Bacaterus / Masakan Sunda / Resep Nasi Tutug Oncom Enak dan Komplit Khas Sunda

Resep Nasi Tutug Oncom Enak dan Komplit Khas Sunda

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sebagian besar dari kita mungkin belum mengenal banyak mengenai kuliner nasi tutug oncom. Kuliner satu ini berasal dari Tasikmalaya. Di sana nasi tutug oncom sering disebut dengan nama TO. Sesuai namanya, kuliner satu ini berasal dari perpaduan antara nasi dengan oncom khas Jawa Barat.

Dengan harga yang cukup murah meriah, sekarang ini nasi TO telah mulai populer di kalangan para pecinta kuliner. Terlebih lagi sekarang telah banyak warung nasi TO yang tersebar di daerah Jawa Barat seperti Tasikmalaya, Bandung dan kota-kota besar lainnya.

Ada banyak sekali rumah makan nasi TO di Tasikmalaya, salah satu yang sudah cukup terkenal adalah rumah makan nasi tutug oncom Rahmat di Jalan BKR. Rumah makan satu ini menawarkan menu nasi tutug oncom dengan harga yang cukup murah, hanya sekitar Rp 4.000 saja untuk satu porsi.

Harag tersebut tentu hanya untuk satu porsi nasinya saja. Sedangkan jika Anda ingin menambahkan berbagai macam lauk di atasnya seperti ayam goreng, telor dadar, dan lainnya maka harga akan sedikit lebih mahal karena menyesuaikan dengan lauknya.

Di mata para pecinta kuliner, menu satu ini sangatlah lezat disantap ketika masih hangat, sebab jika sudah dingin biasanya rasa dari menu tersebut kurang enak. Dengan buliran oncom berwarna coklat dan terpadu secara sempurna dengan adanya nasi putih hangat, kuliner satu ini sangat cocok dinikmati bersama secangkir teh manis kapan pun itu.

Apa Itu Nasi Tutug Oncom?

cara membuat nasi tutug oncom enak

Sesuai dengan nama yang diusungnya, nasi tutug oncom ini terbuat dari campuran nasi dan juga oncom. Oncom merupakan sejenis olahan kedelai yang mirip dengan tempe, bedanya tempe menggunakan jamur berwarna putih sedangkan oncom berwarna.

Oncom juga memiliki tektur yang lembek sehingga lebih sering dihancurkan ketika proses pengolahannya. Salah satu kuliner khas Sunda yang menggunakan bahan oncom ini adalah comro, alias oncom di jero (oncom di dalam).

Ketika mengkonsumsi nasi tutug oncom, perpaduan rasa gurih, asin, dan pulen akan semakin terasa di lidah. Terutama apabila oncom pecah di dalam mulut, rasa gurih pun tak tertahankan lagi. Belum lagi tambahan lauk ikan kecil dan lalapan yang disiram dengan sambal khasnya.

Khusus untuk sambalnya, nasi TO menggunakan halusan cabe hijau, garam, dan bahan penyedap. Sambal nasi tutug oncom ini dikenal oleh masyarakat Sunda sebagai “goang”. Ikan asin serta tempe dan tahu juga tidak boleh terlewat dari menu nasi tutug oncom ini.

Di Tasikmalaya, nasi tutug oncom atau TO ini menjadi menu primadona oleh para pecinta kuliner tradisional. Tak jarang, setiap warung yang menyajikan menu TO ini pasti selalu ramai dengan pengunjung setiap harinya.

Olahan nasi ini pun disukai oleh berbagai kalangan, mulai dari kalangan berduit sampai orang biasa. Oleh sebab itu, datang saja ke Tasikmalaya atau ke kota lainnya di daerah Jawa Barat untuk mencicipi kuliner yang satu ini.

Namun jika tidak sempat, Anda tidak perlu datang jauh-jauh ke Tasik hanya untuk mencicipi kuliner satu ini. Sebab pada kesempatan kali ini bacaterus.com akan berbagi resep nasi tutug oncom yang nimat tersebut untuk Anda.

Bahan-Bahan Nasi Tutug Oncom

resep nasi tutug oncom tasikmalaya

Resep nasi tutug oncom yang akan kita buat kali ini merupakan resep komplit di mana kita juga akan menambahkan ayam goreng, tempe, dan tahu ke dalamnya. Adapun bahan yang Anda perlukan sebelum membuat antara lain:

  • Minyak sayur sekiranya 2 sdm
  • Oncom cukup dengan 175 g, bakar hingga cokelat kehitaman
  • Nasi putih pulen sebanyak 600 g
  • Bawang merah goreng sekitar 2 sdm
  • Minyak untuk menumis secukupnya saja

Bumbu halusan:

  • Cabai rawit merah sebanyak 7 buah
  • Bawang putih sekitar 5 siung, goreng sesaat
  • Bawang merah cukup dengan 4 butir
  • Kencur berukuran 5 cm, kupas
  • Garam sekiranya 1 sdt

Bahan Pelengkap:

  • Sambal terasi sesuai selera
  • Tahu goreng secukupnya
  • Tempe goreng secukupnya
  • Ayam goreng lengkuas sesuai kebutuhan
  • Daun kemangi seperlunya
  • Tomat seperlunya
  • Mentimun secukupnya saja

Cara Membuat Nasi Tutug Oncom

Langkah pertama tuanglah minyak ke atas wajan secukupnya saja (untuk menumis). Setelah itu panaskan minyak tersebut dan tumislah bumbu halusan sampai mengeluarkan aroma wangi/harum. Pastikan ketika menumis, Anda gunakan api kecil sampai sedang saja karena jika terlalu besar nanti bumbu bisa gosong.

Setelah mengeluarkan aroma harum, angkat kemudian masukan oncom ke dalamnya. Tumbuk bahan-bahan tapi jangan sampai terlalu halus. Anda bisa menumbuknya dengan menggunakan bantuan ulekan atau cobek.

Masukan bumbu tadi ke dalam sebuah wadah. Dalam wadah tersebut masukan nasi yang telah dipersiapkan, aduk-aduk atau uleni sampai nasi tercampur merata bersama dengan bumbu. Setelah itu, tambahkan bawang goreng dan aduk kembali sampai tercampur rata.

Selanjutnya, bagi nasi yang telah kita bumbui tadi menjadi 6 bagian/porsi. Agar lebih nikmat, setiap bagian tersebut bungkuslah dengan daun pisang. Namun pastikan daun pisang yang Anda gunakan dalam keadaan bersih.

Sekarang siapkan arang dan buat bara api. Pangganglah bungkusan-bungkusan daun pisang berisi nasi tadi di atas bara sampai mengeluarkan aroma harum. Apabila sudah matang, sajikan nasi TO tersebut selagi masih hangat.

Jaman dahulu nasi tutug oncom dianggap sebagai nasinya para kaum melarat atau masyarakat miskin. Sebab jaman dahulu nasi ini dibuat dengan menggunakan nasi aking oleh para warga yang kelaparan dan tidak memiliki beras untuk dimasak.

Akan tetapi siapa sangka, sekarang ini nasi TO telah naik daun menjadi nasi yang berkualitas tinggi. Penikmatnya pun tidak hanya berasal dari masyarakat miskin saja, tetapi juga banyak berasal dari kalangan menengah ke atas. Oleh sebab itu, mulai sekarang jangan malu lagi mengonsumsi nasi tutug oncom ini.

Itulah informasi singkat seputar resep nasi tutug oncom khas Tasik yang dapat kami sajikan. Anda bisa langsung mempraktekan resep di atas sekarang juga mengingat cara memasaknya sendiri tidak terlalu rumit. Selamat mencoba!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *