Bacaterus / Resep Masakan Ikan / Resep Pepes Ikan Tongkol Kemangi yang Lezat

Resep Pepes Ikan Tongkol Kemangi yang Lezat

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Oktober 2019

Berbicara mengenai kuliner-kuliner khas Nusantara memang seakan tidak akan pernah ada habis-habisnya. Indonesia sendiri memiliki beribu-ribu jajanan kuliner yang sangat beragam mulai dari Sabang sampai ke Merauke. Kuliner-kuliner inilah yang menjadi idola masyarakat dari dulu sampai sekarang. Bahkan beberapa di antaranya sudah go internasional.

Salah satu kuliner yang cukup diminati masyarakat adalah pepes. Bagi masyarakat Jawa, khususnya Jawa Barat tentu makanan satu ini bukanlah makanan yang asing lagi. Biasanya pepes dijual di warung-warung makan tepian jalan dan dinikmati bersama dengan nasi putih hangat.

Apa Itu Pepes?

Pepes atau sering disebut orang Jawa Barat dengan Pais, merupakan sebuah kuliner yang khas Jawa Barat yang dibuat diolah dengan cara menggunakan daun pisang. Kata ‘Pepes’ sendiri mengacu pada proses pengolahan kuliner satu ini. Dimana saat memasaknya kita harus membakarnya sampai matang dan mengeluarkan aroma harum.

Untuk masalah rasa, sebenarnya tergantung dari bahan apa yang digunakan untuk membuat kuliner satu ini. Apabila Anda menggunakan ikan, biasanya rasa yang dihasilkan cenderung lebih gurih dan empuk dibandingkan dengan daging lainnya.

Salah satu jenis pepes yang cukup diminati di kawasan Jawa Barat dan sekitar adalah pepes ikan tongkol. Sesuai namanya, pepes ini menggunakan bahan dasar daging ikan tongkol yang terkenal lembutnya itu.

resep pepes ikan tongkol kemangi

Pepes ikan tongkol biasanya dibuat dengan bumbu khusus yang sangat nikmat. Namun, saat ini banyak juga yang membuatnya dengan bumbu kelapa, bumbu rujak, ataupun dengan campuran mangga muda yang sangat segar.

Meskipun pepes ikan tongkol ini banyak sekali dijual di warung-warung makan, namun Anda juga dapat membuatnya sendiri dengan mengikuti resep pepes ikan tongkol yang akan diulas oleh bacaterus.com berikut ini.

Bahan-Bahan Pepes Ikan Tongkol

cara membuat pepes ikan tongkol pencit

Sebelum mengolah resep pepes ikan tongkol ini, silahkan siapkan terlebih dahulu bahan-bahannya yang dibutuhkannya. Berbagai bahan pembuatannya ini bisa didapatkan dengan mudah di pasar tradisional atau warung-warung terdekat.

  • Santan cukup dengan 1 gelas, yang dibuat dari setengah butir kelapa tua
  • Daun pisang secukupnya
  • Petikan daun dari kemangi secukupnya
  • Daging ikan tongkol sebanyak 350 gr , yang telah dibersihkan dan dipotong-potong

Bumbu halus pepes ikan tongkol:

  • Gula pasir cukup sekiranya ¼ sdt
  • Buah cabai merah keriting sebanyak 6 biji
  • Cabai merah besar cukup dengan 2 buah
  • Bawang putih sebanyak 2 siung
  • Kemiri yang disangrai sebanyak 5 butir
  • Bawang merah cukup dengan 7 butir
  • Garam halus sekiranya 1 sdt
  • Jahe cukup 1 ruas
  • Kunyit cukup dengan 1 ruas, yang dibakar sebelumnya
  • Lengkuas cukup berukuran 1 ruas
  • Tomat merah sebanyak 1 buah

Cara Membuat Pepes Ikan Tongkol

Langkah pertama siapkan terlebih dahulu sebuah wadah untuk mencampurkan bahan. Setelah itu masukan semua bumbu halus bersama dengan santan dan kemangi. Aduk-aduk bahan-bahan tersebut sampai tercampur secara merata.

Selanjutnya bersihkan daging ikan tongkol yang telah Anda persiapkan sebelumnya. Apabila sudah bersih, olesi ikan tongkol tadi dengan menggunakan campuran air santan sampai merata. Sisihkan sejenak agar bumbu merasuk kedalam daging.

Apabila sudah meresap kiranya 1 jam, bungkus daging ikan tongkol tadi dengan menggunakan daun pisang. Agar tidak terlepas, sematkan lidi pada setiap ujung daun pisang tersebut. Buatkan menjadi 3 bungkus pepes ikan tongkol.

Sekarang siapkan kukusan, lalu kukus bungkusan-bungkusan daging ikan tongkol tadi selama kurang lebih 45 menitan. Jangan lupa gunakan api sedang saja agar pepes bisa matang secara sempurna. Jika sudah matang, angkat dan diamkan sampai dingin.

Setelah selesai mengukus, berikutnya kita bisa membakar pepes tersebut. Siapkan arang kemudian nyalakan sampai keluar bara. Letakan pepes-pepes tadi di atasnya dan tunggu sampai matang. Tanda bahwa pepes ikan tongkol sudah matang adalah baunya sedap dan daun pisang berubah warna menjadi kuning kecoklatan bahkan gosong.

Jika sudah matang, sekarang sajikan pepes ikan tongkol tadi bersama dengan nasi hangat dan secangkir teh manis. Pepes ikan tongkol ini sangat pas jika dijadikan lauk untuk makan siang ataupun makan malam.

Manfaat Ikan Tongkol Bagi Kesehatan Tubuh

Ternyata selain lezat, pepes ikan tongkol juga mengandung berbagai macam manfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat tersebut bisa kita dapatkan dari kandungan nutrisi yang terdapat di dalam daging ikan tongkolnya. Apa sajakah itu? berikut informasi selengkapnya.

  • Menjaga kesehatan mata

Ikan tongkol merupakan sumber omega 3 yang cukup tinggi. Menurut penelitian yang dilakukan oleh John Hokins, kandungan tersebut sangatlah baik untuk mencegah penyakit AMD. Penyakit ini muncul disebabkan karena adanya penuaan pada bagian mata.

  • Menyembuhkan rematik

Munculnya rematik dapat disebabkan karena kadar purin dalam tubuh Anda sangatlah tinggi. Untuk menurunkan kadar purin asam urat tersebut, Anda bisa mengonsumsi pepes ikan tongkol secara rutin. Dipercaya kandungan mineral alami dalam ikan tongkol dapat mengurangi rasa nyeri akibat rematik.

  • Mencegah anemia

Dikenal memiliki kandungan mineral alami yang cukup lengkap, ikan tongkol ternyata memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Menurut survey penelitian yang dilakukan oleh para ahli, kandungan zat besi bisa membantu mencegah anemia atau kekurangan sel darah merah. Terutama pada anak-anak dan ibu yang sedang mengandung janin.

  • Menjaga kesehatan jantung

Selain zat besi, ikan tongkol juga mengandung senyawa kalium cukup tinggi. kalium bermanfaat untuk melebarkan pembuluh darah, mencegah plak, dan melancarkan pembuluh darah secara optimal. Dengan demikian, konsumsi pepes ikan tongkol akan sangat bermanfaat mencegah penyakit jantung.

  • Meningkatkan kecerdasan

Kandungan omega 3 tak hanya bermanfaat untuk mata, namun kandungan tersebut juga cukup mujarab untuk meningkatkan kecerdasan si kecil. Berikan si kecil asupan omega 3 secara rutin sejak dia masih dalam kandungan sampai berumur lebih dari 6 tahun.

Bagaimana, tertarik mencoba olahan yang sederhana namun kaya akan manfaat bagi tubuh tersebut? Seperti itulah informasi resep pepes ikan tongkol yang dapat kami sampaikan. Selamat mencoba dan semoga hasilnya memuaskan.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *