Bacaterus / Resep Masakan Indonesia / Resep Lontong Cap Gomeh Lengkap dan Praktis

Resep Lontong Cap Gomeh Lengkap dan Praktis

Ditulis oleh - Diperbaharui 27 Desember 2018

Lontong Go Meh merupakan salah satu perpaduan kuliner Tiongkok dan Indonesia. Makanan satu ini selalu dipersiapkan oleh masyarakat keturunan Tionghoa di Indonesia setelah melaksanakan imlek, tepatnya 15 hari setelah hari raya imlek tersebut.

Namun hingga sekarang ini, tidak hanya masyarakat Tionghoa saja yang mengonsumsi Lontong Cap Gomeh ini, sudah banyak pula masyarakat Indonesia yang mengenal makanan tersebut. Pasalnya kuliner ini memang sangat bersahabat di lidah orang Indonesia.

Lontong Cap Gomeh sebenarnya merupakan perpaduan antara beberapa jenis makanan, di antaranya seperti lontong, opor daging ayam, sambal goreng ati ampela, dan sayur lodeh yang disajikan bersama dengan bubuk kedelai.

Dalam sejarahnya, makanan ini dibawa oleh orang-orang Tiongkok yang tinggal di daerah pesisir utara pantai Jawa. Mereka kemudian berbaur dengan masyarakat setempat dan tidak sedikit pula yang kemudian menikah dan mempunyai keturunan.

Untuk menghormati perpaduan dua budaya tersebut, mereka mengganti makanan yuanxiao yang dikonsumsi pada perayaan Cap Go Meh dengan lontong yang menunjukan budaya Indonesia. Lontong tersebut kemudian dicampurkan dengan makanan khas Cina seperti lumpia, siomay, dan lainnya.

Penggunaan lontong sebagai bahan utama juga bukan tanpa alasan. Konon, lontong yang memiliki tekstur padat menandakan keberuntungan bagi yang memakannya. Hal ini berbanding terbalik dengan bubur yang encer dan dianggap makanan bagi orang sakit sehingga membawa sial.

resep lontong cap gomeh

Selain itu, bentuk lontong lontong yang memanjang juga mensimbolkan umur yang panjang. Sedangkan telur dan kuah santan yang berwarna keemasan menandakan emas, keberuntungan, serta kekayaan yang berlimpah.

Nah bagi Anda yang sudah tidak sabar ingin mencicipinya kali ini bacaterus.com akan mengulas resep Lontong Cap Gomeh tersebut. Dalam proses pembuatannya ini kita harus mengolah terlebih dahulu masing-masing bahan utamanya sebelum menggabungkannya dalam sebuah piring.

Cara Membuat Lontong

Menu pertama yang akan kit buah adalah lontongnya. Untuk bahan-bahannya silahkan siapkan beras sebanyak 500 gram dan daun pisang untuk membungkus. Selanjutnya silahkan belah daun pisang tersebut hingga berukuran 25 x 30 cm dan celupkan ke air panas atau mendidih agar layu dan tidak pecah ketika disematkan.

Bentuklah daun pisang tersebut menjadi semacam selongsong, dan isi dengan beras hingga ½ bagian. Tutup dengan menyematkan lidi pada bagian ujung satu dan lainnya. Rebuslah selongsong berisi beras tersebut selama kurang lebih 4-6 jam. Apabila sudah matang maka lontong siap untuk digunakan.

Cara Membuat Opor Daging

cara membuat lontong cap go meh

Untuk membuat opor daging ini silahkan siapkan bahan-bahan berupa 1000 ml santan cair, daging sapi sebanyak ½ kg, 1 ruas lengkuas (digeprek), daun salam 2 lbr, kunyit 2 potong (dibelah), cukup 1 sdm garam, gula sekiranya 1sdt dan bumbu penyedap seperlunya.

Selanjutnya siapkan juga bumbu halusan yang akan menjadi ciri khas dari resep lontong cap gomeh ini yakni bawang merah sebanyak 3 butir, 4 siung bawang putih, cukup dengan 1 sdt ketumbar, dan 4 butir kemiri. Haluskan semua bahan-bahan tersebut.

Untuk membuatnya, silahkan sangrai kelapa terlebih dahulu hingga kering, kemudian tumbuk sampai mengeluarkan minyak. Angkat dan sisihkan. Tumislah bumbu halusan hingga tercium aroma harum, lalu masukan daging dan masak hingga berubah warna.

Selanjutnya tuangkan santan, garam, gula merah, dan daun salam. Setelah itu lanjutkan dengan menambahkan kelapa sangrai. Masak hingga kering dan empuk. Kini opor daging sapi siap digunakan.

Cara Membuat Sambal Goreng Ati Ampela

Bahan-bahan yang diperlukan untuk sambal goreng ini adalah ati ampela sebanyak 10 pasang (dibersihkan dan dipotong-potong), kentang 2 buah kupas dan potong kotak-kotak, santan cair sebanyak 600 ml, kental sebanyak 250 ml, cabe merah 15 buah (buang biji, direbus, digiling halus).

Selanjutnya siapkan juga bumbu halusan yang berupa bawang merah sebanyak 10 butir, bawang putih cukup dengan 8 siung, 1 ruas lengkuas (digeprek), daun salam cukup 4 lbr, garam cukup 1 sdt, dan 1 sdm gula.

Untuk membuatnya tumislah bumbu halusan bersama dengan cabe rawit, lengkuas, daun salam, dan ati ampela. Tunggu hingga tumisan tersebut mengeluarkan aroma yang harum atau wangi. Selanjutnya tambahkan santan cair, garam, gula, dan santan kental. Masak hingga santan agak menyusut dan siap dihidangkan.

Cara Membuat Sayur Lodeh

Untuk sayur lodehnya, silahkan siapkan bahan-bahan seperti buncis sebanyak 200 g, 50 g daun melinjo, cabe merah 4 bh dan 4 bh cabe hijau (diiris tipis miring), labu cukup 1 bh, 2lbr daun salam, lengkuas cukup 2 ruas, 600 ml santan cair, bawang merah cukup 2 butir, bawang putih 2 siung, garam sekitar 1 sdt, dan ½ sdt gula.

Setelah semua bahan di atas terkumpul, sekarang kita dapat langsung mengolahnya. Caranya sangat mudah karena Anda hanya tinggal merebus santan lalu masukan semua bahan hingga matang. Angkat dan siap sajikan.

https://www.youtube.com/watch?v=u-W5vUpoihc

Cara Membuat Telur Pindang

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat telur pindang adalah kelapa sebanyak ½ kg (parut disangrai kering tambahkan 2 lbr daun jeruk, masak hingga keluar minyak, sisihkan), telur sebanyak 5 butir (rebus dibelah dua), gula merah/jawa cukup 2 sdm (dihaluskan), garam sekitar 1 sdt, 200 cc santan kental, daun jeruk sebanyak 3 lbr, asam jawa sebanyak ¾ sdm (diperas dengan sedikit air).

Apabila semua bahannya sudah siap, Anda hanya tinggal memasukan semua bahan  tersebut lalu masak hingga tercampur dan mengental secara sempurna. Telur pindang siap disajikan.

Cara Membuat Bubuk Kedelai

Bahan terakhir yang akan kita buat adalah bubuk kedelai. Pertama-tama siapkan kedelai sebanyak 200 g disangrai, bawang putih sebanyak 8 siung, 1 ruas kencur, garam sekitar ½ sdt, dan ¾ sdt gula. Selanjutnya sangrai bawang putih bersama dengan kencur hingga harum dan masukan semua bahan-bahan lainnya hingga tercampur merata.

Cara Menyajikan Lontong Cap Gomeh

Setelah semua menu makanan di atas siap, silahkan campurkan semuanya dalam piring saji. Pertama bisa Anda letakan lontong, kemudian opor daging, sambal ati ampela, sayur lodeh, telur pindang, dan terakhir taburi dengan bubuk kedelai.

Nah itulah resep lontong cap gomeh spesial yang dapat Anda coba buat di rumah. Kini Anda tidak perlu lagi menunggu hari Imlek untuk menyantapnya karena Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Selamat mencoba dan selamat menikmati.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar