Bacaterus / Makanan Jawa / Resep Mangut Lele Goreng Pedas Khas Bantul

Resep Mangut Lele Goreng Pedas Khas Bantul

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Indonesia sangat terkenal sebagai negara yang memiliki keanekaragaman, mulai dari keanekaragaman budaya hingga keanekaragaman kuliner khasnya. Salah satu kuliner khas Indonesia yang wajib Anda cicipi adalah mangut lele. Apa itu mangut lele?

Mungkin mendengar nama makanan satu ini terasa sangat asing di telinga kita. Akan tetapi sebenarnya mangut lele ini sudah sangat populer sekali di tanah Jawa, khususnya bagian Jawa Tengah dan Yogyakarta

Sama seperti namanya, mangut lele ini terbuat dari ikan lele yang telah digoreng atau yang diasapi. Sedangkan untuk mengut sendiri merupakan bumbu rempah-rempah yang sudah sangat terkenal di Jawa, tepatnya di Mataraman (Yogya-Solo) dan Semarang-Kendal.

Saat ini banyak rumah makan mangut lele yang sangat terkenal terutama di wilayah Jogjakarta. Sebut saja warung Mbah Marto yang menyajikan menu andalan mangut lele asapnya. Selain menunya yang khas tersebut, warung Mbah Marto juga menyuguhkan suasana makan tradisional sehingga pengunjung serasa berada di rumah sendiri.

Rumah makan lainnya yang terkenal dengan mangut lelenya adalah warung Bu is. Berbeda dengan Mbah Marto yang menyuguhkan lele asap, rumah makan yang terletak di Bantul ini menyuguhkan menu mangut lele yang digoreng.

resep mangut lele goreng

Nah sekarang sudah tahu bukan, apa itu mangut lele? Bagi Anda yang tinggal di sekitar Jogjakarta mungkin sangat mudah untuk mengunjungi berbagai rumah makan tersebut. Namun bagaimana dengan yang berada jauh daerahnya?

Nah, Anda tidak usah khawatir karena kali ini bacaterus.com akan mengulas cara membuat mangut lele tersebut. Oke Langsung saja tanpa banyak berbicara panjang lebar, berikut ini kami sajikan resep mangut lele goreng khas Bantul.

Bahan-Bahan Mangut Lele

Bahan-bahan yang digunakan dalam resep mangut lele goreng ini cukup familiar karena didominasi oleh rempah-rempah asli Indonesia. Berikut adalah bahan-bahan utama yang harus Anda persiapkan sebelum membuatnya:

  • Lele sebanyak 4 ekor, dicuci bersih dan goreng
  • Garam seperlunya saja
  • 1 buah jeruk nipis, peras
  • Cabe hijau sekitar 3 buah, iris serong
  • Cabe merah besar cukup 3 buah, iris serong
  • Lengkuas seperlunya, memarkan
  • Jahe secukupnya saja, memarkan
  • Serai cukup dengan 1 batang
  • Daun salam sebanyak 2 lembar
  • Daun jeruk sebanyak 2 lembar
  • Gula merah seperlunya saja
  • Kelapa sebanyak 1 butir, ambil santannya
  • Minyak goreng seperlunya (untuk menumis dan menggoreng)

Bumbu halusan:

  • Bawang merah sebanyak 6 butir
  • Bawang putih cukup 3 siung
  • Kemiri sebanyak 3 buah saja
  • Ketumbar seperlunya saja
  • Kencur secukupnya
  • Cabai rawit sebanyak 3 buah
  • Cabai merah besar cukup 2 buah

Cara Membuat Mangut Lele

cara membuat mangut lele bantul

Setelah semua bahan terkumpul, mari kita langsung mengolahnya. Pertama kalinya, ambil ikan lele dan lumuri dengan menggunakan perasan jeruk nipis, garam, dan juga ketumbar. Tunggulah hingga bumbu-bumbu tersebut meresap secara maksimal ke dalam daging ikan lele. Proses ini akan memerlukan waktu sekitar 15 – 20 menitan.

Apabila sekiranya bumbu sudah meresap ke dalam daging ikan lele secara optimal, siapkan wajan penggorengan dengan minyak secukupnya lalu panaskan. Kemudian goreng ikan lele tersebut hingga matang secara merata.

Pastikan ikan lele tersebut digoreng tidak terlalu kering atau garing. Hal ini bertujuan agar mangut lele nantinya lebih empuk dan nikmat. Namun jika Anda lebih suka dengan lele yang garing dan renyah, maka hal tersebut tidak menjadi masalah.

Kemudian tumislah bumbu-bumbu yang telah dihaluskan bersama dengan bahan lain seperti cabai, lengkuas, serai, daun jeruk, daun salam, dan jahe. Aduk-aduk secara merata semua bahan tersebut sampai mengeluarkan aroma yang harum atau wangi.

Selanjutnya masukan santan, garam, dan gula merah ke dalam tumisan tersebut. Tunggulah hingga santan tersebut mendidih secara sempurna. Namun usahakan terus mengaduk air santan tersebut agar nantinya tekstur tidak pecah.

Terakhir masukan ikan lele yang telah digoreng tadi ke dalam rebusan santan tersebut. Aduk-aduk secara merata dan tunggu hingga semua bumbu termasuk santan, meresap sempurna ke dalam ikan lele. Kini mangut lele siap untuk disajikan.

Mudah sekali bukan? resep mangut lele goreng di atas dapat untuk 4 porsi makan. Anda bisa menyantap kuliner lezat satu ini bersama dengan nasi panas yang masih mengepul asapnya, terlebih akan semakin nikmat apabila ditemani dengan keluarga tercinta.

Mangut lele juga dapat Anda sajikan bersama dengan makanan khas tanah Jawa lainnya seperti krengsengan. Untuk membuat krengsengan yang nikmat, silahkan ikuti ulasan resepnya di artikel ini. Silahkan sajikan semuanya dengan tambahan lalapan seperti daun kemangi, mentimun, dan lainnya.

Manfaat Mangut Lele

Selain nikmat dan lezat, mangut lele juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh terutama dari bahan utama pembuatannya yakni ikan lele. Seperti kita ketahui, ikan lele memiliki kandungan omega-3 yang cukup tinggi sehingga baik untuk perkembangan janin dan ibu hamil.

Sama seperti jenis ikan lainnya, ikan lele juga memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Protein tersebut sangat berguna untuk tumbuh kembang anak agar lebih optimal. Selain itu, protein juga memiliki peran yang sangat penting dalam pertumbuhan jaringan otot.

Demikian sajian informasi mengenai cara membuat mangut lele spesial khas tanah Jawa beserta dengan manfaat yang akan Anda dapatkan setelah mengkonsumsinya. semoga dapat bermanfaat dan menjadi sumber referensi masakan bagi Anda.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *