Bacaterus / Resep Kue Kering / Resep Kue Kering Sagu Keju Renyah dan Spesial

Resep Kue Kering Sagu Keju Renyah dan Spesial

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Desember 2019

Kue kering yang satu ini biasanya banyak disajikan saat acara lebaran bersama dengan kastengel dan nastar. Sesuai dengan namanya, kue kering ini terbuat dari bahan sagu, sehingga ketika digigit akan lumer sendiri di mulut.

Kelezatan dari kue kering sagu tidak hanya sampai di situ saja, kue ini juga menggunakan bahan keju yang sangat gurih di lidah, dengan demikian akan menambah cita rasa kenikmatan saat datangnya hari spesial.

Entah dari mana kue satu ini berasal, yang jelas saju keju merupakan kue kering yang sangat lezat manakala kita konsumsi saat bersantai bersama keluarga tercinta. Kue ini juga sudah tersebar di seluruh pelosok Indonesia.

Kue kering ini biasanya banyak dijual ketika mendekati hari raya tiba. Namun jika tidak ingin membelinya, maka Anda juga bisa mencoba sendiri untuk membuatnya di rumah. Nah, berikut bacaterus.com akan mengulas resep kue kering sagu keju ini untuk Anda.

Bahan-Bahan Kue Kering Sagu Keju

Cara membuat kue kering sagu keju sangatlah mudah sekali. Selain itu, bahan-bahan yang diperlukan pun juga tidak terlalu rumit untuk dicari. Anda bisa mendapatkan bahan-bahan resep kue kering sagu keju ini di swalayan ataupun pasar tradisional terdekat.

resep kue kering sagu keju spesial

Meskipun cara membuatnya mudah, tetapi jika Anda tidak memperhatikan takaran bahan-bahan yang digunakan nantinya kue tersebut tidak akan memiliki rasa nikmat. Nah adapun bahan-bahan yang Anda perlukan sebelum membuat antara lain:

  • Tepung sagu sekiranya 400 gram, sangrai hingga kekuningan
  • Gula bubuk cukup dengan 200 gram
  • Telur ayam sebanyak 2 butir
  • Garam cukup sekiranya ½ sdt
  • Mentega sebanyak 200 gram
  • Keju cheddar parut cukup 100 gram
  • Margarin untuk olesan secukupnya saja

Cara Membuat Kue Kering Sagu Keju

cara membuat kue kering sagu keju susu renyah

Pertama-tama siapkan sebuah wadah berukuran kecil. Dalam wadah tersebut silahkan kocok gula bersama dengan mentega. Anda bisa menggunakan bantuan mixer, kocoklah sampai campuran tersebut berwarna putih.

Setelah berwarna putih dan berbuih, masukan telur ayam ke dalam kocokan tersebut dan kocok lagi sampai tercampur secara merata. Selanjutnya masukan keju parut, garam, dan tepung sagu ke dalam kocokan tersebut. Lalu gunakan bantuan spatula untuk mengaduk. Aduklah bahan-bahan tersebut hingga tercampur secara merata.

Siapkan sebuah loyang berukuran sedang, kemudian olesi dengan menggunakan margarin secara merata (agar tidak lengket). Setelah itu masukan adonan ke dalam plastik segitiga yang telah diberi dengan spuit. Semprotkan adonan tersebut dengan bentuk segitiga atau bentuk apapun yang Anda suka ke atas loyang datar. Usahakan jangan terlalu dekat, agar nantinya setiap kue tidak lengket.

Selanjutnya, panggang adonan-adonan tadi ke dalam oven selama 25 menit dengan suhu sekitar 160 derajat celsius. Apabila sudah kering dan matang, angkat. Sekarang masukan kue tersebut ke dalam toples kedap udara sampai nanti disajikan. Nikmati kue sagu keju bersama teh manis atau susu agar lebih spesial.

Tips Dalam Membuat Kue Kering Sagu Keju

Memang terlihat cara membuat kue kering satu ini sangatlah mudah sekali, tetapi sebenarnya jika Anda tidak memperhatikan dengan benar, hasilnya nanti kurang maksimal. Agar hal tersebut tidak terjadi, silahkan perhatikan beberapa tips berikut ini:

  • Kocok mentega dalam keadaan beku

Kesalahan terbanyak yang terjadi saat membuat kue satu ini adalah adonan, di mana adonan tersebut cenderung lebih encer, sehingga sulit dibentuk menjadi bunga. Jika pun itu bisa terbentuk, pasti bentuknya terlihat kurang cantik.

Untuk mengatasi adonan terlalu encer, Anda dapat mengocok mentega dalam keadaan beku karena mentega dalam keadaan beku tidak mengeluarkan minyak berlebih. Dengan demikian, tidak akan membuat adonan terlalu encer.

  • Jangan terlalu lama memanggang

Tips kedua adalah dengan memperhatikan waktu pemanggangan. 70 % orang menginginkan kue kering yang renyah, mereka beranggapan bahwa dengan memanggang lama itu akan membuat renyah. Memang hal tersebut benar, tetapi jika terlalu lama nanti kue juga akan mudah gosong.

Ada baiknya, Anda memanggang kue tersebut dengan suhu rendah. Selain itu, gunakan loyang yang tebal seperti jenis insulated. Atau jika tidak punya, Anda bisa menggunakan 2 lapis loyang alumunium biasa.

  • Buat kue saat mendekati acara

Kue kering sagu keju sangatlah mudah sekali melempem, meskipun telah kita masukan ke dalam toples kedap udara yang rapat. Oleh karenanya, buatlah kue satu ini saat mendekati acara yang hendak Anda gelar. Sehingga kue tersebut ketika disuguhkan nanti masih terlihat fresh dan renyah di mulut.

  • Panggang lagi

Kue satu ini tidak bisa bertahan lama dalam udara terbuka, hanya dalam 1 hari saja kue kering sagu keju menjadi melempem. Apabila melempem, Anda bisa memanggangnya lagi kurang lebih 5 menit agar menjadi renyah kembali. Terutama apabila kue yang Anda buat dalam jumlah yang besar.

Manfaat Konsumsi Keju Bagi Kesehatan

Kue kering sagu keju tidak hanya lezat dan renyah di mulut, namun kue satu ini ternyata juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat tersebut berasal dari kandungan nutrisi yang terdapat di dalam keju cheddar parut. Adapun manfaat konsumsi keju bagi kesehatan antara lain:

  • Asam amino yang terdapat dalam keju sangatlah baik untuk membangun masa otot, jaringan tubuh, tulang, dan melancarkan metabolisme dalam tubuh.
  • Diperkaya dengan riboflavin yang mampu menjaga kesehatan mukosa
  • Mengandung vitamin B12 dan asam folat yang dapat membantu sintesa DNA
  • Kaya dengan vitamin A yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata
  • Mengandung berbagai mineral alami, mulai dari kalsium, fosfor, magnesium, selenium, dan masih banyak lagi.

Selain dari keju, kita juga bisa mendapatkan manfaat dari bahan sagu yang digunakan. Adapun manfaat sagu tersebut di antaranya adalah untuk mengatasi masalah pada pencernaan seperti muntah-muntah, perut kembung, mencret, dan lain sebagainya.

Itulah sajian informasi singkat seputar resep kue kering sagu keju yang dapat kami sajikan. Selain kue sagu keju ini, kami juga pernah mengulas berbagai resep kue kering lebaran lainnya yang bisa Anda simak di artikel ini. Selamat mencoba!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *