Bacaterus / Masakan Sunda / Resep Lotek Sunda Lezat Khas Kota Bandung

Resep Lotek Sunda Lezat Khas Kota Bandung

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Oktober 2019

Pernahkah Anda mencicipi lotek? Jika belum maka silahkan untuk berkunjung ke kota Bandung, karena di sana pusatnya kuliner tersebut. Banyak warung makan di Bandung yang menawarkan kuliner satu ini dengan berbagai cita rasa yang berbeda.

Sekilas melihat lotek pastinya kita akan mengira makanan satu ini adalah salad, karena menggunakan bahan-bahan yang berasal dari sayuran segar. Bahkan banyak orang yang mengatakan lotek itu salad khas Indonesia. Akan tetapi sebenarnya antara salad dan lotek itu sangatlah berbeda.

Dengan campuran bumbu kacang dan sayuran segar, lotek tidak hanya nikmat di lidah saja tetapi kuliner khas Bandung satu ini juga memiliki nilai gizi yang cukup tinggi. Kandungan-kandungan gizi inilah yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh kita jika dikonsumsi secara rutin, terutama kesehatan pada bagian organ pencernaan.

Nah langsung saja bagi Anda yang sudah sangat penasaran dengan rasa nikmat dari kuliner satu ini, kali ini bacaterus.com akan mengulas resep lotek mudah khas kota Bandung tersebut. Namun sebelumnya, mari kita simak terlebih dahulu perbedaan dari lotek, karedok, pecel, dan gado-gado.

Perbedaan Lotek, Pecel, Gado-Gado, dan Karedok

Di Indonesia, lotek memiliki kesamaan dengan kuliner lainnya yakni pecel, gado-gado, dan karedok. Karena keempat makanan tersebut sekilas sangat mirip, kadang orang-orang kesulitan untuk membedakannya meskipun sebenarnya terdapat beberapa hal yang membuat masing-masing makanan tersebut memiliki ciri yang khas.

Selain sayuran yang digunakan, bumbu yang dipakai untuk masing-masing makanan tersebut juga memiliki perbedaan pada bahannya. Nah, berikut adalah beberapa perbedaan serta karakteristik dari keempat kuliner tersebut:

  • Pecel

Pecel merupakan kuliner yang berasal dari kawasan Jawa Timur atau lebih tepatnya di daerah madiun. Pecel menggunakan berbagai macam sayuran matang sebagai menu utamanya seperti bayam, kangkung, toge, kacang panjang, dan lainnya.

Salah satu yang membedakan pecel dari 3 makanan lainnya adalah bumbunya. Ya, bumbu pecel sangat terasa aroma daun jeruk nipisnya dibandingkan dengan yang lain. Bumbu tersebut bisa disiramkan atau dicocol dengan sayurannya.

Pecel biasanya dimakan secara langsung atau digado tanpa dicampur dengan nasi atau lontong. Ciri khas lainnya terdapat pada pengemasanya di mana pecel biasanya dikemas dengan cara dipincuk menggunakan daun pisang.

  • Lotek

cara membuat lotek bandung

Lotek merupakan makanan yang populer di daerah Sunda atau Jawa Barat. Sama halnya seperti pecel, lotek juga menggunakan aneka sayuran matang seperti bayam, kapri, dan lainnya. Bedanya, lotek menggunakan bumbu yang lebih menonjolkan aroma kencur.

Lotek juga biasanya dicampur dengan lontong atau ketupat sehingga kuliner ini lebih sering dijadikan makanan utama ketimbang cemilan. Lotek juga dapat disajikan bersama dengan nasi, kerupuk, bawang goreng, dan juga gorengan.

  • Gado-Gado

Sama halnya seperti kedua kuliner di atas, gado-gado juga menggunakan sayuran matang sebagai bahan utamanya. Akan tetapi gado-gado tampak lebih “meriah” dibandingkan yang lainnya karena ditambah dengan telur rebus, kentang, tomat, mentimun, dan kemangi.

Untuk bumbunya sendiri sama seperti bumbu pecel, hanya saja tidak menggunakan daun jeruk dan juga terasi. Gado-gado biasanya disajikan dengan lontong atau nasi, serta dengan tambahan bawang goreng dna emping asin di atasnya.

  • Karedok

Karedok merupakan saudara dari lotek karena sama-sama berasal dari daerah Sunda. Karedok biasanya menggunakan bumbu yang sama seperti lotek, namun sayuran yang digunakannya semuanya mentah seperti kol, toge, mentimun, dan lainnya.

Karedok biasanya dimakan secara langsung tanpa lontong meskipun ada juga yang menjadikannya sebagai lauk untuk nasi. Jika Anda ingin mencoba untuk membuat karedok sendiri, silahkan simak resepnya di artikel ini.

Bahan-Bahan Lotek

resep lotek sunda

Sebelum mengolah resep lotek Sunda, pertama-tama mari kita siapkan terlebih dahulu bahan-bahannya. Anda dapat menambah atau mengurangi sayuran yang digunakan berikut ini sesuai dengan selera:

  • Kangkung sebanyak 100 gram (2 ikat)
  • Labu siam sebanyak 100 gram
  • Kol sebanyak 100 gram
  • Kacang panjang sebanyak 100 gram
  • Toge dengan 100 gram
  • Kentang 100 gram, rebus
  • Nangka muda cukup sekitar 50 gram

Bahan untuk bumbu lotek:

  • Kentang sebanyak 50 gram, direbus dan dihaluskan
  • Gula merah sekiranya 1 ½ sdm
  • Garam kira-kira 1 ½ sdt
  • Kacang tanah kulit sebanyak 150 gram, digoreng dan dihaluskan
  • Air asam cukup dengan 2 sdm (dari 2 sendok teh asam jawa dan 2 sendok makan air)
  • Air panas sebanyak 200 ml

Cara Membuat Lotek

Setelah semua bahan terkumpul, sekarang mari kita mulai mengolahnya. Langkah pertama kali kita dapat membuat bumbu lotek tersebut. Caranya sangat mudah sekali, cukup aduk bumbu yang sudah dihaluskan bersama dengan kentang, garam, dan juga gula merah. Aduk-aduk bahan-bahan tersebut agar semua dapat tercampur secara merata.

Tambahkan kacang tanah yang sudah dihaluskan ke dalam campuran bahan-bahan tersebut. Jangan lupa aduk kembali agar tercampur merata. Lanjutkan dengan menuang air panas dan aduk kembali sampai tercampur secara merata. Kini bumbu lotek siap digunakan.

Setelah membuat bumbunya kita dapat mengolah sayuran lotek tersebut. Sebenarnya mengolah sayuran lotek sangatlah simpel dan mudah sekali yakni hanya dengan merebus semua bahan sayuran hingga mendidih. Lalu setelah mendidih, ambil sayuran-sayuran tersebut dan potong dengan ukuran sesuai selera masing-masing.

Sekarang masukan sayuran yang sudah dipotong-potong tersebut ke dalam cobek tempat bumbunya tadi dibuat. Aduk-aduk hingga semua bumbu dan sayur tercampur secara merata. Jika ingin menambahkan lontong dan tahu, maka silahkan masukan dan aduk-aduk dengan bumbu dan sayurannya.

Setelah itu, silahkan pindahkan lotek tersebut ke piring atau daun pisang. Lotek spesial Bandung kini siap untuk disantap. Silahkan taburkan bawang goreng di atasnya serta tambahkan kerupuk dan gorengan agar rasanya semakin nikmat.

Itulah resep lotek Sunda khas Bandung yang bisa kami sajikan pada kesempatan kali ini. Bagaimana, mudah sekali bukan? Selain nikmat, lotek juga pastinya memiliki banyak kandungan gizi karena terbuat dari bahan-bahan alami seperti sayuran dan rempah-rempah. Selamat mencoba!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *