Bacaterus / Resep Sambal / Resep Sambal Dabu-Dabu Lilang Asli Manado

Resep Sambal Dabu-Dabu Lilang Asli Manado

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Pecinta kuliner pedas di Indonesia jumlahnya sangat banyak sekali. Walaupun kuliner pedas dapat membuat perut menjadi panas karena sambalnya, akan tetapi penggemar dari kuliner pedas tidak pernah merasa kecewa ketika mengonsumsi sambal-sambal super pedas tersebut.

Dikarenakan banyaknya pecinta kuliner pedas di Indonesia inilah yang mendorong terciptanya varian olahan sambal-sambal nikmat dari berbagai belahan daerah. Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki sambal khasnya masing-masing.

Salah satu daerah yang cukup populer adalah Manado, di mana daerah ini sangat terkenal dengan olahan sambalnya. Terdapat banyak sekali jenis sambal asal Manado, mulai dari sambal rica-rica hingga sambal dabu-dabu yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Biasanya sambal dabu-dabu dijadikan sebagai teman lauk, terutama lauk pauk yang berasal dari gorengan. Karena sambal ini sangat nikmat sekali apabila disantap bersama dengan makanan yang digoreng, seperti ikan goreng, lele goreng, ayam goreng, dan masih banyak lagi.

Bahan-bahan yang digunakan oleh sambal dabu-dabu biasanya terdiri dari cabai, tomat, dan juga jeruk nipis. Bahan-bahan tersebut sebenarnya sudah tidak asing lagi di telinga kita dan sering menjadi bahan utama dalam pembuatan jenis sambal lainnya.

Yang membedakan sambal dabu-dabu dengan sambal yang lainnya terletak dalam proses pembuatannya. Jika sambal lain biasanya dibuat dengan cara diulek di atas cobek, maka sambal dabu-dabu ini hanya diiris-iris dan dicampurkan dengan bumbu-bumbunya.

resep sambal dabu-dabu

Cara penyajiannya juga tidak dipisahkan dan tidak dicocol seperti kebanyakan jenis sambal yang lainnya. Sambal dabu-dabu ini biasanya dibalurkan secara langsung di atas menu makanan yang disajikan seperti ikan, ayam, atau daging sapi.

Untuk menemukan sambal dabu-dabu di Manado sangatlah mudah sekali, mengingat hampir setiap warung makan dan restoran di sana menyediakan kuliner dengan taburan sambal dabu-dabu di atasnya. Anda benar-benar akan dimanjakan oleh berbagai menu super pedas tersebut.

Akan tetapi Anda tidak perlu ke sana untuk menikmati sambal tersebut karena sebenarnya cara membuat sambal dabu-dabu ini sangat mudah dan bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Nah berikut kami sajikan panduan resep sambal dabu-dabu liang asli Manado tersebut.

Bahan Sambal Dabu Dabu

Bahan yang digunakan untuk mengolah resep sambal dabu-dabu ini tidak jauh berbeda dengan sambal lainnya dan semuanya bisa Anda temukan dengan mudah di pasar. Berikut adalah bahan-bahan yang harus Anda persiapkan:

  • Cabe merah sebanyak 10 buah
  • Bawang merah cukup 6 siung
  • Kemangi sekitar 8 lembar
  • Cabe hijau sebanyak 2 buah
  • Tomat cukup dengan 2 buah
  • Jeruk nipis sebanyak 2 buah
  • Garam sekiranya 1/2 sdt
  • Air jeruk nipis cukup 1 sdm

Cara Membuat Sambal Dabu-Dabu

cara membuat sambal dabu-dabu

Jika semua bahan-bahannya sudah terkumpul, mari kita langsung mengolahnya. Pertama-tama silahkan iris semua bahan di atas dengan ukuran yang kecil-kecil sekitar setengah centimeter. Ukuran ini dapat Anda sesuaikan dengan selera.

Selanjutnya campurkan irisan bahan-bahan tadi dengan garam dan perasan air jeruk nipis hingga tercampur secara merata. Agar lebih merata Anda bisa mengaduk-aduk bahan-bahan tersebut selama beberapa menit.

Sebenarnya sampai disini kita sudah bisa menikmati sambal dabu-dabu tersebut. Akan tetapi agar cita rasa lebih nikmat dan menggoyang lidah, Anda bisa menambahkan siraman minyak goreng panas ke atas sambal dabu-dabu ini.

Pastikan minyak tersebut berasal dari minyak baru agar higienis. Jangan menggunakan minyak goreng yang telah dipakai dan jangan pula menuangkannya terlalu banyak. Jika terlalu banyak biasanya akan menyebabkan panas dalam dan rasanya juga kurang enak.

Setelah selesai, silahkan hidangkan sambal ini sebagai pendamping sebuah lauk pauk. Untuk menghidangkannya, silahkan taburkan sambal dabu-dabu ini secara merata ke atas lauk makanan Anda seperti ikan bakar, ayam goreng, dan lainnya.

Tips Tambahan

Apabila Anda sangat menyukai kuliner yang super pedas, maka Anda dapat menambahkan jumlah cabe yang digunakan untuk membuat sambal di atas karena takaran cabe di atas hanya akan memberikan kepedasan standar.

Selain itu agar sambal terasa lebih segar dan tidak “eneg”, Anda juga bisa menambahkan perasan jeruk nipis lebih banyak dari pada takaran di atas. Mengingat perasan jeruk nipis ini akan sangat terasa segar di mulut Anda ketika memakannya.

Sajikan sambal dabu-dabu khas Manado tersebut berasam lauk pauk spesial Anda setiap harinya. Sebenarnya semua lauk pauk cocok apabila ditemani dengan sambal satu ini, tetapi akan lebih lezat apabila sambal tersebut dinikmati bersama dengan daging/ikan panggang ataupun goreng.

Jika sambal tersebut dibalurkan di atas berbagai lauk tersebut, lidah Anda pastinya akan terhipnotis untuk merasakan kelezatannya. Sambal dabu-dabu ini juga bisa Anda sajikan bersama dengan sambal lainnya yakni sambal bajak. Untuk membuatnya, silahkan simak artikel ini.

Itulah ulasan singkat mengenai resep sambal dabu-dabu lilang asli Manado. Pastikan Anda mengikuti resep di atas secara baik dan benar agar hasilnya nanti bisa maksimal dan lezat. Semoga dapat bermanfaat dan menjadi sumber referensi hidangan menu makanan spesial keluarga Anda.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *