Bacaterus / Resep Kue / Resep Kue Talam Ubi Ungu yang Enak dan Lezat

Resep Kue Talam Ubi Ungu yang Enak dan Lezat

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak sekali sajian kuliner yang lezat-lezat. Kuliner-kuliner tradisional Nusantara sudah ada sejak jaman dahulu dan terpelihara sampai sekarang. Meskipun kini telah ada banyak sekali kuliner asing yang masuk dan mencoba menggeser, namun kepopuleran dari kuliner khas Indonesia seakan tidak lekang oleh waktu.

Salah satu kuliner yang cukup terkenal di seluruh Nusantara adalah talam ubi. Mungkin kuliner satu ini masih terdengar cukup asing di telinga sebagian dari kita. Akan tetapi, percaya atau tidak menu kuliner tersebut dulu cukup populer. Talam ubi populer di semua kalangan, mulai dari anak-anak sampai dengan orang dewasa menyukainya.

Apa Itu Kue Talam?

Kue talam merupakan salah satu jajanan tradisional khas Indonesia yang mudah kita temukan di mana-mana. Pada saat bulan puasa, menu kue talam ini menjadi semakin populer di kalangan masyarakat Indonesia bersama dengan kolak. Kue talam umumnya dibuat dari bahan tepung. Mulai dari tepung beras, tepung singkong (tapioka), tepung terigu, tepung sagu, dan masih banyak lagi.

Bisa dibilang, tepung-tepung yang digunakan untuk membuat kue talam memiliki kadar glikemik indeks yang cukup tinggi. Sehingga rasanya sangatlah manis. Akan tetapi, mirisnya sekarang ini banyak beredar kue talam yang dicampuri bahan berbahaya, seperti dicampur sakarin dan bahan pengawet.

Jenis-Jenis Kue Talam

resep kue talam ubi ungu

Pada awalnya, kue talam hanya dibuat dari satu jenis bahan saja. Namun seiring dengan perkembangan jaman, sekarang ini kue talam sudah ada banyak sekali jenisnya. Adapun jenis-jenis kue talam antara lain:

  • Kue talam pandan
  • Kue talam lapis ketan
  • Kue talam tape
  • Kue talam durian
  • Kue talam pisang
  • Kue talam singkong
  • Kue talam jagung
  • Kue talam ubi
  • Kue talam bulan (khas Betawi), dan masih banyak lagi.

Dari banyaknya jenis kue talam diatas, kue talam ubi lah yang paling banyak diminati oleh masyarakat. Jenis ubi yang digunakan juga bervariasi, mulai dari ubi ungu, ubi merah, hingga ubi kuning. Saat ini yang cukup banyak diminati adalah talam ubi ungu.

cara membuat kue talam ubi ungu

Kue talam ubi ungu memiliki rasa yang cukup khas dan lembut di lidah. Rasa lembut dan nikmat tersebut terbalut dengan gurihnya air santan kepala kental. Camilan inipun bisa Anda jadikan sebagai santapan saat bersantai bersama dengan keluarga tercinta.

Tidak perlu membeli kue talam ubi ungu di luar, karena Anda juga bisa mencoba membuat camilan tradisional tersebut di rumah. Berikut ini kami sajikan resep kue talam ubi ungu dan cara membuatnya yang sangat mudah.

Bahan Kue Talam Ubi Ungu

Untuk membuat kue satu ini sangatlah mudah sekali, Anda hanya perlu membuat dua buah lapisan yakni lapisan atas dan bawah. Selain mudah, bahan-bahan yang diperlukan pun juga tidak terlalu asing, sehingga tidak terlalu sulit didapat. Adapun bahan-bahan yang perlu disiapkan antara lain sebagai berikut.

Bahan lapisan atas:

  • Ubi ungu sebanyak 400 gram
  • Tepung kanji sekiranya 100 gram
  • Tepung beras cukup dengan 100 gram
  • Gula pasir sebanyak 150 gram
  • Santan kelapa kental sekitar 300 ml
  • Agar-agar bubuk putih sebanyak 1 sdm
  • Garam cukup dengan 1 sdm

Bahan lapisan bawah terdiri dari:

  • Tepung beras sebanyak 3 sdm
  • Tepung kanji sebanyak 50 gram
  • Santan kental cukup dengan 200 ml
  • Garam sekiranya 1 sdm

Cara Membuat Kue Talam Ubi Ungu

Setelah semua bahannya siap, sekarang kita bisa langsung mengolah resep kue talam ubi ini. Langkah pertama kita dapat membuat lapisan atasnya terlebih dahulu. Caranya kukus ubi jalar ungu hingga benar-benar matang dan empuk. Setelah itu kupas kulitnya sampai benar-benar bersih.

Selanjutnya siapkan sebuah wadah, lalu haluskan ubi jalar yang telah dikupas tadi dan masukan ke dalam wadah tersebut. Dalam wadah itu campurkan juga tepung kanji, tepung beras, santan kental, garam, agar-agar, dan gula pasir. Aduk-aduk sampai semua bahan tersebut dapat tercampur secara merata.

Siapkan sebuah cetakan kue, bila ada cetakan kue khusus kue talam. Setelah itu, olesi cetakan tersebut dengan minyak terlebih dahulu agar tidak lengket. Jika sudah, tuang adonan lapisan atas yang telah Anda buat tadi. Usahakan adonan merata secara sempurna.

Apabila sudah, kukus adonan yang ada dalam cetakan tadi kurang lebih selama 10 menitan. Sambil menunggu, Anda bisa membuat lapisan bawahnya.

Untuk membuat lapisan bawah sebenarnya mirip dengan cara membuat lapisan atas. Campurkan terlebih dahulu tepung kanji, tepung beras, santan, dan garam. Aduk-aduk semua bahan tadi sampai tercampur merata dan membentuk tekstur mirip dengan lapisan atas sebelumnya.

Tuang adonan lapisan bawah ke dalam adonan yang telah dikukus selama kurang lebih 10 menit tadi. Kukus kembali selama 15 menit, apabila sudah matang tumpahkan ke sebuah piring saji. Biasanya santan putih akan berada diatas bahan ubi ungu.

Sajikan kue talam ubi ungu saat dingin agar rasanya semakin lezat di lidah. Anda juga bisa menambahkan toping di atasnya agar semakin nikmat seperti misalnya menambahkan susu, meises, parutan keju, dan masih banyak lagi.

Bagaimana, sangat mudah kan? Seperti itulah resep kue talam ubi ungu yang bisa kami sajikan untuk Anda. Apabila ingin membuat kue talam ubi dalam porsi besar, Anda bisa menambahkan takaran bahan yang digunakan lebih banyak lagi, khususnya jika ingin menyajikan kue satu ini saat arisan atau jamuan tamu. Selamat mencoba!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *