas seperti sambal dan sebagainya, Indonesia adalah juaranya. Dari Sabang sampai Merauke Indonesia memiliki banyak sekali sajian kuliner sambal yang cukup menggoda lidah. Ada sambal pecel dari Jawa, sambal bajak dari Betawi, sampai sambal tumpang yang berasal dari Kota Kediri.

Bagi orang kediri sambal tumpang tentunya sudah tidak asing lagi, sebab di sana sendiri merupakan asal dari sambal satu ini. Untuk menemui sambal tumpang di Kediri sangatlah mudah, hampir di setiap warung makan pasti menjajakan menu tersebut.

Namun tidak perlu Anda datang jauh-jauh ke sana, karena pada kesempatan kali ini bacaterus.com akan mencoba berbagi resep Sambal Tumpang dan cara membuatnya. Penasaran? Mari simak terus informasinya.

Sejarah Singkat Sambal Tumpang

Sambal Tumpang khas Kediri sebenarnya sudah ada sejak jaman dahulu kala, kuliner satu ini banyak dimanfaatkan oleh warga sebagai acara ritual seperti saat kondangan, syukuran, guwakan di sawah, dan masih banyak lagi.

Bahan untuk membuat Sambal Tumpang sendiri tergolong cukup unik. Menurut cerita warga di Kediri, sambal satu ini tidak bisa dibuat dari tempe selain kota asalnya. Jikalau pun bisa membuat sambal satu ini, biasanya rasa sambal tersebut tidak seenak sambal khas Kediri.

resep sambal tumpang kediri

Munculnya cerita yang cukup unik tersebut seakan menjadikan sambal satu ini cukup fenomenal. Terbuat dari tempe, untuk membuat sambal ini kita tidak boleh menggunakan tempe pada umumnya sebab tempe yang digunakan harus sudah busuk atau yang sudah difermentasi cukup lama.

Tempe yang sudah busuk tersebut dinamakan tempe bosok. Biasanya terdapat warna abu-abu dengan bau yang khas pada tempe tersebut. Meskipun sudah busuk, Anda tidak perlu jijik karena tempe tersebut akan kembali dimasak sehingga menjadi nikmat seperti sedia kala.

Orang-orang Kediri juga menyebut kuliner ini dengan Nasi Tumpang atau pecel tumpang. Ada 2 jenis Nasi Tumpang asal Kediri, yakni Nasi Tumpang tempe busuk dengan kuah agak sedikit tidak kental dan butiran tempe kasar. Serta satunya lagi adalah Nasi Tumpang dengan tempe biasa tetapi kuah kental dan terdapat penambahan tepung.

cara membuat sambal tumpang

Biasanya orang-orang Kediri menikmati kuliner satu ini dengan menggunakan daun pisang (pincuk). Menariknya lagi, untuk memasukan makanan tersebut ke mulut mereka tidak menggunakan sendok, tetapi menggunakan daun pisang juga, orang disana menyebutnya dengan suru.

Selain di Kediri, sambal tumpang juga cukup populer di daerah Jawa lainnya seperti Solo, Salatiga, dan Boyolali. Masing-masing daerah tersebut memiliki ciri khasnya masing-masing sehingga sambal tumpang ini semakin bervariasi.

Bahan-Bahan Sambal Tumpang Kediri

Sebenarnya cara membuat Sambal Tumpang itu sangatlah mudah sekali, hanya mungkin bahan-bahan yang kita butuhkan nanti agak sedikit lebih banyak. Berikut bahan-bahan yang harus Anda persiapkan terlebih dahulu.

Bahan-bahan rebusan:

  • Tetelan daging sapi sebanyak 1/4 kg, potong kecil-kecil
  • Lengkuas berukuran 1 1/2 cm, memarkan
  • Daun salam sebanyak 3 helai
  • Tempe semangit/tempe busuk cukup 200 gram
  • Bawang putih sebanyak 3 butir
  • Bawang merah sebanyak 6 siung
  • Cabai rawit sekitar 7 buah, pedasnya sesuai selera
  • Cabai merah sebanyak 7 buah
  • Kencur berukuran 3 cm
  • Daun jeruk sebanyak 3 lembar.

Bahan-bahan lainnya (tidak direbus):

  • Garam sebanyak 4 sendok teh, haluskan
  • Gula pasir sekiranya 1 1/2 sendok teh, haluskan
  • Santan sebanyak 600 ml
  • Kerupuk atau rambak secukupnya
  • Petai sebanyak 15 buah, kupas kulit
  • Urapan sayur dan rempeyek (bahan pelengkap)

Cara Membuat Sambal Tumpang Khas Kediri

Untuk mengolah resep sambal tumpang ini, langkah pertama siapkan dahulu sebuah panci rebus dengan air secukupnya saja. Lalu semua bahan rebusan di atas silahkan masukan ke dalam panci rebus tersebut, kecuali tempe. Rebuslah semua bahan sampai setengah matang, apabila sudah setengah matang masukanlah tempenya.

Ketika memasak pastikan api yang Anda gunakan kecil, ini bertujuan agar tetelan daging sapi bisa matang dan empuk. Sesekali Anda beri juga adukan lembut agar semua bahan rebusan matang merata. Apabila daging sapi sudah agak empuk, angkat rebusan tersebut.

Selanjutnya pisahkan antara bahan dan air rebusan tadi, caranya bisa dengan menyaring bahan tersebut. Jika sudah, letakan bahan-bahan yang telah direbus di atas cobek, kemudian uleg sampai semua bahan menjadi halus dan tercampur secara merata. Jangan lupa tambahkan lengkuas dan daun salam ketika menghaluskan bahan-bahan rebusan tadi.

Sekarang kita akan merebus kembali halusan tersebut, namun tidak menggunakan air melainkan santan. Caranya masukan bahan halus tadi bersama dengan santan kedalam panci, lalu rebuslah sampai matang dan mengeluarkan bau harum.

Setelah santan tersebut mendidih dan meletup-letup, masukan bahan lainnya seperti garam, gula pasir, dan petai. Masak kembali semua bahan tersebut sampai agak mengental tetapi jangan terlalu kental, sisakan sedikit air agar nikmat saat dikonsumsi.

Sebenarnya sampai di sini sambal tersebut sudah jadi, Anda bisa merasakan apakah sudah pas atau belum. Jika belum silahkan tambahkan garam ataupun santan agar semakin gurih dan nikmat. Sajikan Sambal Tumpang tadi bersama dengan bumbu pelengkapnya. Seperti kerupuk, rambak, urapan sayur, ataupun rempeyek kacang dan teri.

Tips Penyajian Sambal Tumpang Agar Lebih Nikmat

Untuk menyajikan kuliner khas Kediri ini sebenarnya cukup mudah, tetapi agar lebih nikmat Anda bisa mengonsumsinya di atas sepiring nasi. Caranya siapkan nasi kemudian siram dengan menggunakan sambal satu ini. Selain nasi, Anda bisa juga menyiramkan sambal ini diatas rebusan bayam.

Sambal Tumpang akan semakin lebih nikmat lagi apabila Anda konsumsi di atas lembaran daun pisang. Sebab aroma khas dari daun pisang akan membuat nafsu makan semakin naik. Namun pastikan dulu daun pisang yang Anda gunakan bersih/higienis. Sehingga tidak menimbulkan penyakit nantinya.

Itulah informasi mengenai resep Sambal Tumpang khas Kediri yang dapat kami sampaikan. Bagi Anda yang menyukai kuliner pedas, tentu jangan sampai kelewatan untuk mencobanya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba di rumah!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *