Bacaterus / Resep Kue / Resep Pisang Molen Goreng Renyah Ala Kartika Sari

Resep Pisang Molen Goreng Renyah Ala Kartika Sari

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Pisang merupakan salah satu buah-buahan yang dapat diolah menjadi berbagai macam jenis, mulai dari jus, gorengan, kolak, lekker, dan aneka kue yang lainnya. Salah satu yang paling populer tentu saja pisang goreng yang banyak dijajakan di pinggir jalan.

Namun apakah Anda sudah bosan dengan olahan pisang yang digoreng dengan tepung tersebut? Tenang, pada kesempatan kali ini kami akan mencoba berbagi resep dari pisang lainnya yang sangat lezat yakni resep pisang molen.

Meskipun sudah banyak juga pedagang yang menjual pisang molen ini, akan tetapi dengan membuatnya di rumah akan memberikan kenikmatan dan kebanggaan tersendiri. Seperti kita ketahui bersama, pisang molen merupakan jajanan khas Indonesia yang sudah sangat populer sekali.

Tidak hanya populer di kalangan para anak muda saja, namun pisang molen juga banyak diminati oleh para orang tua dan bahkan lansia. Biasanya jajanan satu ini akan banyak kita temukan saat acara-acara besar, seperti arisan keluarga, pertemuan, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya dijajakan oleh pedagang kaki lima, pisang molen juga saat ini sudah banyak dijual oleh toko kue terkemuka. Salah satu toko kue yang terkenal dengan pisang molen gorengnya yang renyah dan sangat nikmat adalah Kartika Sari.

resep pisang molen renyah

Nah maka dari itu, bagi Anda yang sudah sangat penasaran dengan rasa dari pisang molen buatan Kartika Sari tersebut, silahkan langsung saja simak resep dan cara membuat pisang molen renyah yang akan bacaterus.com ulas berikut ini.

Bahan-Bahan Pisang Molen

Dalam resep pisang molen kali ini kita akan menggunakan jenis pisang raja yang memang banyak digunakan untuk berbagai olahan kue pisang. Namun Anda juga dapat mengganti dengan pisang lainnya sesuai dengan selera Anda. Nah berikut adalah bahan-bahan yang harus Anda siapkan:

  • Pisang raja sebanyak 20 buah, masing-masing potong arah serong menjadi 2 bagian.
  • Minyak goreng seperlunya saja

Bahan Kulit:

  • Tepung terigu sebanyak 400 gram
  • Gula pasir halus sebanyak 100 gram
  • Garam sekitar ½ sdt
  • Vanili sekiranya ¼ sdt
  • Telur baru sebanyak 1 butir
  • Margarine cukup 100 gram
  • Air sekitar 75 cc

Cara Membuat Pisang Molen

cara membuat pisang molen goreng kartika sari

Setelah semua bahannya terkumpul, sekarang kita bisa langsung mengolahnya. Pertama kalinya kocok terlebih dahulu telur bersama dengan gula pasir, garam, vanili, dan juga margarin. Kocok semua bahan hingga terlarut dan mengembang secara sempurna. Hal ini ditandai dengan adanya semacam buih-buih kecil.

Apabila sudah mengembang dan terlarut secara merata, ambil tepung terigu dan air. Masukan kedua bahan tersebut ke kocokan telur sedikit demi sedikit sambil diuleni agar tercampur secara merata. Uleni terus sampai adonan tersebut menjadi kalis. Kini adonan kulit siap untuk digunakan.

Sebelum menggunakan adonan tersebut, tipiskan terlebih dahulu dengan menggunakan gilingan pasta, tetapi jika tidak ada bisa menggunakan roller-pin biasa saja. Tipiskan adonan yang telah kita buat tadi dengan ketebalan hanya 0,5 cm dan lebar 5 cm.

Jika semua adonan telah ditipiskan, silahkan ambil buah pisang yang sudah kita potong tadi. Lilitkan adonan kulit molen tersebut melingkar dari ujung buah pisang hingga ke ujung yang lainnya. lakukan hal tersebut hingga semua adonan dan buah pisang habis.

Sekarang kita tinggal menggoreng pisang molen tersebut. siapkan terlebih dahulu wajan dengan minyak goreng secukupnya. Panaskan minyak goreng tersebut dan goreng pisang molen dengan api sedang sampai benar-benar matang.

Kematangan dari pisang molen ditandai dengan adonan berubah warna kuning keemasan. Setelah matang silahkan angkat dan tiriskan. Terakhir, tata pisang molen tersebut di atas sebuah piring dan sajikan selagi masih hangat.

Pisang molen tersebut dapat Anda konsumsi secara langsung sebagai camilan untuk menemani waktu luang Anda. Usahakan untuk memakannya selagi masih hangat karena ketika sudah dingin biasanya tingkat renyahnya sudah berkurang.

Agar rasanya lebih nikmat lagi, Anda dapat mencoba menambah variasi isiannya dengan bahan-bahan yang lain. Beberapa bahan tersebut di antaranya adalah coklat, keju, meisis, dan berbagai macam selai lainnya sesuai selera Anda.

Bagaimana, mudah bukan? maka dari itu segera coba dan ikuti panduan resep diatas sekarang juga. Pastikan takaran yang Anda gunakan sesuai dengan resep tersebut, karena jika tidak sesuai rasa pisang molen nantinya tidak akan menjadi nikmat.

Manfaat Pisang

Pisang molen tidak hanya nikmat di lidah saja karena camilan yang satu ini juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Manfaatnya tersebut bersumber dari pisang yang kita gunakan sebagai bahan utama pembuatannya.

Pisang merupakan buah yang memiliki kandungan karbohidrat cukup banyak. Seperti kita ketahui, karbohidrat sangat berguna sebagai sumber tenaga bagi tubuh kita. Dengan begitu tubuh kita akan selalu segar dan tidak mudah lemas.

Pisang juga dapat memberikan efek kenyang yang lebih lama dari buah lainnya. Maka dari itu, buah ini sangat cocok bagi Anda yang sedang diet. Pisang molen juga sangat pas untuk dijadikan bekal ke sekolah agar si kecil tidak jajan sembarangan di sana.

Pisang juga merupakan buah yang sangat bersahabat dengan pencernaan. Oleh karena itu, pisang molen ini dapat Anda konsumsi di pagi hari sebagai menu sarapan tanpa khawatir akan mengalami masalah pada perut seperti mulas dan lainnya.

Demikianlah sajian informasi mengenai resep pisang molen yang renyah dan enak ala Kartika Sari. Jika Anda ingin mengolah pisang menjadi makanan yang lainnya, silahkan simak artikel kami sebelumnya seperti resep kolak pisang, resep lekker pisang, dan resep pisang goreng kremes.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *