Bacaterus / Resep Kue Kering / Resep Kue Semprong Wijen Yang Renyah dan Gurih

Resep Kue Semprong Wijen Yang Renyah dan Gurih

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Indonesia cukup terkenal dengan jajanan khasnya yang mendunia, mulai dari jajanan kue basah sampai dengan jajanan dalam bentuk kue kering. Masing-masing kue tersebut menawarkan rasa yang berbeda-beda. Kue basah mampu menyajikan rasa empuk dan lembut di lidah, sedangkan camilan kue kering dapat memberikan sensasi renyah dan crispy di lidah penikmatnya.

Salah satu kue kering yang cukup populer di Indonesia adalah kue semprong. Biasanya kue kering ini disajikan saat acara-acara penting seperti ketika hajatan pernikahan, arisan keluarga, kondangan, syukuran, dan masih banyak lagi. Untuk menemukan kue semprong sangatlah mudah, karena hampir disetiap toko roti pasti menyajikan jajanan khas satu ini.

Tentang Kue Semprong di Indonesia

Mungkin sebagian dari kita masih cukup asing ketika mendengar nama kue satu ini. Nama kue semprong sendiri sampai sekarang belum diketahui dari mana asalnya. Berbagai daerah menyebut kue ini dengan nama yang berbeda-beda. Di Sumatera kue ini diberi nama dengan Kue Sapik, sedangkan di Jawa Timur (khsusnya Blitar) kue ini sering disebut dengan Opak Gambir.

Kue ini juga dikenal dengan kue Opak Gulung, sebab ketika membuatnya kita harus menggulung-gulung adonan di atas wajan sampai membentuk sebuah tabung berongga. Namun ada pula semprong yang dibuat dengan melipat adonan membentuk amplop segi empat dan lipatan segitiga mirip kipas yang biasanya disebut sebagai kue sepit.

Apapun lipatan yang dibentuk dari kue ini, cetakan semprong hanya menggunakan satu macam saja. Bisa dipastikan nama kue semprong di setiap daerah itu berbeda-beda. Selain namanya yang cukup bermacam-macam, kue ini sekarang juga menjadi perebutan mengenai hak paten.

resep kue semprong wijen

Di Kalimantan, tepatnya di daerah Sekadau (150 KM dari Pontianak) kue ini dianggap sebagai camilan khas daerah tersebut. Namun pada tahun 2002, kue semprong ini kadarnya telah dipatenkan sebagai kue khas dari kota Cimahi.

Dalam sejarahnya sendiri, banyak yang mengatakan jika kue semprong ini dibawa oleh orang-orang Belanda. Kue ini sendiri mirip seperti kue krumkake yang berasal dari Norwegia, namun dengan berbagai modifikasi pada bahan yang digunakannya.

Selain, kue semprong juga memiliki bentuk yang identik dengan kue egg roll yang pernah kami ulas cara membuatnya di artikel ini. Namun kue egg roll tersebut berbeda bahan pembuatannya karena hanya menggunakan sedikit tepung sagu tanpa santan kelapa.

Di mana pun kue semprong ini berasal, yang jelas kue kering ini menjadi santapan yang cukup lezat ketika bersantai bersama keluarga. Tidak perlu Anda membeli kue ini di toko roti, karena sebenarnya cara membuat kue semprong cukup mudah. Nah bagi Anda yang hobi memasak, silahkan coba resep kue semprong wijen yang renyah dan gurih berikut ini.

Bahan-Bahan Kue Semprong

cara membuat kue semprong renyah

Sebelum kita memulai, lebih baik Anda persiapkan bahannya terlebih dahulu. Bahan-bahan untuk membuat kue semprong bisa diperoleh di swalayan ataupun pasar tradisional, karena bahan yang diperlukan sangat mudah didapatkan. Adapun bahan-bahan tersebut antara lain:

  • Santan kelapa sebanyak 200 ml
  • Telur ayam cukup dengan 3 butir
  • Tepung beras sebanyak 250 gr
  • Gula halus sebanyak 165 gr
  • Garam halus sekiranya cukup 1/2 sendok teh
  • Tepung sagu sebanyak 50 gr
  • Margarine yang sudah dilelehkan sekitar 60 gr
  • Wijen sebanyak 50 gr

Cara Membuat Kue Semprong Wijen

Setelah semua bahan siap, sekarang mari kita mulai membuat resep kue semprong ini. Langkah pertama siapkan dulu sebuah wadah kecil untuk mengocok telur dan gula. Pecahkan telur dalam wadah tersebut dan kocok bersama dengan gula sampai mengeluarkan warna putih serta berbuih.

Masukan tepung sagu dan tepung beras ke dalam kocokan telur tersebut. Namun usahakan sambil menyaring tepung tadi, ini berguna agar kue nanti memiliki tekstur yang lebih lembut dan renyah. Aduk-aduk adonan tepung tadi sampai tercampur secara merata.

Tuangkan santan dan margarine ke dalam adonan tersebut sambil tetap terus dilakukan pengadukan agar bisa tercampur secara merata. Tambahkan wijen dan garam ke dalamnya, lalu lakukan pengadukan sampai tercampur secara merata lagi.

Sekarang kita siapkan cetakan kue semprong tersebut. Olesi cetakan tadi dengan menggunakan sedikit margerine atau minyak secara merata, lalu panaskan. Setelah panas, ambil adonan sebanyak 1 sendok sayur dan ratakan pada bagian cetakan tersebut.

https://www.youtube.com/watch?v=EWqPr3QGbE0

Sambil memanggang adonan, lakukan gerakan bolak-balik agar semua bagian bisa matang secara merata. Buka cetakan tersebut setelah sekiranya matang. Jangan tunggu lama-lama, selagi masih hangat (setelah membuka cetakan) gulung adonan tadi dengan menggunakan lidi atau sendok garpu.

Setelah itu diamkan kue tersebut sampai dingin dan mengeras. Anda dapat langsung menyajikan kue ini atau menyimpannya untuk acara-acara tertentu. Pastikan Anda menyimpannya di topless kedap udara agar kue semprong ini tetap renyah ketika disajikan.

Tips Agar Kue Semprong Semakin Enak

Mungkin sebagian dari kita belum puas dengan kue semprong yang biasa-biasa saja. Nah agar semakin nikmat, Anda dapat mengikuti beberapa tips sederhana berikut ini:

  • Tambahkan isian pisang, coklat, atau lainnya

Ketika adonan sudah setengah matang, silahkan tambahkan selai pisang ke dalam kue tersebut. Kemudian gulung sampai membentuk tabung. Rasa pisang yang lembut dan empuk akan semakin nikmat dengan tekstur luar kue semprong yang krispi. Selain pisang, Anda juga bisa menambahkan isian lain seperti selai, cokelat, meises, es krim dan lainnya sesuai selera masing-masing.

  • Masukan ke dalam kulkas

Kue semprong semakin nikmat apabila kita konsumsi dalam keadaan renyah. Supaya kue tersebut semakin renyah dan nikmat, silahkan sebelum Anda mengonsumsi masukan dulu ke kulkas kira-kira selama 30 menitan. Suhu yang dingin akan membuat kue ini semakin nikmat, terutama jika dikonsumsi bersama dengan es krim yang lembut dan manis.

Itulah sajian informasi singkat mengenai resep kue semprong dan cara membuatnya. Sajikan kue semprong yang lezat ini ketika keluarga sedang bersantai ataupun ketika ada acara hajatan. Sekian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat dan selamat mencoba!

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *