Bacaterus / Food and Recipe / Resep Masakan Asia / Resep Mun Tahu Telur yang Sederhana dan Enak

Resep Mun Tahu Telur yang Sederhana dan Enak

Tofu atau tahu merupakan bahan makanan yang berasal dari olahan kedelai kuning. Proses pembuatan tahu sendiri memerlukan waktu yang cukup lama sekali. Mulai dari mencuci kedelai, merebus, menyaring, sampai dengan mencetak ampas kedelai tersebut.

Namun meskipun demikian, tahu sekarang ini menjadi salah satu bahan masakan yang cukup populer di kalangan masyarakat. Selain harganya yang cukup murah, tahu juga memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi.

Tahu bisa kita masak menjadi berbagai macam sajian kuliner lezat, mulai dari menggorengnya, merebus, kukus, dan masih banyak lagi. Kuliner yang menggunakan bahan tahu juga sangat banyak, mulai dari tahu gejrot, tahu campur, dan lainnya.

Salah satu olahan tahu yang cukup populer di Indonesia adalah mun tahu. Mungkin makanan satu ini masih terdengar cukup asing bagi kita, tapi tidak perlu cemas karena pada kesempatan kali ini kami akan mencoba berbagi resep mun tahu yang sangat enak dan gurih.

Asal Usul Mun Tahu

resep mun tahu telur

Tidak banyak masyarakat yang mengetahui asal-usul mun tahu sampai sekarang. Menurut catatan sejarahnya sendiri, mun tahu berasal dari kuliner bangsa Cina. Seperti makanan-makanan Cina lain, mun tahu ini dibawa masuk ke Indonesia melalui jalur perdagangan.

Biasanya menu mun tahu banyak disajikan di restoran-restoran besar berbau Cina atau Tionghoa. Harga yang ditawarkan juga bervariasi tergantung dari bahan yang digunakannya seperti telur, udang, atau sayuran.

Bahan-Bahan Mun Tahu

cara membuat mun tahu spesial

Tidak perlu Anda membeli mun tahu ke restoran ataupun warung makan, sebab Anda pun bisa membuatnya sendiri di rumah sekarang juga. Cara membuat mun tahu sebenarnya cukup mudah, tapi sebelum itu siapkan dahulu bahan-bahan yang diperlukan untuk resep mun tahu ini antara lain seperti:

  • Daun bawang cukup dengan 1 batang, diiris halus
  • Telur ayam kampung cukup 1 butir, kocok lepas
  • Kecap ikan sebanyak 1 sendok teh
  • Kaldu ayam bubuk sekiranya 1/4 sendok teh
  • Bawang putih cukup dengan 2 siung, dicincang kasar
  • Tahu sebanyak 2 buah, dipotong kotak kecil
  • Tepung sagu sekiranya 2 sendok teh, dilarutkan dalam 1 sendok makan air (untuk mengentalkan)
  • Merica bubuk cukup dengan sebanyak 1/4 sendok teh
  • Air matang sekitar 150 ml
  • Garam halus sebanyak 1/4 sendok teh
  • Minyak wijen cukup 1/2 sendok teh
  • Paha ayam fillet sebanyak 1 buah, dipotong kotak kecil

Satu hal yang perlu diingat, pastikan Anda memilih tahu berkualitas baik dan tidak mengandung formalin atau bahan pengawet yang berbahaya. Nah, berikut adalaj tips memilih tahu yang tidak berformalin dan boraks:

  1. Pastikan tahu yang hendak Anda beli tidak terlalu keras
  2. Hindarilah tahu yang mengeluarkan banyak lendir atau cairan
  3. Usahakan memilih tahu yang masih memiliki aroma segar
  4. Jangan tergiur dengan harga murah, terutama di pasar-pasar tradisional.

Cara Membuat Mun Tahu Gurih Mudah dan Praktis

Sekarang mari kita mulai mengolah resep mun tahu ini. Tahap pertama panaskan terlebih dahulu sedikit minyak untuk menumis. Kemudian tumislah bawang putih sampai mengeluarkan aroma harum. Pastikan selama menulis aduk-adul bawang tadi agar matang secara merata

Apabila sudah tercium aroma harum, masukan daging ayam yang telah dipersiapkan. Masak daging ayam tadi hingga matang. Ayam yang sudah matang ditandai dengan perubahan warna dan bawang putihnya meresap sampai ke lapisan terdalam.

Selanjutnya tuangkan air ke dalamnya. Jangan lupa aduk kembali agar semua bahan dapat matang secara merata. Setelah itu, masukan kecap ikan, kaldu ayam bubuk, garam, dan merica bubuk. Aduk-aduk semua bahan tadi hingga tercampur secara merata.

Berikutnya kentalkan dengan menambahkan tepung sagu. Silahkan tambahkan tepungnya hingga mencapai kekentalan yang diinginkan. Masak kembali bahan-bahan tadi sampai meletup-letup. Jika sudah, masukan telur dan aduklah hingga berserabut.

Sekarang masukan tahu dan minyak wijen. Masak lagi bahan-bahan tersebut sampai semuanya matang secara merata, terutama tahu. Tanda bahwa semua bahan sudah matang adalah mendidih dengan mengeluarkan letupan.

Tuang masakan yang telah dibuat tadi ke dalam mangkuk. Sajikan selagi masih hangat sebagai menu makan keluarga tercinta. Mun tahu ini juga sangat pas disajikan bersama dengan fuyunghai yang pernah kami ulas resepnya di sini.

Manfaat Tahu Bagi Kesehatan Tubuh

Mun tahu ternyata tidak hanya lezat dikonsumsi saja. Makanan satu ini juga sangatlah bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Manfaat-manfaat tersebut sebagian besar berasal dari kandungan nutrisi dalam tahu. Mulai dari protein, lemak, vitamin B kompleks, karbohidrat, dan masih banyak lagi. Adapun manfaat konsumsi tahu bagi kesehatan antara lain:

  • Menurunkan kadar kolesterol jahat

Konsumsi tahu secara rutin sangatlah penting untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Tahu memiliki kandungan lemak baik yang dapat menekan lemak atau kolesterol jahat dalam tubuh. Tidak tanggung-tanggung, menurut penelitian konsumsi tahu bisa bantu menurunkan kolesterol sebesar 1/2 kali lipat dari sebelumnya.

  • Menambah energi

Mun tahu juga bisa Anda konsumsi setiap pagi untuk menambah semangat dan energi. Tahu mengandung karbohidrat yang cukup tinggi. Kandungan karbohidrat inilah yang dapat memberikan semangat dan energi bagi tubuh secara optimal. Maka dari itu konsumsi mun tahu sebagai menu sarapan.

  • Menurunkan kelebihan berat badan

Tahu sering disebut-sebut sebagai salah satu menu diet sehat yang sangat efektif. Tahu dipercaya mengandung protein dan serat tinggi yang dapat membantu menurunkan lemak dalam tubuh. Sehingga berat badan pun akan turun dengan cepat.

  • Memperkuat tulang dan sendi

Dibuat dari sari kacang kedelai, tahu mengandung senyawa mineral alami yang cukup lengkap. Mulai dari kalsium, fosfor, dan masih banyak lagi. Kandungan-kandungan semacam inilah yang dapat membantu memperkuat tulang dan sendi Anda. Terutama bagi Anda yang sudah memasuki usia 40 tahunan.

Itulah sajian informasi mengenai resep mun tahu yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Langsung saja bagi Anda yang sudah tidak sabar dan ingin tahu rasanya, coba resep di atas sekarang juga. Selamat mencoba!

About the Author:

Bacaterus.com

Leave A Comment