Bacaterus / Resep Masakan Indonesia / Resep Oseng Mercon Bu Narti Khas Jogjakarta

Resep Oseng Mercon Bu Narti Khas Jogjakarta

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 November 2019

Mendengar namanya saja mungkin sudah terbayang kengerian rasa dari kuliner satu ini. Ya benar sekali, kuliner satu ini memang memiliki rasa yang sangat ngeri yakni rasa pedas. Bisa dikatakan oseng mercon ini termasuk ke dalam menu makanan spesial bagi pecinta kuliner pedas.

Hal ini terjadi karena sambal atau cabe yang digunakan untuk membuat oseng mercon satu ini tergolong sangatlah banyak. Akan tetapi tidak perlu khawatir, bagi Anda yang tidak menyukai kuliner pedas, Anda juga bisa mengurangi cabe yang digunakan.

Untuk mencicipi kuliner satu ini, Anda bisa langsung berkunjung ke Yogyakarta. Ya, Yogyakarta merupakan daerah asal kuliner satu ini muncul, sehingga banyak pedagang yang menawarkannya dengan berbagai variasi bahan dan rasa.

Memang menikmati mercon khas Jogja secara langsung sangatlah menggoda selera, tetapi sebenarnya Anda tidak perlu ke sana untuk menikmati kuliner satu ini. Pasalnya, Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah dengan mengikuti resep oseng mercon sederhana yang akan Bacaterus sajikan berikut ini.

Apa Itu Oseng Mercon?

cara membuat oseng mercon jogja

Oseng mercon merupakan makanan asli Indonesia yang berasal dari Yogyakarta. Makanan ini pertama kali dibuat oleh Bu Narti pada tahun 1997. Pada saat itu, ia hanya menjualnya di warung tenda yang ada di pinggir jalan.

Karena rasanya yang unik, warung tenda Bu Narti kemudian berhasil menarik minat warga sekitar yang penasaran untuk mencobanya. Hingga kini, warung Bu Narti selalu dipenuhi oleh para pelanggan yang ingin menikmati pedasnya oseng mercon ini.

Oseng mercon sendiri merupakan pangan yang dibuat dari bahan utama berupa tetelan daging sapi (koyor). Tetelan tersebut kemudian dimasak dengan cara dioseng alias ditumis. Yang membedakannya dengan oseng daging sapi yang lainnya, oseng mercon menggunakan bumbu cabe rawit yang sangat banyak sehingga rasanya sangat pedas.

Karena rasanya yang super pedas itulah akhirnya oseng ini diberi tambahan kata mercon di belakangnya. Hal itu untuk menunjukan jika orang yang memakan oseng ini mulutnya akan terasa meledak oleh mercon karena sangat pedas.

Meskipun sudah menggunakan istilah mercon, namun ternyata banyak pembeli yang juga menjulukinya dengan nama lain seperti oseng granat atau halilintar. Hal tersebut menunjukan bahwa oseng ini memang sangat pedas dan akan membuat Anda meledak-ledak ketika memakannya.

Saat ini oseng mercon tidak hanya dapat dijumpai di Jogja saja karena kuliner yang satu ini sudah menyebar ke berbagai kota lainnya di Indonesia. Bahan-bahan yang digunakannya juga sudah bervariasi, mulai dari daging ayam, kikil, jeroan, ati ampela, dan lainnya.

Bahan-Bahan Oseng Mercon

resep oseng mercon bu narti

Sebelum mengolah resep oseng mercon Jogja ini, mari kita siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang dibutuhkannya. Pastikan Anda memilih bahan berkualitas terbaik agar hasilnya juga memuaskan. Berikut adalah bahan-bahannya:

  • Daging sapi (tetelan) sebanyak 500 gram
  • Gula merah cukup dengan 5 gram
  • Lengkuas 1 buah ukuran 4 cm
  • Jahe 1 buah ukuran 2 cm
  • Daun salam sebanyak 4 lembar
  • Air matang sekitar 350 ml
  • Cabai merah keriting sebanyak 60 gram
  • Cabai rawit merah sekitar 200 gram
  • Bawang merah sebanyak 10 siung
  • Bawang putih cukup dengan 5 siung
  • Garam seperlunya saja
  • Kecap manis sesuai kebutuhan
  • Minyak goreng seperlunya.

Cara Membuat Oseng Mercon

Apabila semua bahannya sudah siap, sekarang kita bisa langsung memulai proses pembuatannya. Pertama siapkan sebuah ulekan. Kemudian haluskan bawang putih, bawang merah, cabai keriting, cabai rawit merah, serta jahe. Ulek bumbu-bumbu tersebut hingga benar-benar halus.

Jika tidak mau repot menggunakan ulekan, bisa juga menghaluskan bumbu-bumbu tersebut dengan menggunakan blender. Namun pastikan bumbu hasil blendernya benar-benar halus dan tidak menyisakan butiran-butiran yang kasar. Sisihkan terlebih dahulu.

Langkah selanjutnya siapkan sebuah wajan dan isi dengan minyak secukupnya. Panaskan minyak tersebut dan tumis lengkuas, daun salam, serta bumbu yang telah kita haluskan tadi. Tumislah bahan-bahan tersebut dengan api kecil hingga mengeluarkan aroma wangi.

Sekarang ambil daging sapi (tetelan) yang sudah dibersihkan, lalu masukan ke dalam bumbu-bumbu tumis yang telah kita buat tadi sambil tetap terus dimasak. Aduk-aduk bahan tersebut agar semuanya tercampur merata bersama dengan bumbu.

Tambahkan air matang ke dalam tumisan tersebut dan masak hingga daging empuk. Semakin empuk daging yang dimasak, maka rasanya akan semakin nikmat di lidah. Langkah terakhir masukan gula merah, garam, dan kecap manis. Kemudian aduk-aduk lagi agar tercampur dan matang secara sempurna.

Jika sudah matang silahkan angkat dan pindahkan ke atas mangkuk atau piring saji. Sekarang oseng-oseng mercon khas Jogja siap untuk disantap. Oseng mercon ini sangat pas untuk disantap bersama dengan sepiring nasi putih yang hangat dan pulen.

Jangan lupa untuk menyiapkan air minum untuk menetralisir rasa pedas dari oseng mercon ini. Agar suasana angkringannya lebih terasa, Anda bisa menyajikan wedang jahe susu sebagai minumannya yang bisa Anda simak cara membuatnya di artikel ini.

Bagi Anda yang tidak menyukai rasa pedas, maka silahkan untuk mengurangi takaran dari cabe yang digunakan. Namun apabila Anda merupakan pecinta kuliner pedas, Anda bisa menambahkan cabe agar rasanya semakin menantang.

Anda juga dapat mengganti atau menambahkan bahan lainnya ke dalam oseng mercon di atas agar rasanya semakin nikmat. Beberapa bahan yang biasanya ditambahkan ke dalam oseng mercon adalah kikil (kulit sapi) serta aneka jeroan.

Seperti itulah resep oseng mercon terkenal khas Jogja yang dapat Anda coba buat sendiri di rumah. Resep di atas sangat cocok diterapkan bagi Anda para ibu rumah tangga yang pusing mencari lauk pauk menu makan, karena resep di atas sangat mudah dan praktis untuk dilakukan. Selamat mencoba!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *