Bacaterus / Resep Kue / Resep Kue Lumpur Kentang yang Enak dan Istimewa

Resep Kue Lumpur Kentang yang Enak dan Istimewa

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Oktober 2019

Siapa yang tidak kenal dengan kue lumpur? Tentulah pasti kebanyakan orang sudah mengenal kue satu ini. Diberi nama ‘Lumpur’ karena kue satu ini memiliki tekstur yang sangat lembut mirip dengan lumpur yang ada di sawah.

Biasanya kue lumpur banyak dijajakan di toko-toko roti. Masyarakat sering menggunakan kue satu ini sebagai sajian untuk para tamu arisan, pernikahan, dan bahkan ulang tahun. Kepopuleran inilah yang membuat Bacaterus ingin berbagi resep kue lumpur kentang pada kesempatan kali ini.

Kue Lumpur Adalah Pastel Natal

Sejarah mencatat sampai awal abad ke 20 yang lalu, kue lumpur satu ini memiliki memiliki warna kuning telur, berwarna bulat dengan beberapa tanda bakaran pada bagian sisinya. Kue satu ini sebenarnya berasal dari bangsa Tionghoa yang dibawa masuk ke Indonesia sejak masa penjajahan dulu.

Akan tetapi setelah diusut lebih dalam, ternyata kue lumpur berasal dari Lisbon Portugal. Di sana kue satu ini diberi nama dengan Pesteis de Nata atau pastel Natal. Seperti dikutip dari Kompasiana, kemunculan dari kue satu ini berawal ketika adanya Revolusi Pembebasan dari Inggris setelah jatuhnya Napoleon.

Akibat dari Revolusi Pembebasan tersebut, perekonomian Portugal sangatlah kacau. Banyak sekali para biara-biara yang dibubarkan begitu saja karena tidak bisa mencukupi kebutuhan hidupnya. Kemudian dengan ide dan kreativitas yang ada, para biarawan dan biarawati tersebut memutuskan untuk menjual sebuah kue di depan pabrik gula milik Yahudi.

resep kue lumpur kentang

Melihat kesuksesan penjualan kue yang dilakukan oleh para biara Portugis, kemudian pemilik perusahaan pabrik gula (orang Yahudi) tersebut membeli usaha tersebut. Agar meningkatkan kepopuleran Pastel Natal tersebut, orang Yahudi meminta para biara untuk membantunya.

Selanjutnya kue tersebut dikreasikan lagi dengan cara membuat mengeripik pada bagian sisinya. Untuk menciptakan tersebut bangsa Yahudi menggunakan sebuah mangkuk bernama phyllo. Kemudian pada tahun 1870 dibukalah sebuah toko roti Pastel Natal tersebut yang terletak di sebelah Biara Jerome.

Menariknya, sampai sekarang toko tersebut masih tetap buka. Toko tersebut terhitung sudah berusia lebih dari 200-an tahun. Dikembangkan secara turun temurun, setiap harinya toko tersebut mampu menjual kue lumpur minimal tidak kurang dari 10.000. Kue tersebut dijual pada satu paket yang berisi 6 biji masing-masing memiliki harga 1.05 euro.

Bahan-Bahan Kue Lumpur Kentang

kue lumpur kentang

Masuk ke negara Indonesia, kue lumpur seakan mampu disulap menjadi kue yang khas dengan lidah masyarakat sendiri. Salah satu varian kue lumpur yang cukup populer di tanah air adalah kue lumpur kentang. Untuk masalah rasa, kue lumpur kentang ini tergolong cukup menggoda.

Nah bagi Anda yang tertarik untuk membuatnya sendiri di rumah, kali ini Bacaterus akan mengulas resep kue lumpur kentang tersebut. Sebelum membuatnya, siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang diperlukan antara lain:

  • Tepung terigu cukup sebanyak 500 gr
  • Kentang yang dikukus dan dihaluskan sekiranya 250 gr
  • Santan cair sebanyak 850 ml
  • Margarine yang dicairkan cukup dengan 250 gr
  • Telur ayam sebanyak 4 butir
  • Gula pasir cukup 250 gr
  • Garam sekiranya ½ sdt
  • Vanili cukup kiranya ½ sdt
  • Daging dari 1 buah kelapa muda
  • Kismis secukupnya saja

Cara Membuat Kue Lumpur Pandan

Tahap pertama siapkan terlebih dahulu sebuah wadah dan pengaduk untuk membuat adonan. Ke dalam wadah tersebut masukan telur, gula, dan vanili. Kocok bahan-bahan tersebut dengan menggunakan bantuan mixer selama kurang lebih 10 menitan.

Apabila sudah mengembang dan tercampur rata, masukan kentang ke dalamnya. Aduk-aduk kembali sampai kentang tersebut halus dan tercampur secara merata. Selanjutnya masukan tepung terigu sedikit demi sedikit ke dalamnya. Jika Anda ingin tekstur kue lumpur semakin lembut, maka Anda bisa mengayak tepungnya terlebih dahulu sebelum memasukan ke dalam wadah.

Setelah tercampur merata dan membentuk adonan, masukan santan dan garam sedikit demi sedikit. Sambil memasukan santan tersebut berikan adukan lembut agar bahan dapat tercampur secara merata. Apabila ingin lebih lembut lagi, Anda masih bisa menyaring adonan tersebut kembali pada langkah ini.

Berikutnya siapkan cetakan khusus untuk kue lumpur. Tuangkan adonan yang telah dibuat tadi masing-masing kedalam setiap cetakan secara merata. Jika semuanya sudah, panaskan cetakan tersebut kurang lebih 1-2 menitan.

Dalam memasak kue lumpur sebenarnya bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Jika ingin teksturnya lembut dan padat, panggang selama 1-2 menitan. Namun apabila suka dengan tekstur kenyal, lembut, dan ada renyah pada bagian bawahnya pangganglah selama lebih dari 5 menit.

Langkah terakhir, tambahkan toping seperti kismis di atasnya agar lebih nikmat. Jangan lupa sebelum menyajikan masukan kedalam kulkas agar lebih kenyal dan nikmat. Kue lumpur ini sangat pas disajikan pada saat berkumpul bersama keluarga.

Bagaimana, mudah sekali bukan? selain mudah, Anda pun bisa berkreasi sendiri dengan memberikan sedikit sentuhan kreativitas. Seperti misalnya membuat adonan menjadi warna-warna agar lebih menarik, menambahkan toping susu kental manis, meises, parutan keju supaya lebih lezat, dan masih banyak lagi.

Resep kue lumpur kentang di atas sangat cocok diterapkan bagi Anda yang kehabisan ide dalam memberikan jamuan kepada tamu ataupun membuat camilan untuk keluarga tercinta. Karena dengan langkah yang mudah, tanpa perlu pandai memasak pun Anda bisa membuatnya di rumah.

Itulah informasi singkat mengenai resep dan cara membuat kue lumpur kentang yang dapat kami sampaikan. Ada kurang lebihnya mohon maaf, semoga dapat bermanfaat dan menjadi sumber referensi resep masakan terpercaya bagi Anda. Selamat mencoba!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *