Bacaterus / Resep Masakan Indonesia / Resep Sambal Goreng Ati Ampela Kentang & Pete

Resep Sambal Goreng Ati Ampela Kentang & Pete

Ditulis oleh - Diperbaharui 20 Februari 2019

Jika kita perhatikan, kuliner-kuliner khas di Indonesia sebenarnya mayoritas sederhana tidak seperti makanan luar negeri yang terbuat dari bahan-bahan super mahal. Namun karena kesederhanaan inilah yang membuat kuliner khas Nusantara menyita banyak perhatian publik.

Berbagai kuliner khas Nusantara seakan memberikan rasa yang berbeda-beda di lidah. Salah satu kuliner sederhana tersebut adalah sambal goreng ati ampela. Mungkin sebagian besar dari kita masih asing mendengar kuliner satu ini. Tetapi sebenarnya di Jawa, sambal goreng ati sudah cukup populer sekali.

Apa Itu Sambal Goreng Ati Ampela?

Sesuai namanya, kuliner satu ini dibuat dengan menggunakan bahan baku ati dan ampela dari ayam. Termasuk dalam kuliner sambal, untuk membuat makanan satu ini sudah jelas menggunakan cabe rawit. Warna merah cabe dan rasa pedas nikmat, membuat makanan ini cocok disantap ketika sarapan pagi bersama secangkir teh manis dan nasi hangat.

Orang-orang Jawa sendiri sering menggunakan sambal goreng ati ampela untuk isian arem-arem. Biasanya makanan tersebut disajikan untuk camilan saat ada acara hajatan, arisan, dan bahkan pernikahan. Anda bisa menemukan sambal goreng ati ampela dengan mudah di kawasan Solo dan sekitarnya.

Sambal goreng juga merupakanan kuliner yang identik dengan lebaran. Setiap hari raya Idul Fitri tiba biasanya masyarakat menyajikan menu sambal goreng ati ayam bersama ketupat dan opor. Sedangkan pada hari raya Idul Adha, sambal goreng biasanya dibuat dengan ati sapi.

resep sambal goreng ati ampela kentang

Sambal goreng ati ampela seakan sudah menjadi tradisi yang turun temurun bagi masyarakat Jawa dan sekitarnya. Kuliner ini sangat cocok bagi Anda pecinta makanan pedas. Dengan kombinasi cabe rawit dan pete yang khas, sambal ati ampela akan menggoyang lidah siapa saja yang menikmatinya.

Bahan-Bahan Sambal Goreng Ati Ampela

Tidak perlu Anda membeli sambal ati ampela di warung-warung makan, sebab sebenarnya cara membuat sambal goreng ati ampela ini sendiri cukup mudah. Namun meskipun mudah, Anda harus tetap memperhatikan langkah demi langkah agar hasil masakan memiliki rasa yang nikmat.

Nah kali ini bacaterus.com akan mengulas resep sambal goreng ati ampela tersebut. Namun sebelum membuatnya, mari siapkan dulu bahan-bahan yang diperlukan seperti:

  • Kentang sebanyak ½ kilogram, kupas dan bersihkan lalu potong berbentuk dadu (bentuk bisa sesuai selera)
  • Hati sapi atau hati ayam plus ampela (ati ampela) sebanyak ½ kilogram, bersihkan dan rebus
  • Santan instan sebanyak 1 bungkus, biar praktis
  • Petai sebanyak 2 papan, kupas dan belah jadi 2 bagian
  • Minyak goreng secukupnya saja

Bumbu sambal goreng kentang (dihaluskan):

  • Kemiri sebanyak 4 butir
  • Bawang putih sebanyak 6 siung
  • Cabe merah cukup dengan 2 buah, buang bijinya agar tidak pedas (sesuai selera)
  • Merica bubuk sekiranya ½ sendok teh
  • Garam secukupnya saja
  • Penyedap masakan secukupnya

Bumbu-bumbu lain:

  • Bawang merah sebanyak 5 siung, iris tipis
  • Cabe merah sebanyak 3 buah, buang biji dan iris tipis
  • Daun jeruk secukupnya
  • Daun salam secukupnya
  • Serai sesuai kebutuhan
  • Lengkuas seperlunya saja
  • Bawang merah goreng untuk taburan secukupnya.

Cara Membuat Sambal Goreng Ati Ampela

Sekarang mari kita mulai mengolah resep sambal goreng ati ampela ini. Pertama ambilah ati dan ampela dari ayam atau sapi lalu potong bahan ini membentuk mirip dadu. Jika ingin berkreasi sendiri, silahkan bentuk sesuai selera masing-masing kemudian sisihkan terlebih dahulu.

Sekarang siapkan sebuah wajan penggorengan dengan minyak secukupnya. Panaskan minyak tersebut dan goreng potongan kentang sampai berubah warna menjadi emas kecoklat-coklatan. Tirisikan dan sisihkan dulu.

Selanjutnya kita akan menumis. Panaskan sedikit minyak pada wajan, lalu tumis bawang merah sampai mengeluarkan aroma harum. Kemudian masukan cabe merah besar dan bolak-balik agar semua bahan matang secara merata.

Masih tetap menumis, masukan semua bumbu yang telah dihaluskan ke dalam tumisan tersebut. Tunggu sebentar, lalu susul dengan memasukan daun salam, lengkuas, jeruk, dan serai ke dalam tumisan tersebut. Tunggu hingga tumisan mengeluarkan aroma harum/wangi.

Masukan santan setengah bagian ke dalam tumisan tersebut, lalu tunggu hingga santan berkurang. Selanjutnya masukan santan yang setengah bagian lagi bersama dengan kentang goreng dan irisan dari ati ampela.

Masak semua bahan-bahan tersebut sampai bumbu meresap. Cicipi masakan tersebut apakah bumbu sudah pas atau belum. Tanda bahwa masakan sudah matang dan siap saji adalah santan sudah menyusut atau meresap.

Untuk penyajiannya, tuang masakan tersebut di atas mangkuk dan sajikan bersama nasi hangat untuk sarapan pagi, makan siang, atau makan malam. Sambal goreng ati ampela ini juga bisa Anda sajikan bersama dengan nasi kebuli.

Manfaat Ati Ampela

Sambal goreng ati tidak hanya nikmat di lidah saja, namun kuliner satu ini ternyata juga memiliki manfaat besar bagi kesehatan tubuh. Semua manfaat tersebut bisa kita dapatkan dari kandungan nutrisi di dalam ati ayam. Apa sajakah manfaat ati ayam itu?

  • Mampu menjaga kesehatan mata

Menurut para ahli setiap 1 ons ati ayam mengandung lebih dari 120 % vitamin A. Seperti kita ketahui bersama, vitamin A sangatlah baik untuk menjaga kesehatan mata, mencegah rabun, mempertajam penglihatan, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, apabila Anda ingin agar mata tetap sehat konsumsilah ati ayam secara rutin setiap harinya.

  • Mencegah penyakit alzheimer

Alzheimer atau sering disebut dengan keterbelakangan mental merupakan penyakit yang cukup berbahaya. Setiap orang yang terkena penyakit ini akan mengalami hilang ingatan, bahkan identitas dirinya sendiri tidak tahu.

cara membuat sambal goreng ati ampela pete

Agar Anda tidak terserang penyakit tersebut, konsumsilah sambal goreng ati ampela secara rutin. Sebab dalam makanan satu mengandung vitamin B-12 yang sangat baik untuk mencegah penyakit alzheimer tersebut.

  • Baik untuk ibu hamil

Ibu hamil sangatlah memerlukan nutrisi dalam bentuk folat. Dengan nutrisi tersebut, janin yang ada dalam kandungan ibu dapat tumbuh dengan baik dan normal. Mulai dari tulang, gigi, sampai perkembangan otak. Anda bisa mendapatkan asupan folat dengan mengonsumsi  sambal goreng ati. Karena setiap 1 ons ati ayam mengandung 20 % senyawa folat.

  • Menjaga kesehatan gigi dan tulang

Ati dan ampela ayam merupakan sumber mineral alami yang cukup lengkap. Kandungan mineral alami tersebut mulai dari kalsium, magnesium, zat besi, fosfor, dan masih banyak lagi. Kandungan-kandungan nutrisi semacam inilah yang sangat baik untuk menjaga kesehatan gigi dan tulang Anda. Sedangkan untuk bayi, nutrisi tersebut berkhasiat untuk mengoptimalkan pertumbuhannya.

Memang sambal ati ampela cukup nikmat dan lezat apabila kita konsumsi. Namun bagi Anda yang melakukan diet, jangan mengonsumsi makanan ini. Sebab ati dan ampela sebenarnya mengandung lemak tinggi yang dapat meningkatkan berat badan Anda. Sehingga diet yang dilakukan bisa terancam gagal.

Selain tidak baik bagi pelaku diet, konsumsi ati ampela secara berlebihan juga kurang baik untuk Anda yang berusia 30 tahun keatas. Menurut para ahli, kandungan kolesterol pada ati ampela akan membuat Anda lebih beresiko terkena hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Bagaimana, tertarik mencoba? nah seperti itulah resep sambal goreng ati ampela spesial yang bisa Anda coba di rumah. Agar masakan Anda mantap dan maknyus, silahkan ikuti langkah-langkah di atas dengan baik dan benar. Selamat mencoba!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar