Bacaterus / Resep Minuman / Resep Mocktail Soda Non-Alkohol yang Enak dan Sederhana

Resep Mocktail Soda Non-Alkohol yang Enak dan Sederhana

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 April 2020

Saat cuaca sedang panas, pastinya kita cenderung akan menginginkan sebuah minuman yang menyegarkan tubuh. Es bisa menjadi pilihan terbaik untuk memuaskan rasa dahaga ketika panas terik siang hari.

Ada banyak sekali pilihan es yang bisa kita coba, mulai dari es teler, es jus, es doger, es kelapa muda, dan masih banyak lagi. Salah satu minuman menyegarkan yang akan membuat rasa dahaga menjadi hilang adalah es mocktail.

Mungkin sebagian dari kita masih asing mendengar nama “mocktail”. Biasanya minuman satu ini disajikan di restoran-restoran ternama. Mocktail tidak termasuk kedalam minuman utama, tetapi hanya untuk minuman penutup atau istilah kerennya “desert”. Anda pun bisa mencicipi minuman satu ini melalui restoran-restoran terdekat.

Mengenal Minuman Bernama Mocktail

resep mocktail non alkohol

Bisa dikatakan mocktail masih kurang populer di kalangan masyarakat. Mocktail memiliki nama yang hampir mirip dengan cocktail sehingga banyak orang yang salah mengartikannya, tetapi sebenarnya untuk cara pembuatan dan rasa jelas berbeda.

Cocktail merupakan campuran minuman yang mengandung alkohol sedangkan mocktail merupakan aneka minuman ringan tidak beralkohol yang bisa kita konsumsi setelah makan. Anda bisa mengonsumsi mocktail bersoda ataupun tidak bersoda.

Mocktail termasuk kedalam varian minuman yang bebas. Maksudnya, kita bisa menggunakan bahan-bahan apapun untuk membuat minuman segar ini. Mulai dari bahan berat seperti es krim, buah-buahan, sampai dengan sayuran segar.

Semua bahan-bahan tersebut bisa Anda buat asalkan tahu resep mocktail dan cara membuatnya. Penambahan soda sendiri sebenarnya tidaklah wajib, namun soda dapat memberikan kesegaran tambahan dibandingkan dengan hanya menggunakan sirup saja.

Penggemar dari mocktail ini sendiri sangatlah banyak, mulai dari kalangan anak-anak sampai dengan orang dewasa. Warnanya yang beragam dan menarik, membuat minuman satu ini semakin populer di kalangan masyarakat Indonesia. Terutama bagi mereka yang sedang menikmati hidangan jamuan besar.

Tidak perlu berkecil hati apabila tidak ada restoran yang menyajikan minuman segar satu ini, sebab cara membuat mocktail sendiri sangat mudah, sehingga Anda bisa membuatnya di rumah. Nah kali ini bacaterus.com akan menyajikan resep mocktail serai yang simple dan sederhana.

Bahan-Bahan Mocktail Serai

Sebelum membuat minuman segar satu ini, siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang diperlukan. Bahan-bahan untuk yang dibutuhkan resep mocktail ini cukup mudah untuk didapatkan di pasar ataupun supermarket, antara lain:

  • Tangkue sebanyak 100 gram, potong dadu
  • Sirup gula sebanyak 150 ml, (simple syrup)
  • Daun pandan cukup dengan 2 lembar
  • Daun jeruk sebanyak 12 lembar
  • Air jeruk nipis cukup dengan 40 ml
  • Air soda sebanyak 300 ml, dinginkan
  • Es batu secukupnya
  • Serai sebanyak 12 batang
  • Air matang sebanyak 1000 ml

Cara Membuat Mocktail

Setelah semua bahan terkumpul, sekarang kita akan langsung membuatnya. Terlebih dahulu bersihkan serai yang telah kita persiapkan tadi. Anda bisa membersihkan serai dengan menggunakan air yang mengalir. Setelah bersih, buang kulit luar dari serai (yang berwarna hijau). Ambil bagian serai yang berwarna putih, lalu memarkan. Sisihkan terlebih dahulu.

Selanjutnya, ambil daun jeruk dan potong bagian tulangnya. Kemudian potong-potong semua daun pandan yang telah dipersiapkan tadi menjadi beberapa bagian, usahakan masing-masing bagian berukuran sekitar 4 cm.

Panaskan air matang 1 liter dalam sebuah panci rebus. Setelah itu, masukan serai, daun jeruk, dan pandan tadi ke dalamnya. Rebus bahan-bahan tadi dengan menggunakan api sedang sampai mendidih hingga airnya menyusut menjadi sekitar 500ml.

Angkat air yang telah Anda rebus tadi, biasanya air sudah berubah menjadi kuning. Saring air tersebut dengan menggunakan alat penyaringan. Langkah ini bertujuan untuk menyaring kotoran dan ampasnya. Jika sudah disaring silahkan buang ampasnya.

Setelah itu, diamkan air rebusan tadi selama beberapa saat hingga dingin dan uap airnya menghilang. Kemudian silahkan simpan air tersebut dalam lemari pendingin  atau kulkas selama kurang lebih 1 hingga 2 jam.

Sementara menunggu, siapkan 4 gelas saji. Masing-masing gelas tadi isilah dengan sirup gula dan air perasan jeruk nipis secukupnya saja. Setelah 1-2 jam, ambil air rebusan serai tadi dan tuang ke dalam gelas saji masing-masing 100ml.

Jangan lupa, tambahkan tangkue dan soda ke dalam masing-masing gelas saji tersebut. Agar lebih nikmat, tambahkan pula es batu ke dalamnya. Sekarang es mocktail bisa dikonsumsi sepuasnya di siang hari yang sangat terik.

Catatan: resep mocktail di atas hanya untuk 4 orang, apabila Anda ingin membuat lebih silahkan tambahkan bahan-bahan dengan takaran menyesuaikan.

Varian Mocktail yang Bisa Anda Buat Sendiri

cara membuat mocktail simple

Sebenarnya mocktail tidak hanya terbatas serai saja, tetapi Anda pun bisa mencoba membuat varian dari minuman segar satu ini. Misalkan membuat mocktail rasa timun, kelapa, blue ocean, ice cream floating, dan masih banyak lagi. Dengan demikian, Anda bisa mencicipi minuman satu ini sepuasnya karena terdapat berbagai rasa nikmat dan menggoda lidah.

Selain mengganti bahan-bahan pembuatannya, silahkan bagi Anda yang ingin menyajikan mocktail lebih menarik ganti warna-warna dasar dengan berbagai warna lainnya sehingga menciptakan layer warna yang sangat cantik.

Pewarnaan dari minuman satu ini bisa berasal dari sirup yang digunakan seperti menggunakan sirup berwarna ungu, hijau, kuning, merah, oranye, dan masih banyak lagi. Dijamin apabila Anda bisa mengombinasikan warna dengan baik, mocktail buatan Anda akan menjadi primadona.

Nah bagaimana, mudah bukan? oleh sebab itu, ketika cuaca sedang terik segeralah buat mocktail sebagai pemuas rasa dahaga Anda. Cukup dengan mengikuti langkah-langkah di atas dengan baik dan benar, Anda akan mendapatkan minuman yang sangat menyegarkan.

Itulah sajian informasi singkat seputar resep mocktail yang dapat kami sajikan pada kesempatan kali ini. Terus ikuti update informasi seputar resep minuman segar yang akan kami sajikan di kesempatan mendatang, yang pasti sangat nikmat untuk moment spesial Anda. Selamat mencoba!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *