Bacaterus / Resep Kue / Resep Kue Ape Pandan Nikmat Khas Betawi

Resep Kue Ape Pandan Nikmat Khas Betawi

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Betawi terkenal memiliki jajanan-jajanan tradisional yang cukup lezat sekali, terutama jajanan tradisional dalam bentuk kue. Namun sayangnya beberapa jajanan tersebut harus tersingkirkan dengan masuknya camilan-camilan instan dari luar negeri. Salah satu jajanan tradisional Betawi yang mulai tersingkirkan keberadaannya dari hati masyarakat adalah kue Ape.

Bagi masyarakat Betawi dan sekitar, kue Ape bukanlah sebuah kuliner yang asing. Jaman dulu banyak sekali pedagang kaki lima yang menjual kue satu lezat satu ini. Biasanya para pedagang menjual kue Ape di sekolah, depan kampus, depan kantor, gang, dan lainnya. Dengan rasa manis legit dan harganya yang cukup murah, kue Ape banyak digemari masyarakat.

Apa Itu Kue Ape?

Kue Ape bisa dikatakan memiliki bentuk yang hampir mirip dengan pancake. Dibuat dari sebuah kuali kecil, membuat kue Ape memiliki ciri khas bentuk tebal pada bagian tengah dan tipis renyah pada bagian pinggirnya.

Munculnya kue Ape pertama kali diketahui dari Jakarta. Konon banyak yang mengatakan jika kue ini dinamai ape karena tanya jawab antara pembeli dan pedagangnya di mana pembeli bertanya “Ini kue ape bang?” lalu dijawab oleh penjualnya “ini kue ape neng!”, dan seterusnya.

Orang-orang di sana juga banyak menyebut kue satu ini dengan kue tetek karena bentuknya yang mirip dengan (maaf) buah dada perempuan. Sedangkan nama kue Ape di daerah lain sering juga disebut dengan Serabi Jakarta.

resep kue ape pandan

Secara sekilas bentuk kue ini mirip seperti apem selong khas Solo atau Surabaya yang sempat kami ulas resepnya di artikel ini. Akan tetapi terdapat perbedaan mendasar di antara keduanya di mana kue ape ini memiliki ukuran yang lebih tipis dan bagian tengahnya juga lebih kecil.

Biasanya kue ape di Jakarta banyak dijual melalui pusat oleh-oleh, sekolah, dan jalanan-jalanan tertentu. Seiring dengan perkembangan jaman, kue yang terbuat dari tepung terigu dan susu ini sekarang banyak variannya.

Beberapa varian yang cukup banyak digemari saat ini adalah kue Ape rasa keju, meises, cokelat, selai nanas, pisang, dan masih banyak lagi. Biasanya masing-masing varian kue Ape tersebut hanya dibedakan dari taburan (toping) yang digunakan di atasnya.

Dengan berbagai macam variannya tersebut, bisa dibilang kue Ape merupakan jajanan tradisional yang memiliki rasa cukup lengkap dan menggoda lidah. Sehingga sangatlah pas apabila Anda nikmati sebagai camilan santai saat bersama dengan keluarga tercinta.

Bahan-Bahan Kue Ape

cara membuat kue ape

Pada kesempatan yang baik kali ini, kami akan mencoba berbagi mengenai resep kue Ape khas Betawi yang sangat mudah sekali. Anda yang tidak jago memasak pun bisa membuat kue tradisional ini dengan mudah. Berikut bahan-bahan kue Ape yang perlu Anda persiapkan:

  • Telur (Bisa ayam/bebek, sesuai selera) sebanyak 5 butir
  • Tepung beras sebanyak 200 gram
  • Tepung terigu protein sedang sekiranya 100 gram
  • Baking powder cukup dengan 1 sendok teh
  • Garam sebanyak ½ sendok teh
  • Gula pasir sekitar 175 gram
  • Air sebanyak 400 ml saja
  • Air daun suji sekiranya 25 ml (berasal rebusan dari 25 lembar daun suji + 2 lembar daun pandan)
  • Pasta pandan sebanyak 8 tetes saja.

Cara Membuat Kue Ape

Jika bahannya sudah siap, sekarang kita bisa langsung mengolah resep kue ape ini. Langkah pertama siapkan dahulu sebuah wadah berukuran sedang untuk membuat adonan kue. Lalu ke dalam wadah tersebut campurkan antara tepung beras, tepung terigu, baking powder, dan garam menjadi satu. Agar tercampur secara merata Anda bisa mencampurnya dengan menggunakan tangan.

Apabila semua bahan di atas sudah tercampur secara merata, masukan gula dan setengah bagian air. Untuk memasukan air silahkan lakukan sedikit demi sedikit sambil diuleni selama 15 menit sampai merata. Anda bisa menggunakan tangan bersih untuk menguleni adonan tersebut sampai merata.

Masukan air daun suji ke dalam adonan yang telah kita buat tadi, lakukan sedikit demi sedikit saja sambil diuleni agar bisa tercampur secara merata. Setelah selesai, diamkan adonan tersebut sekiranya 1 jam sampai mengembang secara maksimal.

Sambil menunggu adonan tersebut mengembang, Anda dapat menyiapkan kuali kue Ape dan memanaskannya dengan tambahan sedikit minyak agar tak lengket. Pastikan sebelum memasukan adonan nanti, kuali tersebut sudah cukup panas.

Sekarang saatnya kita memasak adonan tersebut. Ambilah adonan sebanyak 1 sendok sayur kemudian masukan ke dalam kuali kecil yang sudah dipanaskan. Tekan adonan tersebut ketika berada dalam kuali dengan sendok sayur sampai membentuk pinggiran berkulit tipis atau renyah.

Jangan lupa tambahkan toping kesukaan Anda, bisa coklat, keju, meises, susu, ataupun lainnya lalu tutup dan tunggu sampai matang. Ketika menutup kuali tersebut, pastikan api yang Anda gunakan dalam level kecil saja. Tidak perlu memasak dengan waktu yang lama, karena biasanya kue Ape ini akan matang hanya dalam 3-5 menit saja.

Setelah satu kue Ape sudah matang, silahkan masak lagi  dengan langkah yang sama seperti di atas. Lakukan sampai adonan kue habis, lalu hidangkan di atas piring bersama dengan susu ataupun teh manis agar lebih nikmat.

Tips Menyimpan Kue Ape Agar Lebih Renyah

Apabila Anda ingin membuat kue Ape dalam jumlah banyak, seperti untuk arisan ataupun pengajian, hindari menyimpan kue tersebut di dalam wadah tertutup, sebab uap panas yang dihasilkan dari kue Ape akan menyebabkan teksur renyah/krispy pada bagian pinggiran kue menjadi lembek. Anda bisa menyimpannya di lemari pendingin atau ruangan terbuka (suhu ruangan).

Kue Ape sangatlah nikmat apabila dikonsumsi ketika masih hangat-hangatnya, sebab jika sudah dingin biasanya tektur renyah pada bagian pinggir tidak bisa terpadu dengan lembut dan empuknya tekstur pada bagian tengah kue. Jangan lupa ketika konsumsi kue ini temani dengan teh manis hangat agar semakin lezat.

Itulah sajian informasi singkat mengenai resep kue Ape khas Betawi dan cara membuatnya. Anda bisa berkreasi sendiri saat membuat kue tradisional tersebut, seperti menambahkan toping sesuai selera, membentuk kue sesuai dengan kesukaan, dan masih banyak lagi. Selamat mencoba!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

One Response

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *