Bacaterus / Resep Kue Kering / Resep Nastar Keju yang Lembut, Empuk, dan Enak

Resep Nastar Keju yang Lembut, Empuk, dan Enak

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Nastar merupakan kue yang sangat mudah sekali kita jumpai saat acara-acara spesial, seperti saat lebaran, imlek, natal, dan lain sebagainya. Nampaknya kue lezat satu ini juga telah menjadi tradisi wajib saat acara-acara spesial tersebut.

Sebenarnya nastar sendiri sudah ada sejak jaman dahulu kala, bahkan jaman dahulu masyarakat secara turun temurun menggunakan resep nastar ketika hari-hari bersejarah. Kue yang satu ini memang sangat enak sehingga tidak habis dimakan jaman.

Nah bagi Anda yang juga kebetulan mencari resep kue lezat tersebut, berikut ini kami sajikan resep nastar ncc yang sangat nikmat dan spesial. Namun sebelumnya mari kita simak dulu sejarah serta asal usul dari makanan yang satu ini.

Asal Usul Nastar

Banyak orang Indonesia yang menyebut nastar sebagai singkatan dari nanas dan tarigu. Padahal sebenarnya nama “Nastar” ini  merupakan sebuah singkatan dari bahasa Belanda yakni “ananas” dan “taart” yang berarti buah nanas dan kue tart.

Dari namanya saja tentunya kita sudah tahu bahan baku apa saja yang digunakan untuk membuat camilan lezat satu ini. Akan tetapi selain menggunakan nanas, sekarang ini nastar juga bisa dikreasikan dengan menggunakan isian selai yang lainnya.

Nastar sendiri terinspirasi dari kue pie atau tart di Eropa yang diisi dengan selai buah apel ataupun blueberry. Kue-kue tersebut dibawa dan diperkenalkan oleh orang Belanda yang pada saat itu sedang menjajah Indonesia.

cara membuat nastar ncc

Sayangnya di Indonesia saat itu sangat sulit sekali menemukan buah apel, apalagi blueberry. Akhirnya orang-orang Belanda tersebut menggantinya dengan selai buah nanas yang memang tumbuh subur di berbagai wilayah Indonesia.

Selain merubah selai yang menjadi isi di dalamnya, ukuran dari kue ini juga menyusut menjadi sebesar ukuran buah duku saja. Padahal saat itu kue pie yang dibawa dari Eropa biasanya memiliki ukuran yang lebih besar dari nastar yang kita kenal saat ini.

Agar lebih terasa ciri khas Indonesianya, kue nastar juga biasanya diberi kismis atau cengkeh yang merupakan rempah-rempah buruan orang Belanda saat itu. Penambahan cengkeh tersebut memberikan aroma khas serta rasa hangat ketika dimakan.

Saat ini nastar sudah banyak berkembang menjadi beragam jenis. Selai yang menjadi isinya tidak terpaku lagi kepada buah nanas, namun juga buah-buahan lainnya seperti stroberi, bluberi, atau bahkan menggunakan selai dari coklat. Toping yang digunakan juga sudah beraga, ada keju, sagu, dan lainnya.

Tidak sulit untuk menemukan nastar di Indonesia. Pasalnya, hampir semua toko kue pasti menyuguhkannya. Jika sudah memasuki momen hari raya seperti lebaran, natal, dan imlek, kue ini juga pastinya akan tersaji di meja ruang tamu.

Bahan-Bahan Nastar

Nah setelah mengetahui sejarah dan asal usulnya yang unik, sekarang mari kita mengulas cara membuat resep nastar ncc ini. Pertama-tama siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang akan digunakan yaitu:

  • Tepung terigu sebanyak 250 gram
  • Gula halus cukup dengan 50 gram
  • Margarine sebanyak 200 gram (lelehkan)
  • Keju cheddar sekiranya 100 gram saja
  • Telur ayam sebanyak 3 butir
  • Susu bubuk cukup sekiranya 1 sdm
  • Tepung maizena sekitar 1 sdm
  • Sedikit keju parutan (untuk taburan)

Bahan olesan nastar:

  • Telur ayam cukup 1 butir
  • Margarine sekitar 1 sdm (lelehkan)

Bahan isian (selai nanas):

  • Nanas cukup 1 buah (parut terlebih dahulu)
  • Kayu manis 1 batang saja
  • Vanili cukup 2 bungkus
  • Gula pasir sekitar 10 sdm (sesuaikan selera)

Cara Membuat Nastar NCC

resep nastar ncc

Langkah pertama kita bisa membuat isianya terlebih dahulu. Untuk membuat isian tersebut masukan nanas yang telah diparut kedalam sebuah teflon, masak nanas tersebut dengan menggunakan api sedang dan masukan bahan-bahan isian lainnya seperti gula, vanili, dan kayu manis.

Pastikan semua bahan isian tersebut terlarut secara optimal. Angkat adonan isian tersebut apabila sudah bisa dibentuk bulatan-bulatan kecil. Sisihkan terlebih dahulu. Untuk tutorial yang lebih lengkap mengenai cara pembuatan selai nanas ini, silahkan simak artikel ini.

Langkah selanjutnya kita akan membuat adonan nastar tersebut. Kocok terlebih dahulu kuning telur ayam bersama dengan gula dan margarin. Pastikan kocokan tersebut sudah menghasilkan buih atau mengembang secara sempurna.

Masukan tepung terigu dan tepung maizena ke kocokan telur tersebut sedikit demi sedikit sambil tetap diaduk-aduk agar tercampur secara merata. Usahakan adonan tersebut bisa dibentuk seperti bulatan dengan mudah.

Apabila sudah bisa dibentuk, ambil adonan tersebut sedikit saja sebesar bola ping-pong, kemudian ambil adonan selai dan bulatkan sedikit lebih kecil (sebesar kelereng). Masukan isian tersebut kedalam adonan nastar dan tutup kembali. Jangan lupa taburkan pula parutan keju di atasnya.

Tata bulatan-bulatan nastar yang telah berisi selai nanas tersebut secara rapi di loyang. Kemudian masukan ke dalam oven bersuhu 180 derajar celcius selama kurang lebih 25 menitan. Terakhir, apabila sudah berubah warna menjadi kekuning-kuningan, ambil kue tersebut dan simpan dalam wadah kedap udara.

Sekarang nastar keju sudah siap untuk disajikan dan dinikmati. Selain menggunakan isian nanas, sebenarnya Anda juga dapat menggantinya dengan isian lain, seperti selai strawberry, coklat, durian, isian kacang, dan lain sebagainya.

Nastar ini dapat Anda sajikan bersama dengan kue kering lainnya seperti biji ketapang, putri salju, dan lainnya. Untuk berbagai resep mengenai kue kering lebaran yang lainnya, Anda dapat menyimaknya di artikel ini.

Itulah resep nastar NCC keju nikmat dan spesial yang dapat kami sampaikan. Sekian informasi pada kesempatan kali ini, semoga dapat bermanfaat dan menjadi sumber referensi bagi Anda. Selamat mencoba!

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *