Bacaterus / Resep Lumpia / Resep Martabak Telor Mini dengan Kulit Lumpia

Resep Martabak Telor Mini dengan Kulit Lumpia

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Martabak adalah salah satu makanan yang sangat mudah ditemui di Indonesia. Pada malam hari kita hanya tinggal keluar rumah lalu pergi ke jalan untuk menemukan berbagai pedagang kaki lima yang sedang menjajakan aneka martabak jualannya.

Martabak sendiri merupakan salah satu makanan yang berasal dari kawasan Arab. Dalam bahasa Arab martabak memiliki arti sebagai “makanan yang terlipat”. Ya, martabak memang dibuat dari adonan yang dilipat menjadi dua atau lebih bagian di dalamnya.

Sama halnya seperti donat, martabak juga merupakan makanan yang disukai oleh berbagai lapisan masyarakat. Selain dijajakan oleh pedagang kaki lima di pinggir jalan, Anda juga bisa menemukan martabak di café dan restoran yang mewah.

Di indonesia sendiri martabak biasanya dibagi menjadi dua jenis, yakni martabak manis dan juga asin. Martabak manis merupakan sejenis kue lembut yang di dalamnya diisi dengan berbagai macam selai seperti coklat, kacang, keju, kismis, dan lainnya. Di beberapa daerah martabak manis juga sering disebut sebagai kue terang bulan karena bentuknya yang bulat seperti bulan purnama.

Sedangkan martabak asin merupakan martabak yang dibuat dari telur, daging, dan bumbu-bumbu khusus kemudian dibungkus dengan kulit martabak atau kulit lumpia. Telur yang digunakan untuk martabak ini biasanya adalah telur ayam ataupun telur bebek.

Martabak telor tidak hanya dapat dimakan secara langsung, namun juga dapat dijadikan sebagai lauk dan teman nasi. Bentuknya juga beraneka ragam, ada yang besar dan ada juga yang berbentuk persegi kecil seperti sebuah gorengan.

Nah kali ini bacaterus.com akan mengulas resep martabak telor mini yang enak dan gurih. Martabak telor ini akan menggunakan kulit lumpia sebagai bahan pembungkusnya. Bagaimanakah cara membuatnya? Simak ulasan berikut ini.

Bahan-Bahan Martabak Telor Mini

resep martabak telor mini

Sebelum kita membuatnya pertama-tama silahkan siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Karena resep martabak telor mini ini akan menggunakan kulit lumpia, maka kita harus menyiapkan terlebih dahulu bahan kulit lumpianya yakni:

  • 200 gram tepung terigu
  • 1 sdt garam
  • 200 ml air
  • 150 ml putih telur
  • 2 sdm minyak sayur

Selanjutnya mari kita siapkan juga bahan-bahan untuk membuat martabaknya yakni:

Cara Membuat Martabak Telor Mini

Jika semua bahan di atas sudah siap, mari kita langsung menuju langkah-langkah pembuatannya. Pertama-tama mari kita buat terlebih dahulu kulit lumpianya. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Masukan tepung terigu, garam, dan putih telur ke dalam wadah lalu aduk-aduk hingga rata.
  2. Tuangkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk-aduk agar semuanya tercampur merata. Setelah itu diamkan adonan tersebut selama kurang lebih 40 menit.
  3. Persiapkan wajan anti lengket lalu panaskan di atas kompor dengan api kecil.
  4. Oleskan minyak sayur ke atas wajan lalu oleskan adonan kulit lumpia secara tipis di atasnya secara merata.
  5. Jika bagian pinggir kulit lumpia sudah mengelupas, silangkan angkat.
  6. Lakukan terus langkah di atas hingga semua adonan kulit lumpia habis.

Untuk cara membuat kulit lumpia yang lebih lengkap, silahkan simak artikel ini. Setelah selesai membuat kulit martabaknya, sekarang mari kita persiapkan bahan-bahan yang akan menjadi isi dari martabak telor tersebut:

  1. Masak daging cincang hingga matang.
  2. Iris bawang putih, bawang merah, daun bawang dan bawang bombay hingga halus.
  3. Tumis daging cincang dan semua irisan bawang tersebut hingga matang
  4. Tambahkan juga sedikit kaldu ayam agar aroamanya semakin menggoda
  5. Jika sudah matang silahkan angkat dan pindahkan

Apabila kulit dan bahan isiannya sudah siap, maka langkah terakhir yang harus kita lakukan adalah menggabungkannya menjadi sebuah martabak telor mini yang lezat. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Siapkan satu lembar kulit lumpia.
  2. Letakan beberapa sendok bahan isian di atasnya.
  3. Lipat kulit lumpia tersebut hingga menutupi seluruh bahan isiannya. Lakukan terus hingga semua kulit dan bahan isiannya habis.
  4. Selanjutnya siapkan wajan dan panaskan minyak goreng.
  5. Goreng adonan martabak telor tersebut hingga warnanya menjadi kuning kecoklatan. Jangan lupa untuk membolak-baliknya agar martabak tersebut matang secara merata.
  6. Jika sudah matang, silahkan angkat dan tiriskan.

Nah martabak telor mini kini sudah siap untuk disajikan. Anda dapat memakan martabak telor ini dengan campuran acar dan juga saus pedas agar rasanya lebih mantap. Selain itu, martabak ini juga bisa dijadikan sebagai lauk pelengkap makan Anda. Selamat mencoba resep martabak telor mini ini di rumah Anda!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *