bacaterus web banner retina
Bacaterus / Dapur / Resep Masakan / Resep Sambal Bajak Enak yang Pedas dan Istimewa

Resep Sambal Bajak Enak yang Pedas dan Istimewa

Ditulis oleh Bacaterus.com - Diperbaharui 29 Mei 2020

Sebagian besar masyarakat Indonesia sangat menyukai kuliner yang berbau pedas. Untuk mendapatkan rasa kuliner yang pedas tersebut, sudah pasti sambal merupakan santapan yang wajib karena dari sambal inilah rasa pedas sebuah masakan bisa muncul.

Di Indonesia terdapat banyak sekali varian sambal pedas dan nikmat yang bisa kita rasakan. Mulai dari sambal tomat, sambal terasi, sambal bawang, sambal mangga, sambal dabu-dabu, dan masih banyak lagi. Salah satu varian sambal yang tidak boleh Anda lewatkan adalah sambal bajak.

Setelah mendengar nama sambal bajak, mungkin sebagian besar dari kita mengira sambal ini dibuat dan dikonsumsi oleh para bajak laut. Akan tetapi anggapan tersebut sangat salah besar dan tentunya tidak ada kaitan sama sekali dengan kawanan bajak laut.

Sambal bajak sendiri merupakan sambal yang cukup populer di daerah Jawa Tengah. Anda bisa dengan mudah menemukan sambal ini di rumah-rumah makan tegal (warteg) atau yang sejenisnya. Tidak perlu membayar untuk menikmatinya karena sambal ini merupakan pelengkap dari nasi yang Anda beli.

Dibandingkan dengan jenis sambal yang lainnya, sambal bajak ini sebenarnya dapat dikategorikan sebagai yang paling ‘bersahabat’. Artinya bagi Anda yang kurang suka dengan pedas, maka sambal bajak ini masih bisa diterima dengan baik oleh lidah ataupun perut Anda.

Tidak hanya nasi dan lauk-pauknya, sambal bajak ini juga dapat dikombinasikan dengan berbagai makanan lainnya. Anda dapat menjadikannya sebagai teman lalapan, ayam goreng, ikan goreng, tempe, tahu, hingga gorengan yang banyak dijual di pinggir jalan.

Sambal bajak ini sebenarnya dapat dengan mudah Anda beli. Namun Anda juga dapat membuatnya sendiri di rumah agar bisa mendapatkan sambal dengan rasa yang pas di lidah. Nah, berikut bacaterus.com akan mengulas resep sambal bajak yang enak dan spesial.

Bahan-Bahan Sambal Bajak

resep sambal bajak

Bahan-bahan yang digunakan untuk resep sambal bajak ini cukup mudah didapatkan karena semuanya tersedia di pasar atau warung sekitar rumah kita. Bahannya akan dibagi menjadi bahan halusan dan bahan pelengkap. Berikut adalah bahan-bahan halusan yang harus Anda persiapkan:

  • Cabe rawit sebanyak 19 buah, pilih warna merah
  • Cabe merah besar sekitar 5 buah
  • Bawang putih sebanyak 4 siung
  • Bawang merah cukup dengan 2 siung
  • Tomat segar sebanyak 2 buah
  • Terasi cukup 2 sendok teh
  • Gula merah halus 1 sendok makan
  • Garam secukupnya

Bahan-bahan pelengkap:

  • Minyak sayur sebanyak 3 sendok makan (untuk menumis)
  • Daun salam cukup 2 lembar
  • Air asam sekitar 2 sendok makan
  • Bawang merah sebanyak 2 siung, iris tipis-tipis.
  • Serai cukup 1 batang, dimemarkan
  • Rempah lengkuas cukup seukuran 1 centimeter, dimemarkan
  • Air sesuai kebutuhan.

Cara Membuat Sambal Bajak

cara membuat sambal bajak

Setelah semua bahan yang dibutuhkan siap, sekarang mari kita mulai proses pembuatannya. Pertama-tama siapkan wajan untuk menumis dan panaskan bersama minyak goreng. Lalu masukan bawang merah dan tumis hingga mengeluarkan aroma harum.

Selanjutnya setelah menumis bawang merah, masukan semua bumbu/bahan halusan ke dalam wajan tersebut. Jangan lupa pula masukan serai, lengkuas, dan daun salam. Kemudian aduk-aduk kembali hingga tercium bau wangi.

Masukan pula air matang secukupnya, kurang lebih sekitar 50 ml. Tunggulah hingga kadar air di wadah tersebut agak sedikit mengering. Setelah itu, taruh semua bahan tersebut di atas cobek lalu taburi dengan garam halus secukupnya sesuai dengan selera.

Sambil mengulek, siram air asam sedikit demi sedikit ke atasnya. Uleklah semuanya hingga halus dan pastikan juga semua garam terlarut secara sempurna dan tidak ada butiran-butiran kasar. Terakhir sajikan sambal tersebut bersama dengan lauk pauk dan nasi putih hangat.

Bagi Anda pecinta sambal yang super pedas, maka Anda juga dapat menambah jumlah cabai yang digunakan sesuai dengan selera. Pastikan Anda memilih cabai berkualitas terbaik agar bisa menghasilkan rasa pedas yang sempurna.

Selain itu, jika Anda membuat sambal ini dalam jumlah yang besar dan tersisa, maka anda dapat menyimpannya untuk digunakan di kemudian hari. Kami sarankan untuk menyimpan sisanya tersebut dalam sebuah wadah yang tertutup rapat karena jika dibiarkan terbuka akan mudah sekali basi.

Nah, itulah cara membuat sambal bajak pedas spesial yang bisa Anda coba di rumah. Rasanya pasti tidak akan kalah dengan sambal buatan warteg atau sambal bajak kemasan buatan Bu Rudy yang banyak dijual di pasaran saat ini.

Seperti disinggung di atas, sambal bajak ini sangat cocok disajikan bersama dengan berbagai jenis lauk, baik itu lauk dalam bentuk gorengan, rebusan, dan lain sebagainya. Anda juga dapat menjadikannya sebagai sambal untuk nasi liwet. Untuk cara membuat nasi liwet, Anda dapat membaca resepnya di sini.

Dengan sensasi pedas dan nikmat yang ditawarkan, dijamin Anda akan ketagihan dengan sambal yang satu ini. Selamat mencoba resep sambal bajak di rumah masing-masing, dan semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram