Bacaterus / Resep Kue / Resep Kue Cubit Setengah Matang yang Empuk

Resep Kue Cubit Setengah Matang yang Empuk

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Siapa yang tidak kenal dengan kue cubit? Semua orang pastinya sudah mengenal camilan khas Indonesia satu ini. Camilan yang satu ini sangat mudah sekali ditemukan di warung-warung sekitar rumah kita ataupun di pedagang kaki lima yang ada pinggir jalan.

Kue cubit merupakan sebuah kue yang terbuat dari tepung terigu, sebenarnya kue ini hampir sama dengan jenis kue lain yang beredar di masyarakat. Akan tetapi ada beberapa bahan tambahan yang menjadikan kue cubit semakin nikmat apabila disantap sebagai sebuah camilan.

Kue ini biasanya dibuat dengan menggunakan cetakan dengan banyak bulatan kecil di dalamnya. Bulatan kecil tersebut memiliki diameter sekitar 4 cm. Cetakan tersebut juga biasanya digunakan oleh para pedagang yang menjajakan martabak telor mini.

Tidak diketahui dari mana asal mula munculnya kue cubit ini. Namun penamaan kue cubit sendiri berasal dari proses pembuatannya yang menggunakan bantuan penjepit. Kue cubit yang sudah matang biasanya diangkat dengan cara dijepit atau dicubit. Oleh karena itu, orang-orang akhirnya menyebut makanan ini sebagai kue cubit.

Hingga sekarang ini, olahan kue cubit ada banyak sekali jenisnya. Ada kue cubit keju, kue cubit setengah matang, dan kue cubit green tea, lain sebagainya. Namun apapun varian kue tersebut, yang jelas kue cubit ini rasanya sangat nikmat sekali.

resep kue cubit ncc

Kue cubit termasuk ke dalam kue yang menggunakan toping di atasnya, sehingga Anda bisa berkreasi sendiri soal toping tersebut. Biasanya toping yang digunakan untuk kue ini antara lain meises, keju, coklat, susu kental manis, dan lain sebagainya. Tetapi apabila Anda memiliki ide sendiri, maka silahkan untuk berkreasi mengenai topingnya.

Untuk membuat kue cubit sendiri sebenarnya sangat mudah. Nah pada kesempatan kali ini bacaterus.com juga akan membagikan cara membuat kue cubit tersebut. Langsung saja kita simak panduan resep kue cubit NCC enak dan empuk berikut ini.

Bahan-Bahan Kue Cubit

Dalam contoh kali ini kita akan membuat resep kue cubit ncc sederhana dengan toping keju dan coklat meses. Anda dapat mengganti topingnya tersebut sesuai selera. Berikut adalah bahan-bahan yang harus Anda siapkan:

  • Telur ayam sebanyak 3 butir
  • Gula pasir sekiranya 100 gram
  • Tepung terigu sebanyak 100 gram
  • Margarin sekitar 100 gram, lelehkan,
  • Vanili bubuk cukup dengan 1 bungkus,
  • Soda kue sekitar ¼ sdt,
  • Baking powder sekitar ½ sdt,
  • Keju parut dan coklat meses seperlunya saja.

Cara Membuat Kue Cubit

cara membuat kue cubit setengah matang

Jika semua bahan sudah terkumpul, mari kita langsung mengolahnya. Pertama kalinya siapkan sebuah wadah, lalu kocok telur dan gula dalam wadah tersebut hingga terlarut atau mengembang. Pastikan gula tersebut sudah terlarut secara sempurna. Dalam hal ini kita bisa menggunakan bantuan mixer untuk mengkocok.

Apabila sudah mengembang, masukan tepung terigu ke dalamnya secara perlahan-lahan sambil diaduk agar tercampur secara merata. Lanjutkan terus proses pengadukan adonan tersebut sambil memasukan bahan-bahan lainnya seperti margarin, soda kue, baking powder, dan juga vanili bubuk. Pastikan semua bahan-bahan tersebut tercampur secara merata.

Selanjutnya masukan adonan tersebut dalam sebuah wadah yang ada corong mulutnya. Hal ini berguna agar nantinya ketika dituang lebih mudah. Kita bisa menggunakan gelas ataupun teko. Namun jika tidak ada, maka Anda juga dapat menuangkannya secara manual saja.

Kini kita memasuki proses pemasakan. Siapkan terlebih dahulu pemanggang atau cetakan kue cubit dan olesi dengan menggunakan margarin secara merata. Tuang adonan tersebut dalam cetakan dan tunggu hingga setengah matang.

Apabila sudah setengah matang, taburi keju dan meises di atasnya sebagai sebuah toping. Jika kita ingin kue cubit setengah matang, maka setelah menaburi toping kita dapat langsung mengangkat dan menyajikannya selagi panas.

Namun jika ingin kue cubit yang matang sempurna, maka silahkan teruskan masak lagi adonan tersebut hingga berubah warna menjadi kecoklatan. Terakhir sajikan kue cubit tersebut diatas piring dan santap bersama dengan keluarga tercinta.

Tips mengolah kue cubit

Seperti disinggung di atas, selain menggunakan meises dan keju, Anda juga bisa berkrasi dalam hal topingnya, seperti menggunakan selai, coklat, kismis, buah-buahan, dan lain sebagainya. Dengan begitu varian rasa kue cubit akan semakin nikmat dan tidak akan kalah nikmat dengan kue cubit abang abang di pinggir jalan.

Selain topingnya, Anda juga dapat berkreasi dengan bentuk dari kue cubit tersebut. Anda pasti pernah melihat kue cubit yang memiliki banyak jaring seperti laba-laba. Nah, Anda juga dapat mencoba membuatnya dengan menggunakan semua bagian cetakannya tersebut.

Kue cubit yang disajikan setengah matang memang sangat nikmat, namun Anda harus waspada karena ada bahaya di baliknya. Ya, bahan dari kue cubit yang belum matang tersebut dapat menimbulkan beberapa masalah pencernaan seperti diare dan sebagainya.

Maka dari itu, pastikan bahan yang digunakan berkualitas tinggi dan Anda tidak memiliki masalah pencernaan atau sedang sakit ketika mengkonsumsinya. Disarankan juga untuk tidak memberikan kue cubit setengah matang kepada anak-anak karena daya tahan tubuh mereka belum sekuat orang dewasa.

Bagaimana, tertarik untuk mencicipinya? Maka dari itu segera coba resep kue cubit NCC di atas sekarang juga. Itulah sajian informasi mengenai cara membuat kue cubit yang dapat kami sampaikan. Semoga dengan informasi tersebut Anda bisa mendapatkan solusi resep camilan lezat keluarga.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *