Bacaterus / Makanan Barat / Resep Risotto Mudah dan Sederhana Khas Italia

Resep Risotto Mudah dan Sederhana Khas Italia

Ditulis oleh - Diperbaharui 18 Desember 2018

Italia merupakan salah satu negara yang memiliki banyak sekali hal-hal menarik mulai dari tempat-tempat wisatanya yang unik sampai dengan kuliner-kulinernya yang lezat. Kuliner khas Italia sudah terkenal hingga seantero jagat sebut saja seperti pizza, pasta, spageti, dan masih banyak lagi. Salah satu kuliner terkenal asal negara tersebut adalah Risotto.

Risotto tidak hanya terkenal di kandang sendiri saja, tetapi kuliner satu ini sudah terkenal hingga ke penjuru dunia, termasuk salah satunya di Indonesia. Resep Risotto sebenarnya telah ada sejak jaman dahulu kala, tepatnya sejak Italia mengalami pergolakan. Hingga sekarang, makanan lezat satu ini tetap eksis.

Apa Itu Risotto?

Risotto merupakan hidangan khas Italia yang terbuat dari bahan dasar nasi. Berbeda dengan masakan nasi di Indonesia (sebut saja nasi liwet, nasi uduk, nasi kuning, dll), untuk membuatnya lebih mudah dari pada kuliner khas Nusantara tersebut karena cara membuat Risotto hampir sama dengan membuat nasi goreng pada umumnya.

Melihat sekilas, Risotto bisa dikatakan hampir mirip dengan nasi goreng khas Indonesia. Namun untuk masalah rasa, makanan khas Italia ini jelas berbeda dengan nasi goreng. Risotto memiliki rasa yang lebih gurih dan nikmat. Rasa tersebut didapatkan dari daging ayam, sayuran, jamur, ikan, dan bumbu khas Italia lainnya.

Di Italia, kuliner satu ini sudah dikenal cukup luas oleh masyarakatnya. Hampir disetiap restoran di Itali pasti menyajikan kuliner satu ini. Menariknya lagi, Risotto masuk kedalam daftar 10 makanan ternikmat asal Italia versi berbagai majalah besar dunia. Sehingga bisa dibilang, Risotto termasuk makanan yang populer di dunia.

cara membuat risotto mudah

Jika di Indonesia nasi biasanya dijadikan sebagai makanan utama, maka Risotto lebih sering disajikan sebagai makanan pembuka di Italia. Variasi Risotto juga sangat banyak, dan biasanya menyesuaikan dengan budaya setempat. Beberapa jenis Risotto yang populer di Italia antara lain:

  • Risotto alla milanese, dibuat dari kaldu sapi, sumsum tulang sapi, dan lemak babi.
  • Risotto al Barolo, dibuat dari anggur merah, sosis, dan kacang borlotti.
  • Risotto al nero di seppia, dibuat dari sotong dan aneka seafood sehingga warnanya menjadi hitam.
  • Risotto ai funghi, dibuat dari jamur porcini.
  • Risotto alla zucca, dibuat dari pala, labu, dan keju parut.

Tidak perlu Anda datang jauh-jauh ke Italia hanya untuk sekedar mencicipi makanan satu ini. Sebab, di Indonesia sendiri sebenarnya telah ada banyak sekali resto-resto yang menawarkan Risotto lezat, khususnya restoran yang berbau Italia. Namun biasanya harga kuliner satu ini sangatlah mahal di Indonesia, terlebih lagi apabila Anda makan di resto besar.

Bahan-Bahan Risotto Khas Italia

resep risotto sederhana

Nah bagi Anda yang ingin mencicipi Risotto tetapi tidak memiliki waktu ataupun biaya yang lebih, pada kesempatan kali ini bacaterus.com akan mencoba berbagi informasi seputar resep dan cara membuat Risotto sederhana khas Italia. Namun sebelum itu, lebih baik siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang diperlukan, antara lain seperti:

  • Beras arborio (risotto) sebanyak 400 gram
  • Wortel yang dipotong dadu kecil-kecil sebanyak 1.5 cup (pakai yang beku)
  • Bawang putih sebanyak 5 butir, cincang
  • Bawang bombay berukuran sedang sampai besar 1 buah, cincang
  • Kaldu ayam sebanyak 1.5 liter
  • Keju parmesan parut sebanyak 1 cup
  • Minyak sayur cukup sebanyak 2 sendok makan
  • Perasan air jeruk/lemon sebanyak 1 buah saja.

Cara Membuat Risotto

Apabila semua bahan yang dibutuhkan sudah tersedia, sekarang mari kita mulai mengolah resep risotto sederhana khas Italia ini. Langkah pertama panaskan terlebih dahulu sedikit minyak (untuk menumis) di dalam sebuah wajan.

Setelah panas masukan bawang putih dan bawang bombay, tumislah bahan tersebut sampai mengeluarkan aroma atau bau yang harum mewangi. Pastikan ketika Anda menumis, gunakan api berskala kecil sampai sedang saja. Hal ini bertujuan agar bumbu dapat matang secara lebih sempurna.

Selanjutnya siapkan pinggan tahan panas kemudian masukan tumisan tadi, kaldu ayam, dan nasi. Aduk-aduk semua bahan tersebut sampai tercampur secara merata. Anda bisa mengaduknya dengan menggunakan bantuan spatula atau sendok. Setelah tercampur secara merata, tutup pinggan tersebut dengan menggunakan aluminium foil.

Sekarang siapkan sebuah oven, panaskan oven sampai mencapai suhu kira-kira 180 sampai 200 derajat celsius. Masukan pinggan tahan panas tadi ke dalam oven sampai kurang lebih 45 menitan. Tunggu hingga Risotto tersebut matang secara sempurna.

Apabila sudah matang, ambil pinggan tahan panas tersebut dari dalam oven. Selagi masih panas taburi dengan menggunakan keju parmesan lalu berikan perasan lemon di atasnya. Penambahan perasan lemon ini bertujuan agar rasa Risotto lebih segar dan nikmat.

Tuang Risotto tersebut ke dalam sebuah mangkuk saji. Nah sekarang Risotto siap disantap sebagai sarapan ataupun makan malam Anda bersama keluarga tercinta. Silahkan nikmati kuliner khas Italia ini selagi masih hangat.

Tips Memasak Risotto Agar Semakin Nikmat

Sebenarnya jika Anda telah mengikuti langkah-langkah di atas, Risotto ini sudah memiliki rasa lezat. Namun agar semakin nikmat lagi, terdapat beberapa tips tambahan yang bisa Anda coba, di antaranya adalah:

  • Tambahkan jamur

Risotto khas Italia biasanya menggunakan tambahan jamur, khususnya jamur champignon, shimaji, dan shitake. Namun karena jamur tersebut langka di Indonesia, jadi saya tidak mencantumkan dalam bahan. Tetapi jika di rumah Anda tersedia jamur tersebut, masukan jamur ke dalam masakan ini agar rasanya semakin mantap.

  • Tambahkan sayuran lebih banyak

Jika Anda ingin Risotto ini semakin segar dan menyehatkan, maka silahkan tambah sayur-sayuran ketika memasaknya. Berbagai macam sayuran bisa Anda masukan ke dalam kuliner ini, mulai dari brokoli, wortel, dan masih banyak lagi. semakin lengkap sayuran tersebut, maka makanan ini akan semakin menyehatkan.

Bagaimana, tertarik untuk mencoba memasaknya sendiri di rumah? Tunggu apalagi, segera persiapkan bahan-bahan di atas dan ikuti langkah-langkah memasaknya dengan baik. Hidangan ini sangat cocok untuk segala moment, baik itu hari spesial ataupun hari-hari biasa.

Itulah sajian informasi singkat seputar resep Risotto dan cara membuatnya yang dapat kami kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga dapat bermanfaat dan menjadi sumber referensi masakan bagi Anda. Selamat mencoba!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar