Bacaterus / Masakan Cina / Resep Nasi Hainam Ayam Enak Khas Singapore

Resep Nasi Hainam Ayam Enak Khas Singapore

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Nasi merupakan makanan pokok bangsa Indonesia. Makanan pokok satu ini berasal dari olahan padi yang sudah ada sejak jaman dahulu kala. Nasi mengandung karbohidrat yang cukup tinggi. Untuk itulah banyak sekali orang Indonesia yang mengonsumsi nasi sebagai sarapan agar mendapatkan energi lebih ketika beraktivitas setiap harinya.

Jaman dahulu nasi hanya diolah dengan cara merebusnya saja. Namun sekarang telah hadir banyak sekali olahan nasi yang cukup lezat disantap ketika sarapan ataupun makan siang. Salah satu olahan lezat tersebut adalah Nasi Hainam. Mungkin terdengar cukup asing nama kuliner tersebut, nah berikut ada penjelasan singkat mengenai apa itu hainam dan dari mana.

Apa itu Nasi Hainam?

Sebenarnya Nasi Hainan hanyalah berasal dari nasi biasa yang kita konsumsi itu, cuman pada saat memasak nasi tersebut kita harus menambahkan kaldu daging ayam ataupun lainnya. Dengan penambahan kaldu ini, Nasi Haiman terlihat lebih berminyak dari pada nasi pada umumnya. Tak jarang orang pun banyak yang menyebut nasi satu ini dengan nasi minyak.

Nasi Hainam atau Nasi Hainan merupakan kuliner khas yang berasal dari masyarakat Tionghoa. Namun kuliner ini banyak dikaitkan dengan kuliner dari Malaysia dan Singapura. Bahkan nasi hainam ini banyak dianggap sebagai salah satu makanan khas Singapore.

Hal tersebut tidaklah berlebihan karena Anda dapat dengan mudah menemukan nasi hainam ini, mulai dari kantin sekolah hingga restoran bintang lima. Nasi hainam juga menjadi makanan wajib yang disajikan oleh maskapai penerbangan Singapore Airlines.

resep nasi hainam singapore

Penamaan “Hainan” sendiri berasal dari salah satu suku yang berasal dari Tionghoa, suku tersebut bernama Hainan di Kawasan Nanyang.  Berasal dari seni memasak suku Hainan sejak jaman dahulu, kuliner satu ini memiliki rasa yang cukup khas dan nikmat di lidah, sangat cocok apabila Anda jadikan sebagai menu sarapan pagi.

Saking enaknya, CNN pernah memasukan nasi hainam ini dalam daftar 50 makanan paling enak sedunia di tahun 2011. Selain itu, CNN juga memasukannya ke dalam daftar “40 Singapore foods we can’t live without“.

Seiring dengan perkembangan jaman, resep Nasi Hainam sekarang sudah banyak diketahui di berbagai negara, termasuk salah satunya adalah Indonesia. Untuk membuat kuliner satu ini sangatlah mudah sekali, selain itu bahan-bahan yang Anda perlukanpun juga tidak terlalu sulit untuk didapatkan.

Bahan-Bahan Nasi Hainam

cara membuat nasi hainan enak

Sebelum kita beranjak memasak kuliner khas Tionghoa ini, lebih baik Anda persiapkan terlebih dahulu bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan untuk membuatnya. Bahan yang Anda perlu siapkan antara lain:

  • Ayam kampung cukup dengan 1 ekor, lalu potong dan bersihkan
  • Air hangat sebanyak 200 ml (digunakan untuk merebus ayam)
  • Mentega secukupnya saja, untuk menumis nantinya
  • Beras sebanyak 800 gram, pilihlah beras kualitas terbaik
  • Air panas untuk menanak nasi di rice cooker secukupnya saja
  • Rempah jahe cukup dengan 2 ruas ukuran sedang
  • Minyak wijen sebanyak 3 sendok makan
  • Merica secukupnya, Anda bisa memilih merica bubuk agar lebih praktis
  • Bawang putih sebanyak 8 siung, haluskan semuanya.

Cara Membuat Nasi Hainam

Apabila semua bahan di atas sudah terkumpul, sekarang kita bisa langsung mengolah resep nasi hainam ini. Langkah pertama silahkan potong jahe yang sudah dipersiapkan tadi kemudian haluskan bersama dengan bawang. Anda bisa menghaluskan bahan-bahan tersebut dengan menggunakan bantuan cobek atau ulekan.

Selanjutnya siapkan sebuah wajan kecil yang sering digunakan untuk menumis. Panaskan wajan tersebut dengan tambahan sedikit mentega yang telah dipersiapkan. Jika sudah panas, masukan halusan bawang dan jahe tadi ke dalamnya. Kemudian tumis bumbu tersebut sampai mengeluarkan aroma atau bau yang harum mewangi.

Sekarang ambil daging ayam yang telah kita potong-potong tadi ke dalamnya. Proses memasak ini hampir mirip dengan oseng-oseng ayam. Masaklah daging ayam tersebut sampai berubah warna menjadi agak kecoklatan.

Setelah ayamnya berubah warna kecoklatan, masukan air sebanyak 200 ml ke dalam masakan ayam tadi, lalu tutup selama kurang lebih 15 menit. Apabila sudah, diamkan air rebusan ayam tersebut kurang lebih 10 menitan.

Langkah berikutnya adalah memasak nasi, kita masukan beras yang sudah dipersiapkan ke dalam rice cooker bersama dengan ayam dan air rebusannya. Jangan lupa tambahkan air panas secukupnya ke dalamnya, lakukan seperti saat Anda menanak nasi seperti biasanya.

Setelah beras dan rebusan ayam tadi masuk ke dalamnya, masukan pula minyak wijen dan lada. Lalu aduk-aduk semua bahan yang ada dalam rice cooker tersebut sampai tercampur secara merata.

Kini silahkan nyalakan rice cooker tersebut dan tunggu sampai matang. Ingat! Ketika menanak nasi tersebut hindari membuka tutup rice cooker, karena akan menyebabkan tekstur nasi menjadi lebih keras dan bahkan kurang nikmat.

Apabila nasi sudah matang, ambil nasi Hainam tersebut kemudian tuang dalam sebuah mangkuk. Untuk penyajiannya, Anda bisa juga menambahkan potongan mentimun, potongan tomat, dan bawang goreng di atasnya. Jangan lupa juga untuk menyiapkan saus pedas sebagai bumbu celupannya. Sajikan selagi masih hangat.

Resep Nasi Hainam di atas kami ambil dari restoran-restoran Chinese atau restoran yang berbau China. Sebab di restoran China yang berada di Indonesia mereka banyak menyajikan kuliner satu ini, Anda pun bisa membeli di resto tersebut apabila tidak memiliki waktu luang untuk memasak sendiri di rumah.

Selain nasi Hainam menggunakan bahan dari daging ayam, sebenarnya Anda bisa menggunakan daging lain seperti daging sapi, kelinci, bebek, itik, dan lain sebagainya sesuai selera masing-masing. Yang pasti Nasi Hainam akan semakin nikmat apabila Anda santap bersama teh manis, terlebih lagi semakin hangat apabila ditemani dengan keluarga tercinta.

Nah seperti itulah cara membuat Nasi Hainam khas Singapore, silahkan Anda ikuti langkah demi langkah diatas dengan baik agar hasilnya semakin nikmat dan tidak mengecewakan. Selamat mencoba dan selamat menikmati!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *