Bacaterus / Food and Recipe / Resep Masakan Asia / Resep Okonomiyaki Sederhana Khas Jepang

Resep Okonomiyaki Sederhana Khas Jepang

Pernahkah Anda mencicipi Okonomiyaki? Jika Anda adalah pecinta kuliner Jepang, pasti sudah pernah mencicipi makanan satu ini. Ya, Okonomiyaki merupakan makanan khas negeri Sakura Jepang yang sudah cukup populer sekali di seluruh penjuru dunia.

Biasanya masyarakat Jepang mengonsumsi Okonomiyaki bersama dengan secangkir teh hijau dan susu. Di Indonesia pun, kuliner satu ini juga sangat mudah untuk kita temukan khususnya apabila Anda mengunjungi restoran-restoran bernafaskan Jepang.

Sekilas Tentang Okonomiyaki

Okonomiyaki merupakan makanan khas Jepang yang terbuat dari tepung terigu, di mana tepung tersebut nantinya akan diencerkan dengan menggunakan air atau dashi, ditambah kol, telur ayam, makanan laut, dan bahkan daging babi. Semua bahan tersebut kemudian digoreng di atas penggorengan datar yang disebut dengan teppan.

Bisa dikatakan Okonomiyaki termasuk kedalam jenis masakan teppanyaki yang bisa dimakan begitu saja atau dicampur dengan menggunakan nasi putih hangat. Okonomiyaki sering dikonsumsi dengan menggunakan sendok datar atau kote (hera), yang juga berfungsi sebagai sodet ketika kita membalik Okonomiyaki ini.

resep okonomiyaki mudah

Dalam bahasa Jepang, okonomi berarti suka-suka atau kesukaan masing-masing, sedangkan yaki memiliki artian panggang. Meskipun menggunakan sedikit minyak, orang Jepang tetap menyebutnya sebagai panggang karena istilah goreng hanya digunakan di Jepang apabila suatu makanan dimasak dengan minyak yang cukup banyak.

Sesuai dengan namanya, makanan satu ini menggunakan topping sesuka hati. Anda bisa mengonsumsi makanan ini dengan toping sesuai dengan selera masing-masing, seperti sayuran daging, dan lain sebagainya.

Asal Usul Okonomiyaki di Jepang

cara membuat okonomiyaki sederhana

Asal usul dari kuliner satu ini kurang jelas dari mana, namun ada satu teori yang populer menyebutkan asal usul Okonomiyaki adalah dari italia. Menurut catatan sejarah, makanan satu ini berasal dari pelaut yang ingin makan pizza seperti di Italia. Dia memasak tepung terigu encer di atas teppan sampai matang, tetapi makanan tersebut tidak menjadi pizza.

Meskipun pelaut tersebut tidak berhasil membuat pizza, masakan yang dia buat memiliki rasa cukup menarik di lidah. Akhirnya, makanan tersebut disukai masyarakat Jepang, khususnya di daerah Kansai. Sejak saat itulah, resep okonomiyaki mulai dikenal luas di Kansai dan beberapa daerah sekitarnya. Sampai sekarang, kuliner satu ini sudah dikenal luas ke berbagai penjuru dunia.

Jenis Okonomiyaki

Okonomiyaki sebenarnya telah ada sejak jaman dahulu kala di Jepang, namun hingga sekarang kuliner satu ini masih tetap populer. Terlebih lagi, sekarang ini sudah ada banyak sekali jenis dan varian rasa dari Okonomiyaki. Jenis-jenis tersebut dapat dibedakan berdasar bahan dasar pembuatannya, antara lain:

  1. Okonomiyaki ala Kansai

Jenis pertama adalah Okonomiyaki Kansai, jenis satu ini menggunakan bahan dasar pembuatan dari sayur kol yang dicampur dengan adonan lain. Bisa dibilang, cara membuat Okonomiyaki Kansai ini sama dengan cara membuat puyonghai yang juga cukup terkenal itu.

Okonomiyaki ala Kansai juga biasanya menggunakan saus yang lengket dan juga kental. Selain itu, para penjual juga biasanya menambahkan mayonaise di atasnya dengan tujuan agar rasanya menjadi lebih gurih dan sedap.

  1. Okonomiyaki ala Hiroshima (Hiroshimayaki)

Berbeda dengan jenis Kansai yang mencampurkan kol ke adonan, Hiroshimayaki tidak demikian. Kol yang digunakan tersebut tidak dicampur kedalam adonan, tetapi hanya cukup ditaburkan pada bagian atas adonan saja saat digoreng. Gambaran lebih jelasnya, seperti ketika kita membuat panekuk.

Saus okonomiyaki ala Hiroshima tidak sekental di daerah Kansai. Setiap kedai okonomiyaki juga biasanya mencantumkan jenis saus yang mereka gunakan di pintu masuk. Selain itu, Hiroshimayaki juga tidak menggunakan mayonese karena dianggap merusak rasa asli dari okonomiyaki.

Bahan-Bahan Okonomiyaki

Nah pada kesempatan kali ini, kami akan mencoba mengajak Anda memasak Okonomiyaki sederhana. Resep okonomiyaki yang dibuat kali ini akan menggunakan bahan-bahan sederhana yang mudah ditemui di Indonesia. Maka dari itu, silahkan persiapkan dahulu bahan yang diperlukan, antara lain seperti:

  • Irisan daging sapi yang tipis 70 gram, lalu potong kotak-kotak
  • Kubis sebanyak 300 gram, lalu iris-iris yang halus
  • Telur ayam cukup dengan 4 butir
  • Bawang pre cukup dengan 1 buah, iris melintang tipis atau iris sesuai keinginan anda
  • Garam dan merica ambil sesuai kebutuhan saja
  • Minyak goreng secukupnya.

Cara Membuat Okonomiyaki

Pertama kalinya tumis terlebih dahulu irisan daging sapi bersama dengan bawang pre dan kubis. Tumis bahan-bahan tersebut sampai mengeluarkan aroma yang harum atau wangi. Aduk-aduk sayuran tersebut sampai lunak atau layu (bisa disesuaikan dengan selera masing-masing). Sisihkan terlebih dahulu sampai dingin.

Bagi tumisan yang telah Anda buat tadi menjadi 2 bagian berbeda, lalu masukan masing-masing kedalam 2 wadah yang berbeda. Pecahkan telur 2 buah, dan masukan  ke dalam masing-masing wadah tersebut.

Selanjutnya masukan garam dan lada secukupnya ke dalam setiap wadah. Usahakan Anda menggunakan garam dan lada yang sudah dihaluskan. Ini berguna agar bahan tersebut nantinya bisa larut dengan mudah. Aduk-aduk semua bahan tersebut sampai tercampur secara merata.

Sekarang kita masuk ke dalam proses penggorengan. Siapkan terlebih dahulu wajan dengan sedikit minyak, lalu panaskan. Apabila sudah panas, tuang wadah pertama ke dalamnya lalu ratakan seperti ketika Anda membuat telur dadar. Pastikan pula Anda memasaknya menggunakan api kecil sampai sedang.

Lakukan hal yang sama untuk wadah yang kedua. Biasanya waktu memasak hanya memerlukan 3 menitan, namun hal tersebut bisa disesuaikan dengan selera masing-masing, apakah ingin setengah matang atau matang sempurna.

Jika sudah, silahkan angkat dan sajikan okonomiyaki di atas piring saji. Sebenarnya okonomiyaki ini lebih cocok dimakan secara langsung, namun apabila Anda merasa kurang kenyang, maka Anda bisa menambahkannya dengan sepiring nasi hangat.

Agar lebih nikmat, Anda bisa juga menambahkan toping berupa saus khusus okonomiyaki yang bisa dibeli di supermarket terdekat. Jika tidak ada, Anda juga dapat menggunakan saus biasa dengan tambahan mayonaise.

Itulah sajian informasi singkat seputar resep okonomiyaki sederhana khas Jepang. Langsung saja ikuti langkah-langkah di atas dengan baik dan benar apabila Anda ingin mencicipi kuliner khas Jepang ini. Selamat mencoba!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Bacaterus.com

One Comment

  1. Nadya Natalia at - Reply

    Kayaknya sih simple… di bookmark dulu ya min… ntar dicoba siapa tau bisa seenak yang dimangkok ramen (resto jepun deket rumah)

Leave A Comment