Bacaterus / Resep Risoles / Resep Risoles Ragout Ayam yang Enak dan Lezat

Resep Risoles Ragout Ayam yang Enak dan Lezat

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Risoles merupakan olahan kue isi yang sudah sangat populer sekali di kalangan pecinta kuliner Nusantara. Munculnya risoles di Indonesia ini sebenarnya dibawa oleh orang-orang Belanda karena memang risoles ini pertama kali dibuat di Eropa.

Sekarang risoles tersebut telah menjadi camilan khas Indonesia yang memiliki banyak penggemar. Tidak hanya orang dewasa saja yang menyukai camilan lezat ini, akan tetapi risoles juga sangat disukai oleh remaja dan bahkan anak-anak.

Biasanya risoles ini disajikan saat acara-acara spesial, seperti saat acara pernikahan, arisan keluarga, dan masih banyak lagi. Namun pada hari-hari biasa Anda juga dapat dengan mudah menemukan camilan yang satu ini terutama di pedagang gorengan.

Hingga sekarang ini terdapat banyak sekali varian rasa dari risoles, masing-masing varian rasa tersebut dapat dibedakan berdasarkan isiannya. Ada risoles isi mayonaise, daging ayam, sayuran, keju, dan masih banyak lagi.

Nah pada kesempatan kali ini bacaterus.com akan mencoba berbagi salah satu varian resep camilan tersebut yakni resep risoles ragout ayam. Seperti tergambar dari namanya, risoles ini akan menggunakan ragout ayam sebagai isiannya.

Apa Itu Ragout?

resep risoles ragout ayam

Ragout merupakan istilah dalam bahasa Perancis yang merujuk kepada proses perebusan makanan. Ragout sendiri memiliki arti “to revive the taste” alias untuk menghadirkan rasa yang lebih dari sebuah makanan yang direbus.

Metode dasar dalam ragout ini adalah merebus masakan secara perlahan dengan suhu panas yang rendah. Bahan-bahan yang digunakan dalam proses ragout ini beraneka ragam, mulai dari sayuran hingga rempah-rempah. Ada yang mencampurkannya dengan daging dan ada juga yang tidak.

Di Indonesia istilah ragout ini sangat identik dengan risoles. Ya, ragout merupakan salah satu metode yang banyak digunakan untuk membuat isian risoles. Ada yang membuatnya dengan daging ayam, keju, sayuran, atau kombinasi dari ketiganya.

Risoles ragout ini memiliki rasa yang lebih nikmat dari risoles biasa sehingga wajar jika harganya sering lebih mahal dari yang biasa. Selain itu, risoles ragout juga biasanya berbentuk segitiga dan tidak berbentuk bulat lonjong seperti risoles biasa.

Bahan-Bahan Risoles Ragout Ayam

cara membuat risoles ragout

Untuk mengolah resep risoles ragout ini, kita harus menyiapkan terlebih dahulu bahan-bahan untuk membuat kulitnya, membuat isiannya, pencelup, dan juga pelapis. Berikut adalah bahan-bahan untuk membuat kulit risolesnya:

  • Tepung terigu sebanyak 150 gram
  • Susu cair cukup sekitar 350 ml
  • Telur cukup dengan 1 butir, dikocok lepas
  • Garam sekitar 1/4 sdt
  • Margarin cukup sekiranya 1 sdt, lelehkan
  • Minyak goreng secukupnya (untuk menggoreng)

Bahan-bahan isian:

  • Daging ayam sebanyak 150 gram, rebus dan iris tipis
  • Margarin sekiranya 2 sdm (untuk menumis)
  • Bawang bombay cukup 1/2 siung, cincang halus
  • Tepung terigu sekitar 3 sdm
  • Kaldu ayam sebanyak 350 ml
  • Wortel sebanyak 75 gram, iris kotak kecil dan rebus empuk
  • Garam sekitar 1 sdt
  • Merica bubuk cukup sekiranya 1/4 sdt
  • Pala bubuk sekitar 1/4 sdt
  • Gula pasir cukup sekitar 1/2 sdt

Bahan pencelup:

Bahan Pelapis:

Cara Membuat Kulit Risoles

Pertama-tama mari kita buat kulit risolesnya terlebih dahulu. Silahkan kocok telur hingga mengembang secara sempurna lalu tuang tepung terigu kedalam kocokan telur tersebut sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk agar tercampur secara merata.

Selanjutnya campurkan margarin cair ke dalam adonan tepung tersebut hingga tercampur secara merata. Dadar adonan tersebut di atas sebuah teflon anti lengket dengan diameter 12 cm. Bentuklah adonan kulitnya tersebut setipis mungkin.

Lakukan langkah di atas hingga adonan habis lalu sisihkan untuk proses selanjutnya. Untuk tutorial dan tips membuat kulit risoles yang lebih lengkap, Anda bisa menyimaknya di artikel ini.

Cara Membuat Risoles Ragout

Setelah kulitnya jadi, sekarang mari kita buat isian risolesnya. Pertama-tama, tumislah bawang bombay hingga mengeluarkan aroma harum, lalu masukan tepung terigu sedikit demi sedikit sampai menggumpal sempurna.

Selanjutnya masukan kaldu ayam hingga tumisan tersebut menjadi licin. Terakhir masukan semua bahan isian yang tersisa dan masak hingga meresap sempurna. Jika sudah matang silahkan sisihkan dan dinginkan terlebih dahulu agar tidak mudah menjadi basi.

Selanjutnya mari kita mulai membentuk risolesnya. Pertama ambil kulit risoles yang telah didadar tadi, lalu letakan bahan isian di atas kulit risoles tersebut. Lipat bagian kanan dan kiri kulit, kemudian gulung kulit tersebut dan repatkan dengan putih telur. Anda dapat membentuknya menjadi segitiga atau bulat lonjong seperti biasa.

Selanjutnya celupkan risoles yang sudah dibentuk tersebut dalam kocokan telur dan gulingkan di atas tepung panir. Pastikan tepung panir sudah menutupi seluruh bagian risoles agar risoles menjadi renyah dan crunchy setelah dimasak.

Terakhir siapkan wajan dan minyak lalu goreng risoles tersebut hingga matang. Tanda risoles yang sudah matang adalah berubah warnanya menjadi kuning keemasan. Jika sudah matang, silahkan angkat dan tiriskan.

Kini risoles ragout ayam sudah siap disantap. Risoles ini dapat dinikmati secara langsung atau dengan tambahan sambal kacang dan saus tomat. Agar rasa pedasnya semakin terasa, Anda juga dapat memakannya bersama dengan cabe rawit.

Bagaimana, mudah ataukah rumit? Mungkin membaca resep risoles ragout ayam di atas bisa membuat pusing atau rumit, akan tetapi sebenarnya jika resep di atas langsung diterapkan itu sangatlah mudah sekali.

Itulah cara membuat risoles ragout rasa ayam spesial. Ikuti langkah-langkah diatas dengan baik dan benar agar rasa risoles yang Anda masak bisa nikmat. Selamat mencoba sendiri di rumah dan semoga berhasil.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *