Bacaterus / Resep Makanan Ringan / Resep Pisang Goreng Kremes yang Renyah dan Crispy

Resep Pisang Goreng Kremes yang Renyah dan Crispy

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Siapa yang tidak suka dengan pisang goreng? Hampir semua orang pasti suka dengan kelezatan camilan khas Indonesia tersebut. Sama seperti namanya, kuliner satu ini dibuat dari pisang yang digoreng. Biasanya pisang goreng banyak dijual di warung-warung makan tepian jalan.

Hingga sekarang ini resep pisang goreng sangatlah bervariasi, tetapi ada salah satu yang paling fenomenal dan banyak diminati masyarakat yakni pisang goreng kremes. Pernahkah Anda menemui dan mencicipi pisang goreng kremes tersebut?

Sebenarnya pisang goreng kremes memiliki cara pembuatan yang hampir sama dengan pisang goreng pada umumnya. Akan tetapi untuk bumbu yang digunakan, jelas pisang goreng jenis satu ini berbeda sehingga kulitnya renyah dan crispy.

Nah bagi Anda yang penasaran dengan rasa kenikmatan camilan khas Indonesia tersebut, kali ini bacaterus.com akan mengulas resep pisang goreng kremes yang renyah. Cara membuatnya sangatlah mudah sehingga bisa langsung Anda coba di rumah masing-masing.

Bahan Pisang Goreng Kremes

cara membuat pisang goreng kremes

Sebelum membuatnya mari kita siapkan terlebih dahulu berbagai bahan yang akan digunakan. Dalam resep pisang goreng kremes kali ini kita akan menggunakan pisang uli sebanyak 12 buah. Anda dapat menambah atau menguranginya sesuai dengan keinginan. Berikut adalah daftar bahan-bahannya:

  • Pisang uli sebanyak 12 buah
  • Tepung terigu sebanyak 65 gram
  • Tepung beras sekitar ½ sdt
  • Gula halus cukup dengan 2 ½ sdt
  • Garam secukupnya saja (sejumput)
  • Air putih matang sebanyak 125 ml

Bahan-bahan kremes:

  • Air sebanyak 500 ml
  • Tepung beras cukup dengan 125 gram
  • Tepung sagu sekitar 25 gram
  • Gula merah cukup dengan 10 gram
  • Garam sekiranya 1/2 sdt
  • Kuning telur 1 butir
  • Pewarna makanan kuning (agar gorengan semakin menarik), secukupnya

Cara Membuat Pisang Goreng Kremes

resep pisang goreng kremes

Apabila semua bahan di atas sudah siap, sekarang kita bisa mulai membuatnya. Langkah pertama campurkan bahan-bahan pancelup hingga tercampur secara merata. Pastikan pula gula dan garam pada campuran tersebut terlarut secara sempurna. Sisihkan terlebih dahulu.

Selanjutnya campurkan bahan-bahan kremes sampai semua bahan tercampur secara merata. Apabila sudah tercampur merata, sisihkan terlebih dahulu. Setelah itu ambil buah pisang sejumlah 12 tadi, potong setiap buah pisang menjadi 2 bagian yang sama besar. Anda bisa membelah dengan arah melintang atau memanjang sesuai dengan keinginan Anda.

Panaskan minyak goreng di atas wajan dengan menggunakan api sedang. Tuang satu sendok sayur bahan kremes ke dalam penggorengan tersebut dan biarkan adonan menjadi printilan kecil yang mengambang. Jika sudah berubah warna, tiriskan adonan tersebut dan kumpulkan menjadi satu bagian.

Ambil buah pisang dan celupkan di bahan pencelup yang telah kita buat tadi. Kemudian gulingkan potongan buah pisang tersebut diatas gorengan adonan kremes tadi hingga semuanya menempel merata ke seluruh bagian buah.

Kini goreng pisang yang telah dilumuri dengan kremes dan bahan-bahan pencelup tersebut hingga matang. Tanda pisang goreng yang sudah matang tampak dari warnanya yang berubah menjadi kuning keemasan. Lakukan hal tersebut hingga semua adonan dan buah pisang habis.

Setelah matang silahkan angkat dan tiriskan pisang tersebut di atas saringan agar kandungan minyaknya berkurang. Terakhir sajikan pisang goreng kremes yang lezat tersebut bersama dengan secangkir teh manis hangat.

Bagaimana, simpel dan mudah bukan? maka dari itu, silahkan langsung saja coba resep tersebut di rumah. Dengan membuatnya sendiri di rumah, Anda bisa menjaga hiegnitas atau kebersihan olahan tersebut sehingga tidak akan membuat keluarga tercinta terserang sebuah penyakit atau gangguan kesehatan.

Resep pisang goreng kremes di atas juga dapat Anda kombinasikan dengan bahan lainnya seperti keju dan coklat agar rasanya semakin lengkap. Silahkan variasikan resepnya sesuai dengan kreativitas yang Anda miliki.

Manfaat Pisang

Pisang merupakan buah yang dapat diolah menjadi aneka macam makanan. Selain pisang goreng, pisang dapat dijadikan bahan pembuatan kolak pisang, pisang molen, kue leker, dan sejenisnya. Tidak hanya nikmat, pisang juga ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Nah berikut adalah beberapa manfaat pisang tersebut:

  • Sumber vitamin dan serat

Buah pisang sangat kaya akan vitamin dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Pisang memiliki kandungan vitamin A 5 kali lebih banyak dibandingkan dengan buah apel sehingga sangat baik untuk kesehatan mata.

  • Sumber karbohidrat

Sudah bukan rahasia lagi jika pisang sangat kaya akan kandungan karbohidrat. Karbohidrat tersebut dapat dikonversi menjadi energi yang dibutuhkan untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Pisang juga dapat memberikan efek kenyang yang cukup lama sehingga dapat menahan perut kita dari rasa lapar.

Efek mengenyangkan tersebut juga sangat berguna bagi Anda yang sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan. Pasalnya, pisang hanya memiliki kandungan kalori yang rendah sehingga aman untuk dijadikan menu dalam program diet.

  • Mengobati maag

Sakit maag yang datang secara tiba-tiba memang sangat mengganggu aktivitas. Salah satu cara cepat untuk mengatasinya adalah dengan memakan buah pisang. Pasalnya pisang memiliki zat penangkal asam yang dapat meredakan sakit maag yang menusuk lambung Anda.

  • Mengobati anemia

Pisang juga memiliki kandungan zat besi yang cukup banyak dalam buahnya. Zat besi tersebut sangat berguna untuk mengatasi kurangnya sel darah merah pada penderita anemia. Maka dari itu, penderita anemia sangat disarankan untuk mengkonsumsi 2 buah pisang dalam sehari secara rutin.

Sekian informasi seputar resep pisang goreng kremes beserta manfaat yang dimilikinya. Selamat mencoba sendiri di rumah dan semoga informasi diatas bisa menjadi sumber referensi bagi Anda semua.

Artikel Terkait

Baca Juga

One Response

  1. Ada yg dagang pisang kremes tdk pakai bahan pencelup.itu resepnya apa ya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *