Bacaterus / Resep Makanan Ringan / Resep Kue Panada Sederhana Khas Manado yang Empuk  

Resep Kue Panada Sederhana Khas Manado yang Empuk  

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Berbicara mengenai camilan khas Nusantara, memang tidak ada habis-habisnya. Salah satu camilan yang populer adalah panada. Sekilas melihat kue satu ini mirip dengan pastel, terutama bentuknya. Namun panada berbeda dengan pastel, perbedaan tersebut terletak pada bagian kulit dan isian.

Jika pastel menggunakan kulit dari bahan pastry, kulit panada menggunakan bahan yang mirip dengan roti. Sedangkan untuk isian, panada tidak menggunakan sayuran layaknya pastel, tetapi menggunakan ikan cakalang khas Manado. Apabila tidak ada ikan jenis tersebut, Anda juga bisa menggunakan ikan jenis lainnya.

Apa Itu Panada?

cara membuat kue panada sederhana

Panada merupakan salah satu jenis kue khas Manado yang cukup populer selain klappertaart. Banyak orang yang mengatakan kue satu ini berasal dari Belanda, tetapi ada pula yang beranggapan kue panada berasal dari Portugis karena mirip dengan pastel.

Namun menurut ahli sejarah di Manado, kue panada sebenarnya berasal dari bangsa Spanyol atau Portugis. Konon, sebelum Belanda masuk ke Indonesia, bangsa Portugis dan Spanyol lah yang pertama kali datang ke Minahasa.

Dalam bahasa Spanyol, panada dikenal dengan nama empanada, yang berarti isian makanan berupa ikan dan dibungkus dengan roti. Kepopuleran dari panada tidak hanya terbatas di kawasan Manado dan sekitarnya saja, namun kue satu ini juga cukup dikenal luas di Spanyol dan negara-negara jajahannya yang lain.

Akan tetapi untuk panada di Manado memiliki rasa berbeda dengan di Spanyol. Pasalnya panada khas Manado sudah banyak menggunakan bahan-bahan asli Indonesia sehingga rasanya sudah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia.

Hadir sebagai kue yang mirip pastel, panada menggunakan isian dari bumbu panpis. Menurut orang Manado, bumbu panpis merupakan ikan cikalang yang dimasak dengan bawang merah, daun jeruk, kemangi, cabe merah, daun bawang, dan bumbu rempah lainnya. Kemudian bumbu tersebut dimasukan kedalam sebuah adonan dan digoreng dengan minyak sampai matang.

Seiring dengan berkembangnya jaman, saat ini sudah banyak variasi resep kue panada yang tidak hanya menggunakan ikan sebagai isiannya. Salah satu di antaranya adalah kue panada isi daging ayam dan isi sayuran sehingga agak mirip dengan pastel.

Panada biasanya dibuat dalam bentuk yang cukup besar, sehingga mengonsumsi satu kue panada saja sudah terasa kenyang di perut. Namun Anda bisa menyesuaikan ukuran kue panada tersebut secara lebih kecil, jika memang dirasa kue panada tersebut besar dan tidak muat di dalam perut nanti.

Selain itu, di daerah asalnya sana kue panada ini juga dibuat dengan bumbu yang lebih pedas sesuai dengan selera orang Manado yang sangat menyukai makanan pedas. Apabila Anda tidak suka pedas, Anda juga bisa mencicipi panada rasa lain.

Memang di Manado banyak sekali toko roti dan warung yang menjual kue panada, tetapi akan lebih spesial lagi apabila kita bisa membuat kue tersebut sendiri di rumah. Cara membuat kue panada juga cukup mudah dan bisa dicoba sendiri di rumah.

Bahan-Bahan Kue Panada

resep kue panada empuk

Sebelum membuat resep kue panada ini, mari kita siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Bahan yang diperlukan untuk membuat panada terdiri dari 3 jenis yakni bahan isian, kulit, dan bumbu halusan. Berikut selengkapnya:

Bahan isian:

  • Ikan cakalang atau ikan tongkol, sebanyak 200 gram
  • Air jeruk nipis sekiranya 1 sdm
  • Tomat cukup dengan 2 buah, cincang halus
  • Santan sebanyak 250 ml
  • Daun jeruk sebanyak 4 lembar, buah tulangnya
  • Daun kemangi cukup dengan 1 ikat, iris halus

Bumbu halusan:

  • Bawang putih sebanyak 2 siung
  • Bawang merah sekiranya 5 butir
  • Kemiri cukup dengan 2 buah, sangrai
  • Cabai merah sebanyak 5 buah
  • Jahe cincang sekiranya 1 sdt
  • Garam cukup sekitar ½ sdt

Bahan kulit:

Cara Membuat Kue Panada

Pertama kalinya bersihkan terlebih dahulu ikan cakalang yang telah dipersiapkan. Agar ikan tidak bau amis lumurilah dengan menggunakan perasan air jeruk nipis. Diamkan sejenak selama kurang lebih 30 menitan atau sampai air jeruk nipis meresap.

Selanjutnya siapkan sebuah kukusan, dan setelah direndam 30 menit kukuslah ikan  tersebut sampai matang dan empuk. Kemudian selagi masih hangat suwir-suwir daging ikan tersebut secara kasar. Sisihkan terlebih dahulu.

Selanjutnya, panaskan sedikit minyak untuk menumis. Tumislah bumbu-bumbu halusan yang telah kita persiapkan tadi. Tumis bumbu halusan tersebut sampai mengeluarkan aroma yang harum atau wangi. Setelah harum, masukan tomat cincang kedalam tumisan tersebut dan tuangkan santan.

Sambil memasak santan, berikan adukan lembut agar tekstur tidak pecah, setelah itu masukan suwiran ikan dan daun jeruk. aduk-aduk sampai matang secara sempurna, apabila bumbu sudah meresap ke dalam daging ikan, tambahkan daun kemangi dan masak sampai layu.

Setelah selesai membuat isian, kita akan membuat kulitnya. Caranya cukup mudah, masukan tepung terigu ke dalam sebuah wadah dan bentuk lubang di tengahnya. Selanjutnya masukan kocokan telur, gula, dan garam.

Aduk dan uleni adonan tersebut sampai tercampur secara merata. Pastikan adonan sudah kalis dan mudah dibentuk. Bulatkan adonan dan diamkan kurang lebih 2 jam agar mengembang.

Selanjutnya bagilah adonan yang telah Anda bentuk tadi menjadi 12 bagian yang sama besar. Kemudian pipihkan masing-masing bulatan tersebut setebal 1/4 cm, lalu letakan 1.5 sendok makan bahan isian yang telah dibuat.

Lipat adonan pipih tersebut sampai membentuk setengah lingkaran, pilin bagian yang terbuka agar tertutup secara sempurna. Lakukan untuk semua bulatan lain, jika sudah diamkan 10 menit agar mengembang lagi.

Terakhir kita akan memasak semua adonan tersebut. Caranya panaskan minyak lalu gorenglah adonan kue panada tersebut sampai matang yang ditandai dengan perubahan warna menjadi kecoklatan. Setelah matang silahkan angkat dan tiriskan.

Sajikan kue panada tersebut selagi masih hangat. Anda dapat memakannya secara langsung atau bisa juga dengan tambahan sambal dabu-dabu agar semakin pedas. Untuk membuat sambal dabu-dabu khas Manado tersebut, silahkan simak artikel ini.

Itulah informasi singkat seputar resep kue panada lezat dan mudah yang dapat kami sajikan. Kini Anda dapat mencoba membuatnya sendiri tanpa perlu jauh pergi ke Manado. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *