Bacaterus / Resep Masakan Ikan / Resep Sambal Pecel Lele yang Enak & Spesial Khas Lamongan

Resep Sambal Pecel Lele yang Enak & Spesial Khas Lamongan

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Indonesia merupakan negara kepulauan yang menyimpan berbagai macam kuliner-kuliner lezat. Dari Sabang sampai Merauke, kuliner khas Indonesia sangat banyak sekali. Salah satu kuliner khas Nusantara yang sudah melegenda dan populer adalah pecel lele.

Makanan satu ini berasal dari kawasan Jawa Timur dan sekitarnya. Untuk bisa menikmati makanan satu ini cukup mudah, karena hampir disetiap warung makan di kawasan Jatim pasti menyediakannya, terutama daerah Lamongan. Bahkan sekarang ini pecel sudah banyak disajikan di resto-resto besar.

Apa Itu Pecel Lele?

cara membuat sambal pecel lele lamongan

Mendengar nama pecel pasti kita akan terbayang sebuah sayuran rebus yang disiram dengan menggunakan sambal kacang dan disajikan dengan menggunakan daun pisang. Terkadang pecel juga sangat nikmat apabila kita konsumsi bersama dengan gorengan bakwan, tahu, ataupun tempe tepung.

Pertama kalinya pecel lele diperkenalkan di Jawa Timur. Seiring dengan perkembangannya, pecel di ibukota tidak disebut seperti namanya. Disana pecel disebut dengan “pecek” yang mana merupakan makanan yang dipenyet dan disiram dengan menggunakan sambal. Ada pecek lele, pecek ayam, dan pecek terong.

Di Jakarta, nama kuliner khas pecek Jawa Timur bersaing ketat dengan pecak. Bahan yang digunakan untuk membuat pecak pun hampir sama dengan pecek di mana pecak menggunakan daging ikan air tawar yang salah satunya adalah ikan lele goreng. Perbedaannya, sambal pecak lebih berkuah dan terdapat santan, sedangkan pecek hanya menggunakan bahan cabe, trasi, dan bawang saja.

Melihat kondisi tersebut, kemudian penyebutan pecek dikalahkan dengan menggantinya menjadi “pecel”. Sehingga terciptakan pecel lele yang sekarang ini sudah cukup populer di berbagai daerah di Indonesia.

Nah, pada kesempatan kali ini bacaterus.com tidak akan mengulas secara keseluruhan mengenai resep pecel lele tersebut, melainkan hanya akan mengulas resep sambal pecel lele saja. Pasalnya, sambalnya ini merupakan inti dan ciri khas dari pecel lele tersebut.

Bahan-Bahan Sambal Pecel Lele

Bahan yang digunakan untuk membuat sambal pecel lele ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan bahan pembuatan sambal pada umumnya. Berikut adalah beberapa bahan yang harus dipersiapkan sebelum membuatnya:

  • Tomat merah ukuran sedang sebanyak 3 buah, gunakan tomat sayur yang dagingnya tipis
  • Cabe merah segar ukuran besar sebanyak 5 buah
  • Bawang merah sebanyak 10 siung
  • Bawang putih cukup dengan 5 siung
  • Cabe rawit sebanyak 21 buah
  • Kemiri sebanyak 2 butir dan 3 biji kacang mete
  • Gula merah cukup dengan 1 sendok makan
  • Garam dapur sesuai kebutuhan
  • Penyedap rasa seperlunya saja
  • Minyak untuk menggoreng secukupnya
  • Terasi secukupnya (sesuai selera)

Cara Membuat Sambal Pecel Lele

Untuk mengolah resep sambal pecel lele sangatlah mudah sekali. Langkah pertama ambil semua bahan terlebih dahulu, lalu cuci sampai bersih. Anda bisa mencucinya dengan menggunakan air hangat agar kotoran dapat terlarut secara sempurna.

Selanjutnya siapkan sebuah wajan penggorengan dengan minyak secukupnya, panaskan minyak tersebut dengan api sedang. Jika sudah panas, masukan cabe merah, tomat, bawang merah/putih, kemiri, terasi, kacang mete, dan cabe rawit. Goreng semua bahan tersebut sampai berubah warna dan layu.

Sekarang siapkan sebuah cobek untuk mengulek. Ulek atau haluskan semua bahan yang digoreng tadi dengan menggunakan cobek. Lalu tambahkan garam, gula merah, dan penyedap rasa secukupnya. Halus atau tidaknya sambal tersebut bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.

Apabila di rumah Anda tidak ada cobek, maka solusinya Anda bisa menggunakan bantuan blender supaya lebih praktis. Namun biasanya teksturnya tidak khas seperti sambal hasil ulekan tangan. Setelah selesai, kini sambal pecel lele siap untuk disajikan.

Cara Penyajian Sambal Pecel Lele

resep sambal pecel lele spesial

Sesuai dengan namanya, sambal satu ini akan sangat nikmat bilamana kita konsumsi bersama dengan lele, baik itu lele bakar ataupun lele goreng. Nah, berikut akan kami ulas cara penyajian sambal pecel lele di atas agar semakin nikmat. Namun sebelumnya, siapkan terlebih dahulu bahan-bahannya berupa:

  • Daun pisang secukupnya
  • Mentimun, kemangi, dan tomat secukupnya sebagai pelengkap
  • Lele bakar atau goreng secukupnya.

Cara menyajikannya, pertama-tama siapkan piring saji, lalu letakan daun pisang di atas piring tersebut. Tata potongan mentimun, wortel, dan kemangi di atasnya. Selanjutnya ambil sambal secukupnya, kemudian tuang di atas bahan-bahan pelengkap tadi secara merata.

Agar sambal semakin segar dan nikmat, Anda dapat menambahkan sedikit air perasan lemon atau jeruk nipis. Sentuhan terakhir, letakan lele di atas lembaran daun pisang bersama sambal dan lalapan tersebut. Sajikan pecel lele bersama dengan nasi hangat dan secangkir teh hangat yang manis.

Selain dengan lele goreng, Anda juga dapat menyajikan sambal pecel ini dengan berbagai masakan lainnya seperti ayam goreng, bebek goreng, burung dara, tahu, tempe mendoan, dan lainnya. Silahkan sesuaikan dengan selera masing-masing.

Manfaat yang Terkandung dalam Daging Lele

Ternyata pecel lele tidak hanya nikmat dikonsumsi, kuliner khas Jawa Timur ini juga memiliki manfaat yang cukup besar bagi tubuh. Apa sajakah itu?

  • Memberikan asupan nutrisi minyak ikan

Minyak omega 3 dan omega 6 sangat dibutuhkan oleh otak kita. Apabila kandungan nutrisi minyak ikan terpenuhi, maka daya ingat kita akan semakin baik. Berikan konsumsi daging lele kepada si kecil agar perkembangan otaknya semakin baik.

  • Sumber kalsium cukup tinggi

Lele merupakan ikan yang mengandung kalsium cukup tinggi. Menurut para ahli, kandungan kalsium tersebut mampu memacu pertumbuhan tulang secara optimal. Dengan demikian, konsumsi pecel lele akan membuat Anda lebih cepat tinggi.

  • Mengobati hidung tersumbat

Pilek, flu, dan hidung tersumbat bisa Anda obati dengan mengonsumsi sambal pecel lele. Sensasi pedas dari sambal ini akan membuat hidung Anda terasa lebih plong dan lega. Terlebih jika cabe rawit yang Anda gunakan banyak.

Itulah informasi seputar resep sambal pecel lele khas Lamongan Jawa Timur yang dapat kami sampaikan. Selain nikmat, kuliner tersebut juga memiliki banyak kandungan gizi untuk tubuh. Selamat mencoba dan menikmati kuliner khas Indonesia ini!

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *