Bacaterus / Resep Kue / Resep Kue Pancong Terigu Kelapa Khas Betawi

Resep Kue Pancong Terigu Kelapa Khas Betawi

Ditulis oleh - Diperbaharui 5 Februari 2019

Indonesia sebenarnya merupakan negara yang memiliki jajanan tradisional paling beragam di seluruh dunia. Mulai dari jajanan kue kering, kue basah, isian, dan masih banyak lagi. Namun sayangnya, jajanan-jajanan tradisional tersebut seakan sudah sangat jarang sekali kita temui.

Padahal jaman dahulu setiap gang di desa pasti ada pedagang yang menjual jajanan tradisional khas Indonesia.Jajanan tradisional sekarang jarang ditemui karena banyak sekali camilan asal mancanegara yang masuk ke tanah air. Sebut saja seperti tempura, nugget, sosis, coklat Belgia, dan masih banyak lagi.

Masyarakat lebih memilih kuliner yang baru tersebut dari pada menikmati kuliner tradisional yang ada sejak jaman dulu. Meskipun sebenarnya jika dirasakan, jajanan tradisional juga tidak kalah lezat dan nikmat dari pada camilan asal luar negeri tersebut.

Kue Pancong, Jajanan Tradisional Betawi yang Mulai Menghilang

Salah satu jajanan tradisional Indonesia yang saat ini mulai menghilang adalah Kue Pancong. Menurut catatan sejarah, jajanan kue basah ini berasal dari Jakarta, tak ayal banyak orang menyebut Kue Pancong sebagai ikon Betawi. Selain karena pengaruh camilan negara asing yang masuk, hilangkan kue Pancong di hati masyarakat juga terjadi karena masalah pembuatan.

Menurut para pedagang yang dulu menjual kue satu ini, mereka mengalami kerugian yang cukup besar. Mengapa? Karena bahan untuk membuat Kue Pancong sendiri tergolong mahal, sedangkan untuk harga jual kue tersebut sangatlah murah sekali di kalangan masyarakat. Sehingga menyebabkan banyak penjual Kue Pancong mengalami gulung tikar.

Apa Itu Kue Pancong?

resep kue pancong kelapa

Kue Pancong merupakan sebuah varian kue basah yang memiliki bentuk setengah lingkaran. Kue satu ini terbuat dari bahan-bahan seperti santan, tepung beras, kepala, dan garam. Kue Pancong sangat terkenal dengan rasanya yang cukup gurih-gurih asin, rasa nikmat tersebut tak lain berasal dari perpaduan bumbu seperti santan dan garam.

Melihat kue satu ini sekilas mirip dengan kue pukis, namun untuk masalah rasa sudah jelas sangatlah berbeda. Selain itu, kue pukis juga menggunakan ragi sebagai salah satu bahannya sehingga bentuknya menjadi lebih mengembang.

Ada lagi kue yang mirip dengan kue pancong ini yakni kue bandros. Sebenarnya terdapat banyak perdebatan mengenai perbedaan dua kue tersebut, ada yang bilang kalau bandros itu asin dan pancong itu manis, dan ada juga yang sebaliknya.

cara membuat kue pancong manis

Kue pancong sendiri merupakan sebutan yang populer digunakan di daerah Jakarta, baik itu untuk yang rasanya asin ataupun manis. Sedangkan kue bandros lebih populer di Jawa Barat dengan variasi bandros manis dan bandros asin.

Terlepas dari perdebatan tersebut, yang jelas kedua kue tersebut memiliki bahan dan bentuk yang mirip. Untuk masalah nama mungkin akan berbeda-beda di setiap daerah, tergantung dari kebiasaan penyebutannya sejak jaman dahulu.

Nah, bagi Anda yang memiliki hobi memasak kue, resep kue pancong berikut ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Untuk membuatnya Anda bisa menggunakan cetakan kue pukis atau kue bandros, sebab cetakan kedua jenis kue ini pada dasarnya sama.

Bahan-Bahan Kue Pancong

Untuk membuat kue tradisional ini sebenarnya sangatlah mudah, hanya memerlukan waktu kurang dari 1 jam Anda bisa menikmatinya. Selain mudah, bahan-bahan yang dibutuhkan pun juga tidak terlalu sulit didapat. Bahan-bahan kue Pancong antara lain seperti:

  • Tepung beras sebanyak 250 gram, pilih kualitas terbaik
  • Garam cukup sebanyak 1 sendok teh saja
  • Kelapa yang sudah diparut halus sebanyak 250 gram
  • Santan kental sekitar 600 ml, bisa disesuaikan dengan selera
  • Keju sesuai selera masing-masing, silahkan diiris tipis-tipis.

Cara Membuat Kue Pancong

Setelah semua bahannya siap, sekarang kita bisa mulai mengolah resep kue pancong ini. Pertama kalinya siapkan sebuah wadah yang akan kita gunakan untuk membuat adonan terlebih dahulu, Anda bisa memilih wadah berukuran sedang-sedang saja.

Kemudian dalam wadah tersebut campurkan antara kelapa parut, garam, dan tepung terigu. Aduk-aduk bahan tersebut sampai tercampur dengan merata. Anda bisa mengaduknya dengan menggunakan tangan bersih agar lebih tercampur bahan-bahan tersebut. Diamkan.

Sekarang ambil santan kelapa yang telah disiapkan tadi, lalu rebus di dalam panci sampai mendidih. Usahakan ketika merebus Anda juga mengaduknya, ini berguna agar tekstur santan tidak menjadi pecah. Selain itu pastikan pula untuk menggunakan api sedang, jangan api besar.

Setelah santan sudah direbus tunggulah sebentar agar sedikit hangat. Jika sudah hangat masukan santan tersebut ke dalam wadah yang telah kita campurkan tepung terigu dan parutan kelapa tadi. Masukan sedikit demi sedikit saja sambil Anda uleni dengan menggunakan tangan bersih.

Tekstur kue nanti sangat ditentukan dari adonan, oleh karenanya buatlah sebuah adonan yang pas. Pastikan adonan yang Anda buat tidak terlalu encer, adonan terbaik adalah mirip dengan adonan pasta/krim Sekarang ambil cetakan kue Pancong, jika tidak ada Anda bisa menggunakan cetakan kue pukis. Panaskan cetakan tersebut dengan mengolesi mentega secukupnya saja.

Apabila sudah panas, kini kita siap memasak kue Pancong tersebut. Caranya tuang adonan yang telah dibuat ke dalam cetakan panas tadi, usahakan untuk menuangnya sampai penuh agar ketika matang kue bisa tersambung antara satu dan lainnya. Tambahkan pula parutan keju sebagai topingnya.

Tunggu kue tersebut sampai matang secara sempurna, tanda kue Pancong sudah matang adalah berubah warna menjadi kecoklat-coklatan. Namun jika Anda ingin tekstur yang lebih renyah dan krispy pada bagian kulitnya, silahkan masak lagi sampai agak sedikit gosong.

Setelah matang, angkat kue tersebut dan sajikan diatas piring bersama dengan teh manis hangat atau kopi susu hangat. Resep kue Pancong di atas akan semakin nikmat apabila Anda menggunakan toping sesuai dengan selera masing-masing.

Adapun bahan toping yang bisa Anda pilih selain keju antara lain seperti selai nanas, stroberi, coklat, susu kental manis, susu coklat, meises, dan masih banyak lagi. Jika tidak ada bahan di atas, maka Anda cukup menaburkan gula saja di atasnya agar menjadi kue pancong manis.

Jika tidak suka dengan rasa manis, maka Anda dapat membuatnya tanpa tambahan toping apapun. Anda juga dapat mencocolnya dengan saus agar rasanya menjadi sedikit pedas. Bagaimana mudah sekali bukan? Sekian ulasan cara membuat kue Pancong khas Betawi yang dapat kami berikan kali ini. Selamat mencoba!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar