Bacaterus / Resep Kue / Resep Kue Lumpang Pandan Hijau Khas Palembang

Resep Kue Lumpang Pandan Hijau Khas Palembang

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 Desember 2018

Pernahkah Anda mencicipi kue lumpang? Jika belum pernah, silahkan langsung saja datang ke Palembang. Di sana banyak toko roti dan warung makan yang menawarkan menu camilan berbentuk kue yang imut ini.

Berasal dari Pelambang, kue lumpang biasanya dinikmati bersama dengan secangkir susu atau kopi. Orang-orang di Palembang sejak dahulu sampai sekarang banyak yang mengonsumsi kue basah ini untuk sarapan pagi ataupun untuk camilan.

Kue lumpang tergolong berbeda dari jenis kue basah lain. Mulai dari perbedaan dalam hal pembuatan hingga rasa yang dimiliki. Kue lumpang ini sendiri memiliki rasa yang cukup manis dan nikmat. Untuk masalah tekstur, kue lumpang sangat lembut dan mampu menggoyang lidah kita.

Sekilas Tentang Kue Lumpang

cara membuat kue lumpang palembang

Berbicara mengenai camilan tradisional Indonesia, kita akan menemukan banyak sekali jenis camilan dengan nama-nama yang unik. Ada yang mengambil nama dari bahannya, dari bentuknya, hingga dari orang yang membuatnya pertama kali. Salah satu kuue dengan nama unik tersebut adalah kue lumpang.

Pengambilan nama “lumpang” menurut warga Palembang didasarkan pada bentuk kue tersebut. Ya, bentuk kue basah ini mirip dengan lumpang atau lesung, yakni sebuah bejana yang biasa digunakan orang jaman dulu untuk menumbuk padi, kopi, dan bahan lainnya.

Sekilas tampilan kue satu ini kurang menarik, yakni berbentuk bulat dengan cekungan di tengahnya dan terlihat mengkilap. Namun jangan salah mengenai rasa yang ditawarkan, dijamin Anda akan selalu ketagihan hanya dalam gigitan pertama saja.

Kue lumpang biasanya dibuat dengan 3 macam warna yang berbeda, yakni putih, coklat, dan juga hijau. Kue lumpang putih bisanya hanya menggunakan gula pasir, kue lumpang coklat menggunakan gula merah atau gula jawa, sedangkan kue lumpang hijau menggunakan daun pandan.

Awal kemunculan kue lumpang sendiri menurut catatan sejarah sudah sejak tahun 80an silam. Pertama kalinua kue satu ini dijual oleh pedagang secara keliling komplek, namun seiring dengan perkembangan jaman kue tersebut tergeser oleh kedatangan camilan khas luar negeri.

Sama seperti makanan-makanan tradisional lainnya, untuk menemukan kue lumpang sekarang ini agak sedikit sulit, terutama apabila kita tidak berada di wilayah Palembang dan sekitarnya. Meskipun demikian, Anda tidak usah khawatir sebab pada kesempatan kali ini bacaterus.com akan berbagi informasi seputar resep kue lumpang khas Palembang yang nikmat tersebut.

Bahan-Bahan Kue Lumpang Pandan

Membuat kue lumpang sebenarnya cukup mudah dan praktis, hanya saja Anda harus bisa membuat adonan yang lebih sempurna agar tekstur kue ini nantinya dapat lembut dan kenyal. Berikut bahan-bahan yang harus Anda siapkan untuk membuat adonannya:

  • Gula pasir sebanyak 100 gram, haluskan
  • Santan kental sekitar 200 ml, pilih kualitas terbaik
  • Pasta pandan sekiranya 1/2 sendok teh
  • Tepung beras sebanyak 120 gram
  • Tepung kanji cukup dengan 1 sendok makan
  • Garam halus sekitar 1/2 sendok teh
  • Minyak untuk mengoles cetakan secukupnya saja

Bahan taburan (sesuai selera):

  • Kelapa parut yang tidak terlalu tua
  • Garam secukupnya saja.

Cara Membuat Kue Lumpang Hijau

Pertama kalinya siapkan terlebih dahulu sebuah wadah untuk mencampurkan adonan, kemudian campurkan antara tepung beras, tepung kanji, gula pasir, dan garam halus dalam wadah tersebut. Agar tercampur merata, aduk-aduk bahan tersebut.

Selanjutnya masukan santan kelapa sedikit demi sedikit. Sambil memasukan santan kelapa tersebut uleni adonan tadi sampai kalis. Anda bisa menggunakan tangan ataupun bantuan mixer agar lebih praktis. Pastikan santan sudah tercampur merata bersama dengan adonan tepung.

Tambahkan pasta pandan ke dalam adonan tersebut, aduk-aduk lagi sampai tercampur secara merata. Kemudian diamkan adonan sebentar sekiranya 10 menit agar semua bahan dapat menyatu secara sempurna.

Sambil mendiamkan adonan tersebut, siapkan cetakan kue lumpang dan olesi dengan menggunakan minyak secukupnya saja agar adonan tidak lengket nantinya. Masukan adonan yang telah didiamkan tadi secara merata pada cetakan hingga habis.

Selanjutnya siapkan kukusan lalu kukus adonan yang telah ada dalam cetakan kue lumpang tadi selama kurang lebih 25 – 30 menitan. Apabila sudah setengah matang, taburkan parutan kelapa muda di atasnya secara merata. Tunggu sampai matang dan sajikan.

Kue lumpang ini dapat disajikan dan dimakan secara langsung sebagai camilan. Namun agar rasanya lebih gurih lagi, Anda dapat menambahkan parutan kelapa yang sudah dicampur garam ke atsnya, mirip seperti kue putu ayu.

Tips Agar Kue Lumpang Hasilnya Nikmat dan Menggoda

resep kue lumpang pandan hijau

Sekilas resep kue lumpang di atas sangatlah mudah untuk diikuti. Namun jangan salah, banyak juga yang gagal dalam mengolah kue basah satu ini. Biasanya kegagalan ketika memasak menyebabkan kue lumpang memiliki tekstur kasar, bantat, dan bahkan mudah hancur. Berikut ada beberapa tips untuk mengatasi itu semua:

  • Perhatikan adonan

Adonan yang kurang tepat atau sesuai terkadang dapat menyebabkan kue lumpang menjadi kurang kenyal, bantat, dan bahkan mudah hancur. Oleh sebab itu, gunakan adonan yang pas. Adonan yang pas untuk membuat kue lumpang adalah mirip dengan pasta atau kalis, hindari adonan terlalu encer dan terlalu pekat.

Catatan: Apabila terlanjur encer, tambahkan tepung ke dalamnya. sebaliknya apabila terlanjur terlalu pekat, tambahkan sedikit santan atau air.

  • Aduk sampai merata

Meskipun sepele, pengadukan yang kurang merata juga bisa menyebabkan kue lumpang Anda kurang nikmat. Ada baiknya Anda menggunakan bantuan pengocok atau mixer agar semua bahan-bahan dapat tercampur secara merata.

  • Jangan membuka kukusan

Terkadang kita merasa tidak sabar dan ingin membuka kukusan kue lumpang tersebut. Meskipun hanya membuka sekali dua kali, tetapi hal tersebut akan membuat kue tidak bisa matang secara sempurna. Maka dari itu, tunggulah hingga 30 menit dan usahakan jangan membuka kukusan kue tersebut.

Dengan mengikuti resep kue lumpang di atas, Anda kini bisa dengan mudah membuat kue khas Kota Palembang ini. Kue ini sangat pas untuk dijadikan cemilan di saat bersantai Anda bersama keluarga tercinta. Selamat mencoba!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar